Columbia International School

Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Credit : Columbia.ca

Columbia International School (CIS) merupakan Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta yang didirikan pada tahun 1988 lalu. Sekolah ini menggunakan kurikulum Provinsi Ontario, Kanada dalam proses belajarnya. Kurikulum tersebut merupakan sistem pembelajaran paling maju yang dianggap dapat meningkatkan standar kualitas para siswa.

Lokasi

Credit : Columbia-ca

Sekolah ini terletak di kota Tokorozawa, Saitama, Jepang. Hanya berjarak 20 km di barat laut Shinjuku, pusat Tokyo. CIS  dapat diakses dengan kereta. Stasiun terdekatnya adalah Higashi-Tokorozawa di jalur JR Musashino (Sekitar 22 menit dari Stasiun Omiya, 40 menit dari stasiun Shibuya, 45 menit dari stasiun Tokyo, dan 64 menit dari stasiun Yokohama.)

Kurikulum Ontario

CIS menawarkan program studi dengan kurikulum Ontario (Kanada) yang sudah diakui secara global. Penggunaan kurikulum ini berada di posisi teratas dalam hal membaca, matematika, dan sains jika dibandingkan dengan kurikulum yuridiksi lain di Kanada dan Negara lain.

Misalnya dalam hal membaca. Siswa kelas 4 di Ontario memiliki kemampuan membaca yang terbaik di dunia. Selain itu, dalam penilaian Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS) terbaru, Ontario berada di 3 teratas secara global. Selain itu, 91% siswa Ontario Kelas 10 telah berhasil melampaui tolak ukur sains kritis dalam studi Program untuk Penilaian Siswa Internasional (PISA) terbaru. Bahkan, pada perbandingan global, Ontario (dan Kanada) secara konsisten berada di peringkat teratas PISA, jauh lebih tinggi dibanding Amerika Serikat dan Inggris Raya.

Dengan kurikulum Ontario tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemikiran kritis serta keterampilan dalam memecahkan berbagai permasalahan bagi para siswa.

Para siswa CIS nantinya lulus dengan Ontario Secondary School Diploma (OSSD). Diploma tersebut sudah diakui secara internasional dan memungkinkan para siswa untuk masuk ke program universitas di seluruh Amerika Utara dan dunia.

Fasilitas

Credit : Columbia-ca

Untuk memanjakan dan menambah kenyamanan para siswa, CIS memiliki beberapa fasilitas yang menarik.

Makan siang

CIS sangat memeperhatikan kenyamanan para siswa. Termasuk dalam hal pemberian makan siang di sekolah. Sekolah ini sudah bermitra dengan  Cezars Kitchen K.K yang terkenal sering melayani ratusan ribu pelanggan Jepang dan asing. Brand Cezars telah dikenal luas dan disegani dalam hal layanan makanan dikomunitas internasional.

Cezars percaya bahwa makanan memiliki hubungan langsung dengan kualitas pendidikan anak. Karenanya, mereka berkomitmen untuk menyediakan makanan dan layanan yang memperkuat tubuh dan pikiran, sambil mempromosikan kebiasaan makan sehat.

Dengan prinsip “Gairah akan makanan enak sambil menyesuaikan layanan mereka dengan kebutuhan dan preferensi individu”, mereka akan memasak dengan bahan segar dari dapur.

Untuk memastikan tingkat kualitas makanan tertinggi bagi siswa dan stafnya, Cezars memiliki prinsip :

  • Hanya koki berkualitas tinggi yang menyiapkan dan mengawasi semua aspek menu
  • Memberi klien pilihan makanan yang lebih sehat dan enak.
  • Menu ini dirancang sesuai dengan referensi dari CIS. Jika ada siswa yang memerlukan hidangan vegetarian halal setiap hari, tim Cezars berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan itu.
  • Hanya menggunakan sayuran segar dan keju alami
  • Tidka menggunakan kacang, minyak sawit, dan MSG dalam masakannya
  • Membuat saus (pizza, marinara, dll.) sendiri
  • Menyediakan pilihan vegetarian.
  • Daging sapi mereka diimpor dari Australia
  • Burger daging sapi adalah 100% daging sapi Australia.
  • Kue, muffin, dan roti selalu dipanggang setiap hari bila memungkinkan.
  • Jika ada yang alergi dengan makanan tertentu, mereka berhati-hati dalam penggunaan teknik dan bahan makanan

Bus Sekolah

Sekolah ini memiliki fasilitas bus yang dapat membantu para siswa. Bus ini melayani berbagai route, yaitu rute Omiya/Fujimino, rute Kawaguchi/Wako-shi, rute Mikawa/Tokorozawa, dan rute Higashi Tokorozawa.

Asrama

Columbia International School menawarkan pengalaman asrama yang aman dan nyaman bagi para siswa dan siswinya. Asrama ini dibangun pada Maret 2000 dan hanya berjarak sekitar 8 menit engan berjalan kaki dari sekolah.

Bangunan tiga lantai modern ini dibangun dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan. Bangunan ini dilengkapi dengan teknologi keamanan terbarukan. Pintu masuknya dilengkapi dengan  sistem keamanan sidik jari yang dapat dikunci secara otomatis. Setiap kamar memiliki sistem keamanan dengan nomor identifikasi pribadi. Para siswa nantinya akan diberikan kartu alarm yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi langsung dengan perusahaan keamanan. Selain itu terdapat seorang pengawas yang tinggal di asrama dan akan mengurus kebutuhan para siswa setiap hari.

Terdapat kafetaria di lantai satu yang menyediakan sarapan dan makan malam dari Senin hingga Sabtu. Selain itu, tersedia juga mesin penjual makanan ringan dan minuman. Terdapat televisi layar besar yagn bisa ditonton untuk relaksasi.

Sementara kamar tidur terletak di lantai dua. Ada kamar untuk sendiri atau berdua dengan teman. Setiap kamar dilengkapi dengan AC, tempat tidur, gorden, meja dan kursi komputer, kabinet, colokan listrik, lampu, antena TV, dan saluran telepon. Dilengkapi pula dengan kamar mandi, kamar mandi, mesin cuci koin, lemari es, setrika di tiap lantainya. Selain itu, dengan menambah sejumlah biaya, para siswa bisa mendapat layanan penyewaan tempat tidur dan layanan pembersihan.

Corporate Friends Program

Sebagai salah satu sekolah unggulan di Jepang, CIS memiliki berbagai program untuk menunjang kemampuan belajar para siswanya, yaitu

Program Corporate Friends ini merupakan sistem promosi silang yang memungkinkan pebisnis Tokyo, Saitama, dan komunitas lokal untuk saling mendukung dan mempromosikan diri. CIS mendorong setiap orang tua yang merupakan pemilik bisnis atau memegang posisi yang berpengaruh untuk menjadi Corporate Friends. CIS nantinya akan menampilkan informasi bisnis Teman Korporat baik di sekolah maupun dalam iklannya sendiri untuk membantu promosi dan sebaliknya sekolah meminta mereka melakukan hal yang sama

Biaya

Bagi para calon siswa yang ingin menempuh pendidikan di Columbia International School, berikut biaya yang harus disiapkan.

    Tahun Pertama   Setelah Tahun Kedua
Biaya masuk 210,000JPY
Fasilitas*1 420,000JPY
  Uang Sekolah*2 1,725,000JPY   (596,000JPY per term) 1,725,000JPY   (596,000JPY per term)
  Biaya pemeliharaan 150,000JPY 150,000JPY
( 60,000JPY per term) ( 60,000JPY per term)
  Deposit Buku Pelajaran 20,000JPY  
( Dapat dikembalikan)
Total 2,525,000JPY(2,618,000JPY *3) 1,875,000JPY(1,968,000JPY *3)
* 1- Dihapuskan jika ada saudara kandung yang juga bersekolah di CIS.
* 2- Diskon 10% untuk anak kedua, 30% diskon untuk anak ketiga. Keluarga yang sudah menerima beasiswa tidak memenuhi syarat.
* 3- Opsi pembayaran berdasarkan jangka waktu

Biaya lainnya

Makan siang 117,000JPY/year(39,000JPY/term)
Donasi masuk 200,000JPY per set
Biaya PTSA (per keluarga) 12,000JPY per tahun akademik
  • Biaya pendaftaran dan biaya masuk tidak dapat dikembalikan dalam keadaan apa pun.
  • Biaya yang dijelaskan di atas tidak akan mencakup semua biaya kebutuhan sekolah para siswa.
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *