Japanese Language School affiliated

Credit: Tokyo University of Technology

Alamat : 5-23-22 Nishi-Kamata, Ohta-ku, Tokyo 144-8655, JAPAN

Telepon            : 81-3-3732-8411 or fax 81-3-3732-8412

Email                : cie-us@neec.ac.jp

Website           : http://www.jst.ac.jp/us/school/

Sekolah Bahasa Jepang Institut Katayanagi berafiliasi dengan Universitas Teknologi Tokyo. Seperti namanya, institut ini menjalin kerja sama dengan Universitas Teknologi Tokyo dan juga Nihon Kogakuin. Semua institusi tersebut sudah memiliki fasilitas, sarana dan prasarana dengan teknologi terbaru, yang diharapkan dapat membantu Pendidikan Anda dan mewujudkan mimpi-mimpi Anda.

Kami tidak hanya menawarkan program unggulan dalam Pendidikan Bahasa Jepang, tetapi juga dalam pengajaran keterampilan akademik dasar yang diperlukan untuk menempuh Pendidikan di Jepang, baik di tingkat universitas maupun di tingkat profesional. Kami menantikan kerja sama yang baik dengan Anda untuk mendukung Anda menggapai impian.

Sekolah Bahasa Jepang kami termasuk dalam kategori sekolah lain-lain yang telah diresmikan oleh Aparatur kota Tokyo. Kami adalah sekolah Bahasa Jepang yang telah terakreditasi oleh Asosiasi Promosi Pendidikan Bahasa Jepang, baik untuk kurikulum, fasilitas dan perangkat pengajaran sudah diperiksa dan disetujui oleh Asosiasi tersebut.

Dijalankan oleh Institut Katayanagi, Sekolah Bahasa Jepang ini bermitra dengan sejumlah institusi seperti Universitas Teknologi Tokyo, Nihon Kogakuin College, Nihon Kogakuin College of Hachioji dan Nihon Kogakuin College of Hokkaido. Nantinya, sertifikat kelulusan dari Sekolah Bahasa Jepang ini akan sangat berguna bagi mereka yang akan mendaftar di kampus mitra tersebut.

Selain itu, bagi mereka yang telah menerima sertifikat kelulusan Sekolah Bahasa Jepang tersebut akan dibebaskan biaya masuk dan biaya seleksi ketika mendaftar di kampus-kampus mitra.

Universitas Teknologi Tokyo dan Nihon Kogakuin Collage berbagi Gedung kampus yang sama dan memiliki rata-rata 8.000 mahasiswa Jepang yang terdaftar. Akses di antara kedua gedung juga mudah dan nyaman, sehingga kami menawarkan lingkungan yang mendukung banyak kesempatan untuk mengaplikasikan kemampuan berbahasa Jepang Anda secara aktual sebagai komunikasi antar budaya dan mengembangkan relasi antar negara.

Para siswa Sekolah Bahasa Jepang juga berpartisipasi di acara-acara kampus seperti Taiku-sai (festival olahraga) dan Kamata-sai (festival kebudayaan Sekolah Kamata).

Sarana Pribadi Siswa

1. Kartu komuter untuk para siswa

Potongan khusus tiket komuter tersedia bagi para siswa. Selain itu juga terdapat potongan harga khusus lainnya untuk tiket kereta selama liburan panjang.

2. Tempat Tinggal

Kami dapat meredakan kekhawatiran Anda mengenai akomodasi dengan menyediakan fasilitas asrama serta apartemen di luar kampus

3. Akses yang nyaman

Sekolah Bahasa Jepang berlokasi strategis, sekitar 30 menit dari bandara Haneda dengan bis, 20 menit dari stasiun Tokyo dengan kereta dan 3 menit berjalan kaki dari stasiun JR Kamata. Tidak hanya beragam akses mudah dan langsung ke wilayah Metropolitan Tokyo seperti Shinjuku, Shibuya dan Odaiba, tapi juga ke Yokohama dan tempat bersejarah Kamakura yang terkenal dengan patung Buddha-nya.

Informasi Akademik

Kurikulum kursus Bahasa Jepang kami dirancang untuk persiapan masuk universitas atau sekolah kejuruan di Jepang, dan menawarkan pengajaran Bahasa Jepang intensif dari Senin hingga Jumat selama 4 jam/hari (total 800 jam/tahun). Kursus ini tidak hanya ditujukan bagi para siswa yang ingin lulus JLPT (Japanese Language Proficiency Test) level N1 tapi juga mempersiapkan mereka untuk mengikuti EJU (Examination for Japanese University) bagi mahasiswa internasional.

Program kursus Waktu Pendaftaran Total periode belajar
2 tahun kursus persiapan April 2 tahun
1.75 tahun kursus persiapan Juli Satu tahun 9 bulan
1.5 tahun kursus persiapan Oktober Satu tahun 6 bulan
1. Kursus Persiapan 2 Tahun

Program ini dirancang untuk mempelajari komunikasi masyarakat Jepang secara keseluruhan sebagai persiapan untuk ujian masuk universitas atau sekolah kejuruan di Jepang. Program kursus ini memungkinkan siswa meningkatkan kemampuan dasar Bahasa Jepang mereka termasuk membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan. Target dari program kursus ini adalah lulus JLPT level N1 dan membantu persiapan untuk EJU.

2. Kursus Persiapan 1.5 Tahun

Program ini dirancang untuk mempelajari komunikasi masyarakat Jepang secara keseluruhan sebagai persiapan untuk ujian masuk universitas atau sekolah kejuruan di Jepang. Di program kursus ini akan dipelajari kemampuan Bahasa Jepang dari level dasar hingga level lanjut selama satu setengah tahun. Para siswa yang telah belajar Bahasa Jepang sebelumnya dapat memulai dari level menengah. Target dari program kursus ini adalah lulus JLPT level N2.

Jadwal Kelas

Senin-Jumat (5 hari/minggu)

Durasi 50 menit per sesi. 4 pelajaran per hari.

Kelas pagi         pukul 9.00 – 12.50

Kelas siang        pukul 13.10 – 17.00

*Penempatan kelas Anda (pagi atau siang) akan ditentukan berdasarkan tes penempatan setelah pendaftaran.

Kurikulum

A. Deskripsi kurikulum berdasarkan level.

Para siswa akan dites secara berkala dan kelas akan diatur ulang untuk memastikan tiap siswa ditempatkan di level yang sesuai.

1. Level pemula

Level ini dirancang untuk memenuhi kemampuan berbahasa Jepang yang setara dengan JLPT level N3, dan fokus pada peningkatan kemampuan berkomunikasi yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari melalui pengajaran tata Bahasa, kosa kata dan kanji di kelas.

2. Level menengah

Level ini dirancang untuk memenuhi kemampuan berbahasa Jepang yang setara dengan JLPT level N2. Di awal pembelajaran akan diadakan peninjauan ulang materi-materi dari level pemula sehingga para siswa dapat bertransisi secara perlahan menuju level menengah. Level ini menekankan pada pengaplikasian kosa kata untuk membangun ucapan yang bermakna.

Kemudian pembelajaran selanjutnya pada level ini merupakan “batu loncatan” ke tingkat Mahir, dimana para siswa di kelas akan memperoleh kosa kata yang diperlukan untuk menggambarkan topik mengenai sosial dan budaya.

3. Level mahir

Level ini dirancang untuk memenuhi kemampuan berbahasa Jepang yang setara dengan JLPT level 1. Di sini, para siswa akan belajar materi-materi yang ada di kehidupan nyata seperti siaran berita, koran dan majalah untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Jepang setara dengan level murid Jepang di sekolah menengah.

Para siswa akan memperoleh kemampuan berbahasa Jepang secara komprehensif untuk mengekspresikan pendapat mereka secara logis dalam bentuk opini atau esai pendek.

B. Lingkungan Belajar Komprehensif
1. Sistem pengajaran di kelas

Tiap kelas akan memiliki wali kelas yang bertugas mengajar Bahasa Jepang dan menawarkan masukan mengenai kehidupan di Jepang dan melanjutkan Pendidikan di sana.

2. Kurikulum yang seimbang

Kami menawarkan pendekatan yang berimbang dalam belajat Bahasa Jepang, termasuk empat kemahiran membaca, menulis, berbicara dan mendengar. Kami berupaya memperluas semua kemahiran tersebut dan mengaplikasikannya ke dunia nyata melalui tugas-tugas praktek.

3. Belajar mengenai Jepang

Kami tidak hanya menawarkan program Bahasa Jepang tapi kesempatan untuk mendapatkan pengalaman mengenai tradisi dan kebudayaan Jepang

4. Kelas dirancang dengan orientasi JLPT

Seluruh tugas kursus diarahkan secara hati-hati dan ketat ke tingkat JLPT tertentu.

Cara Mendaftar

Persyaratan Mendaftar
  • Individu yang telah menyelesaikan program belajar formal 12 tahun atau lebih, dan berhak untuk mendaftar ke jenjang Pendidikan tinggi di Jepang.
  • Individu yang telah menyelesaikan Pendidikan sekolah menengah atau setara di negara asalnya.
Periode Pendaftaran
Program kursus Bulan Pendaftaran Periode Pendaftaran
2 tahun kursus persiapan April 1 September – 31 Oktober
1.75 tahun kursus persiapan Juli 1 januari – 28 Februari
1.5 tahun kursus persiapan Oktober 1 Maret – 30 April

*Ada kemungkinan Lembaga tidak lagi menerima pendaftaran sebelum tenggat jika jumlah pendaftar telah terpenuhi

Cara Mendaftar

a) Mengisi dan mengirim formulir pendaftaran

Aplikasi / 6 Foto / Sertifikat Kelulusan Pendidikan terakhir, atau Sertifikat Calon Lulusan / Transkrip Resmi Pendidikan terakhir / Surat Perjanjian / Salinan Paspor / Dokumen yang menyatakan pembayaran biaya (Pernyataan Dukungan Keuangan jika pihak lain yang membayar).

* Silakan gunakan formulir pendaftaran, Perjanjian, dan Pernyataan Dukungan Keuangan. (Silakan klik pranala di atas dan cetak setiap formulir.)

b)   Silakan transfer biaya seleksi sebesar 20.000 yen sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.

c)   Penerimaan

            (1) Pemeriksaan berkas

            (2) Wawancara

                  Sekolah akan mengadakan wawancara dengan murid dan wali atau penjamin.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *