JLPT, Ujian Bahasa Jepang yang Menarik..

Japanese Language Proficiency Test
Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Dalam artikel sebelumnya kami sudah menyebut JLPT. Apa itu JLPT? JLPT merupakan ujian bahasa Jepang yang diselenggarakan oleh MEXT dan di Indonesia ini diselenggarakan oleh Kedubes Jepang yang bekerja sama bersama Japan Foundation yang ditujukan kepada orang asing yang mempelajari bahasa Jepang. JLPT atau yang disebut dengan Japanese Languange Profiency Test yang dalam bahasa Jepangnya dikenal sebagai Nihongo Nouryoku Shiken sudah mulai terkenal sejak budaya Jepang semakin berkembang dan terkenal terutama di Indonesia ini.

Dilansir dari web resmi JLPT, JLPT sendiri sudah berdiri dari tahun 1984 yang tujuannya untuk sertifikasi bahasa Jepang itu sendiri. Sampai tahun 2003, JLPT digunakan pelajar asing untuk masuk ke universitas di Jepang yang kemudian digantikan oleh EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students) yang sekarang ini digunakan oleh universitas di Jepang sana sebagai syarat masuk universitas yang dituju.

Ujian bahasa ini juga sudah mulai diujikan di banyak negara. Di Indonesia sendiri, JLPT diselenggarakan di 12 tempat  yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Padang, Denpasar, Manado, Malang, Semarang, Makassar, dan Palembang. Yang mana di setiap daerah tersebut mereka memiliki pusatnya masing-masing, terutama di Jakarta ini dipegang oleh Universitas Darma Persada yang sekaligus penyelenggara ujian JLPT ini bersama dengan Kedubes Jepang dan Japan Foundation. Ujian bahasa ini dilakukan dua kali dalam setahun pada waktu pertengahan tahun dan akhir tahun yang biasanya dilaksanakan pada minggu pertama Juli dan Desember.

Harga sekali untuk seseorang mengambil ujian JLPT ini di Jepang dikenakan harga 5500 Yen atau sekitar 720.000 rupiah, sedangkan di Indonesia harga untuk JLPT dikenakan sesuai level yang ada. Berikut adalah perkiraan harga yang harus disiapkan untuk mengikutin ujian JLPT.

LevelBiaya
N5Rp. 120.000
N4Rp. 130.000
N3Rp. 170.000
N2Rp. 190.000
N1Rp. 220.000

Dahulu, untuk pendaftaran ujian JLPT ini seseorang harus datang ke universitas dituju untuk mendaftar. Namun sejak tahun 2018, untuk pertama kalinya JLPT membuka pendaftaran secara online (http://jlptonline.id).

Tingkatan/Level pada ujian JLPT

JLPT ini terdiri dari 5 level yang disebut dengan N1 sampai dengan N5. Dalam JLPT sendiri, level yang semakin sedikit (N1) merupakan level yang tersulit dan level N5 merupakan level yang dituju untuk pemula dalam bahasa Jepang. Oleh itu ketentuannya, N5 sampai N4 adalah ujian yang ditujukan untuk pemula atau beginner, N3 adalah untuk intermediate atau level menengah, serta N2 dan N1 yang ditujukan untuk level upper atau atas.

N5 dalam JLPT ini diperlukan untuk mengetahui 100 kanji dan 800 kosakata serta kemampuan membaca dan menulis hiragana, katakana, dan kanji yang masih sederhana. N4 sendiri harus menguasai 300 kanji dan 1500 kosakata yang dalam konteksnya untuk kehidupan sehari-hari serta mulai berbicara bahasa Jepang dalam tempo yang masih lambat. N3 yang merupakan level menengah dan juga jembatan antara N4 dan N2 harus menguasai setidaknya 650 kanji dan 3750 kosakata yang konteksnya sudah mulai mengerti artikel jepang dan kehidupan sehari-hari yang lebih kompleks serta dapat mengikuti perkataan orang jepang dalam berbicara kecepatan normal. N2 yang sudah termasuk level tinggi harus menguasai 1000 kanji dan 6000 kosakata yang konteksnya sudah berhubungan dengan konteks rumit, dan yang terakhir N1 yang harus menguasai sekitar 2000 kanji dan 10000 kosakata serta sudah mulai mengerti percakapan dan artikel diberbagai kondisi.

Dalam ujiannya, JLPT terbagi dari Reading dan Listening. Yang kemudian, kedua bagian ini dibagi lagi. Reading terbagi dari 文字語彙 (Mojigoi) yang berisi tentang kosakata dan kanji, 文法 (Bunpou) yang berisi kemampuan seseorang dalam memahami grammar yang ada, 読解 (Dokkai) yang menguji kemampuan seseorang dalam artikel atau sebuah wacana, 聴解 (Choukai) yang mengujikan kemampuan seseorang dalam percakapan pendek atau pun panjang.

© The Japan Foundation/Japan Education Exchange and Services

Dari foto di atas, syarat untuk seseorang lulus ujian JLPT ini tergantung level yang dipilih. N5 dengan minimal 80 point, N4 dengan minimal 90 point, N3 dengan minimal 95 point, N2 dengan minimal 95 point, dan N1 dengan minimal 100 point.

Agar lulus dalam ujian bahasa ini, seseorang sangat disarankan untuk mengerjakan soal-soal JLPT sebelumnya. Soal-soal tersebut bisa didapatkan dari web JLPT sendiri (https://www.jlpt.jp/e/samples/sampleindex.html), membeli langsung bukunya di Kinokuniya atau toko buku Jepang lainnya, bahkan sampai membeli buku panduan belajar JLPT seperti Sou Matome yang tersedia dari tingkat N5 sampai N1 beserta dengan kosakata sesuai level yang ada atau juga buku Gakushudo yang tersedia sampai level N2. Tidak lupa juga mempelajari dari konten pembelajaran online seperti Nihongo no Mori di Youtube yang tentu saja sangat membantu seseorang lulus dalam JLPT.

Atau mungkin juga di sela waktu luang kalian bisa melakukan self-score (menilai diri sendiri) sampai sebatas mana kalian mengerti soal yang ada di JLPT, tak lupa juga kalian harus efisien dalam menggunakan waktu yang ada pada saat ujian. Karena waktu yang disediakan panitia cukuplah singkat untuk ujian JLPT ini.

(Copyright logo) The Japan Foundation/Japan Education Exchange and Services

Pengumuman kelulusan JLPT di Indonesia biasa harus menunggu sekitar 3 – 4 bulan untuk mengetahui hasil yang ada. Untuk yang mengambil ujian di bulan Juli,hasil kelulusan akan disebarkan pada awal bulan Oktober sedangkan untuk yang mengambil ujian di bulan Desember pengumuman kelulusan akan disebarkan pada awal bulan Maret.

Jadi, apakah kalian tertarik untuk belajar dan mengambil ujian bahasa Jepang ini?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *