5 Sekolah Kejuruan Jepang Terbaik yang Harus Anda Coba di Tahun 2020

Mungkin Anda sudah menyadari bahwa tinggal menghitung hari dan bulan Desember 2019 ini akan berakhir. Artinya tahun baru 2020 akan segera tiba. Tahun baru, semangat baru, pendidikan baru. Ya, tahun 2020 juga menandakan bahwa tahun ajaran baru akan segera dimulai.

Apa Anda tertarik untuk melanjutkan studi di luar negeri? Khususnya ke Negara  Jepang yang terkenal akan standar pendidikannya? Kalau iya, berarti sudah saatnya Anda bersiap-siap untuk menjadi bagian dari sistem pendidikan di Jepang.

Jepang merupakan salah satu Negara yang populer bagi para penimba ilmu. Banyak yang memilih untuk melanjutkan studi di negeri sakura ini dengan berbagai alasan. Yang paling sering adalah karena sistem pendidikan di Jepang yang menjadi salah satu terbaik di dunia. Jepang pun juga terkenal akan kedisiplinannya dalam melakukan berbagai hal. Termasuk dalam hal pendidikan.

Tahun ajaran baru di Jepang dimulai tiap bulan April. Jadi, Anda masih punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri jika ingin melanjutkan studi di sana. Salah satu langkah penting yang harus Anda persiapkan adalah pilihan lembaga pendidikan. Apakah Anda ingin melanjutkan ke sekolah kejuruan dahulu atau langsung menuju universitas. Jika Anda merupakan tipe yang senang mempelajari hal-hal bersifat praktik, tentu sekolah kejuruan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sekolah kejuruan saat ini memang cukup digemari oleh para siswa, termasuk di Indonesia. Karena sekolah kejuruan akan berfokus mengajarkan suatu bidang tertentu. Bukan hanya sekadar memberikan pengetahuan yang memadai akan bidang tersebut, sekolah kejuruan juga memberikan pengalaman kerja yang nyata bagi para siswanya. Tujuannya untuk membantu membekali diri para siswa jika akan terjun ke dunia kerja.Ya, sekolah kejuruan telah menjadi langkah favorit untuk mempersiapkan diri di dunia kerja.

Sebenarnya syarat yang mempersulit Anda sebagai siswa internasional yang akan menempuh pendidikan di sekolah kejuruan Jepang ini adalah persyaratan bahasa. Hal ini dikarenakan sebagian besar sekolah kejuruan di Jepang mengharuskan siswa internasional menguasai tingkat bahasa Jepang tertentu (N2). Biasanya untuk bisa meraih tingkat tersebut, memerlukan waktu sekitar satu hingga dua tahun lamanya. Namun, Anda tak perlu cemas. Karena tidak semua sekolah kejuruan di Jepang memiliki aturan seperti itu.

Terdapat beberapa sekolah kejuruan di Jepang yang terbagi berdasarkan bidang tertentu. Berikut adalah 5 sekolah kejuruan di Jepang yang bisa Anda pilih untuk melanjutkan studi di tahun 2020 nanti.

Tokyo Designer Gakuin College

Credit : Adachi-Gakuen

Alamat : 2-11, Kandasurugadai, Chiyoda-ku, Tokyo, Jepang # 101-0062

Telepon:  0120-62-6006, + 81-3-3294-2834 (luar negeri)

Email: sol@tdg.sc.jp

Website: http://www.tdg.ac.jp/

Tokyo Designer Gakuin College atau biasa disebut TDG merupakan sekolah kejuruan yang berfokus untuk memupuk para calon desainer dengan keterampilan dan perspektif yang luas. Tokyo Designer Gakuin College telah dikenal di seluruh industri desain, karena terus memberikan desainer dan pencipta ke garis depan dunia industri.TDG juda memiliki program pertukaran siswa dengan sekolah lain di seluruh dunia.

TDG memiliki sejarah panjang dalam industry pendidikan. Hingga sekarang, sudah ada lebih dari 11 ribu siswa yang lulus dari sekolah ini. Sekolah Desain Komprehensif ini tidak hanya menawarkan pendidikan khusus melalui beberapa jurusan yang mencakup semua aspek desain, tapi juga terlibat dalam kegiatan kolaboratif yang melampaui kelas. Anda dapat memilih dari lebih dari 100 program di semua departemen dan jurusan, untuk kurikulum yang cocok dengan masa depan Anda.

Ada sembilan jurusan yang bisa Anda pilih di TDG, yaitu Graphic Design, Visual Image, Illustration, Comic Illustration, Manga, Product Design, Architectural Design, Fashion & Make-Up Design dan Interior Design.

Menariknya, Anda bisa berpartisipasi dalam menyerukan keterampilan dan ide pada event di luar sekolah kegiatan sekolah. Di antaranya ada Design Festa, TOKYO DESIGN WEEK, Next Eco Design, SEBIT, Fashion & Make-up Show dan banyak lagi!

Tokyo Institute of Tourism

Credit : Wikimedia

Alamat : 3-21 Ichigaya Tamachi, Shinjuku-Ku, Tokyo # 162-0843

Telepon:  0120-67-6006,  + 81-3-3235-2228

Website : http://www.tit.ac.jp/

Tokyo Institute of Tourism atau yang biasa disingkat TOKAN adalah salah satu sekolah pariwisata dan layanan terbaik di Jepang. Lebih dari 30.000 lulusan telah aktif bekerja di industri pariwisata dan jasa. Catatan ketenagakerjaan yang luar biasa tersebut bisa dicapai berkat jaringan dan hubungan kepercayaan yang telah berhasil dibangun sekolah ini.

Tingkat ketenagakerjaan siswa internasional bahkan mencapai 100%! Artinya banyak dari mereka telah bekerja di perusahaan kelas atas di industri tersebut. Berkat berbagai tindakan dan informasi yang diberikan oleh para guru dari departemen utama dan pusat pekerjaan, para siswa bisa memiliki kesempatan untuk menerima bimbingan karir pribadi untuk kesuksesan karir.

TOKAN memiliki banyak kelas dan seminar khusus untuk mempersiapkan Anda untuk menghadapi ujian lisensi resmi. Setiap tahun, banyak siswa yang datang ke sekolah ini untuk mencapai tujuan mereka. Selain itu, Anda juga bisa mendapat menerima bantuan biaya kuliah untuk kualifikasi yang diperoleh di departemen lain juga.

Tidak hanya dari Jepang, sekolah ini juga diisi oleh siswa internasional. Total ada lebih dari 350 siswa internasional yang bersekolah di sini. Mereka berasal dari China, Thailand, Myanmar, Vietnam, Hong kong, Korea, Taiwan, Indonesia, Singapura, Malaysia, Mongolia, Nepal, Cambodia, Belgia, Italia, Rusia, Tajkistan, dan Swedia.

Ada sembilan jurusan yang bisa Anda pilih, yaitu Hotel, Travel, Tourism Business, Airline Service, Café Service, Bridal, Railway Service, Funeral Director, Communications of Foreign Language.

Tokyo Visual Arts

Credit : Adachi Gakuen

Alamat : 11 Yonbancho, Chiyoda-ku, Tokyo # 102-0081

Telepon:  0120-62-6006, + 81-3-3221-0202 (luar negeri)

Email:  info@tva.ac.jp

Website: http://www.tva.ac.jp/

Tokyo Visual Arts atau biasa disebut TVA adalah sekolah kejuruan yang berfokus pada bidang kreatif dan entertainment. Di sekolah ini, Anda akan mempelajari berbagai keterampilan khusus selama dua tahun agar bisa menjadi professional yang sukses.

Hingga saat ini, TVA telah menghasilkan lebih dari 36.000 lulusan yang berpengalaman dan memiliki kemitraan dengan berbagai perusahaan terkenal, seperti Japan Rugby Top League, Aoni Produc- tion, Make-Up Dimensions, Teater Film Pendek “Tollywood”, Majalah Musik “CD&DL Data”, Live House “Shimokitazawa ReG”, dan lainnya. Sehingga nantinya Anda bisa mendapat bimbingan karir yang tepat sebelum memulai dunia professional.

Terdapat 10 Departemen yang bisa Anda pilih, yaitu Fotografi, TV Broadcasting, Cinema, Video Creator Major, Special Makeup, Media Publishing and Performing Arts, Music Staff, Musician Major, Performing Arts, dan Dance.

Ada juga kursus ekstensi di mana Anda bisa belajar di departemen lain. Dengan memilih berbagai kelas, Anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan melalui berbagai bidang di sekolah terpadu ini dan bisa lebih dekat dengan masa depan yang Anda tuju.

Tokyo School of Business College

Credit : Adachi Gakuen

Alamat :  1-56 Yoyogi Shibuya-ku, Tokyo # 151-0053

Telepon:  0120-65-6006, + 81-3-3370-2222 (luar negeri)

Emai: info@tsb-yyg.ac.jp

Website: https://www.tsb-yyg.ac.jp/

Tokyo School of Business atau biasa disebut TSB merupakan sebuah sekolah bisnis yang sudah berdiri sejak tahun 1967. Seperti namanya, fokus utama sekolah ini adalah bisnis.  ‘Merakit’ mimpi para siswa dengan memberikan berbagai persiapan dalam menghadapi dunia kerja adalah tujuannya. Tentunya  juga dengan tenaga pengajar professional.

Dengan bimbingan individu seperti motivasi, analisis diri, dan persiapan wawancara praktis untuk berburu pekerjaan yang diberikan sekolah ini, dijamin Anda akan mampu mencapai karir yang ideal.

TSB memiliki berbagai program kolaboratif pendidikan-industri dengan penerbit dan perusahaan olahraga professional. Penyelenggaraan program ini diharapkan dapat membantu para siswa untuk belajar mengenai segala macam pengetahuan melalui kerjasama.

Ada beberapa jurusan yang bisa Anda pilih di TSB, yaitu Pet Business, Sports Business, Business Management, Management, IT Business, Office Business, Fashion Business,dan Flower Business.

Sekolah bisnis ini tidak hanya populer di kalangan siswa Jepang, tapi juga Internasional. Terhitung sudah ada sekitar 138 siswa internasional yang bersekolah di sini. Mereka berasal dari China, Taiwan, Indonesia, Vietnam, Korea, Hong Kong, Myanmar, Thailand, Sri Lanka, Nepat, Mongolia, Inggris,  Malaysia, Filipina, Laos, Iran, Swedia, Prancis, Rusia dan Senegal.

Toho Gakuen

Credit: Harunori Noda

Lokasi : 4-5-2 NISHI SHINJUKU, SHINJUKU-KU, TOKYO 160-0023 Jepang

Telepon : + 81-3-3378-7531 (International),

      0120-343-261 (Lokal Japan)

Website: https://www.tohogakuen.ac.jp/

Toho Gakuen merupakan sekolah kejuruan yang berfokus pada bidang entertainment. Sekolah ini didirikan pada tahun 1969. Awalnya sekolah ini didirikan TBS (Tokyo Broadcasting), sebuah stasiun TV di Jepang dengan nama TBS Computer Gakuin. Hingga saat ini, terhitung sudah ada lebih dari 50.000 lulusan yang dihasilkan dari sekolah ini. Di mana kebanyakan dari mereka melanjutkan karir di industry hiburan. Sebut saja Kanako Yanagihara (artis dan comedian), Toshiki Masuda (seiyuu), Yukihiko Tsutsumi (movie director), dan masih banyak lagi.

Ada beberapa kursus yang diajarkan di Toho Gakuen ini, yaitu Radio, televisi, film, rekaman audio, kartun, animasi, musik, pertunjukan, dan lainnya.

Tidak hanya di Jepang saja, sekolah ini juga populer di kalangan siswa internasional. Ya, Toho Gakuen selalu menerima siswa internasional yang memiliki ketertarikan untuk belajar di sekolahnya. Para siswa internasional yang lulus dari sekolah kejuruan Toho Gakuen ini nantinya akan mendapatkan sertifikat keahlian dan dapat bekerja di jepang sesuai dengan bidang keahliannya.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *