Studi di Jepang: Perlukah Menggunakan Agen?

Credit: Shutterstock  

Belajar di luar negeri adalah impian tiap orang. Terlebih jika Negara tujuan tersebut memiliki standar pendidikan yang tinggi. Biasanya saat ditanya mengenai Negara tujuan, tidak sedikit orang yang akan menjawab Jepang. Mungkin Anda termasuk salah satu yang akan menjawab demikian.

Memang belakangan ini minat siswa asal Indonesia untuk melanjutkan studi ke Jepang terus meningkat. Menurut data dari survey yang dilakukan oleh Japan Student Service Organization (JASSO) pada tahun 2016 lalu, jumlah siswa asal Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Jepang mencapai 4.630 orang. Angka tersebut 5 kali lipat lebih tinggi dibanding 10 tahun sebelumnya!

Alasan Memilih Jepang

Credit: Kuropixel.com

Jumlah siswa yang disebutkan tadi saja sudah memperlihatkan bagaimana besarnya antusiasme siswa di Indonesia untuk menimba ilmu di negeri Sakura. Sebenarnya apa yang membuat para siswa tersebut ingin melanjutkan pendidikan di Jepang?

1. Kualitas pendidikan yang tinggi

Sudah bukan rahasia lagi jika Jepang memiliki kualitas pendidikan yang tinggi. Jepang memang terkenal sangat menghargai dunia pendidikan. Pemerintahnya tidak segan-segan untuk memberikan yang terbaik dalam dunia pendidikan. Hal tersebut membuat berbagai lembaga pendidikan di Jepang memiliki kualitas pendidikan yang tinggi di segala bidang ilmu pengetahuan. Karenanya, meski bukan termasuk Negara dengan cakupan wilayah yang luas dan sumber daya alam yang kaya, ekonomi Jepang tetap bisa  jadi yang tertinggi berkat kehadiran lulusan-lulusan yang berkualitas.

2. Menguasai banyak ilmu

Bagi Anda yang ingin melanjtukan pendidikan di Jepang, wajib menguasai kemampuan Bahasa Jepang level Advance terlebih dahulu. Setelahnya, barulah Anda bisa sekolah yang diminati. Secara tidak langsung, Anda telah menguasai setidaknya dua bidang ilmu, yaitu Bahasa Jepang serta ilmu lain yang didapat saat berada di Jepang. Bukan hanya dalam hal pelajaran, Anda juga bisa mempelajari berbagai pola pikir, kebiasaan, kesenian, hingga budaya orang Jepang secara langsung. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat jika nantinya Anda bekerja di perusahaan Jepang atau memiliki klien orang Jepang.

3. Pengalaman kerja part time (arubaito/baito)

Salah satu pengalaman baru yang akan Anda dapatkan selama belajar di Jepang adalah kerja part time atau arubaito (baito). Belajar di Jepang tidak akan lengkap rasanya jika tidak melakukan kerja part time. Seperti itulah yang dikatakan beberapa siswa Indonesia yang telah melanjutkan pendidikan di Jepang. Jepang sendiri memang mengizinkan para siswa asing untuk mengambil pekerjaan paruh waktu selama berada di Jepang.
Hanya saja mereka tidak boleh bekerja lebih dari 28 jam per minggu. Alasannya agar mereka tetap memiliki waktu yang cukup untuk belajar dan istirahat. Penghasilan yang didapat selama bekerja paruh waktu bisa digunakan untuk membiayai kehidupan sehari-hari, seperti makan dan transportasi.

4. Memperbaiki karakter diri

Percaya atau tidak, hidup sendiri di luar negeri bisa membantu Anda memperbaiki karakter diri. Anda akan terbiasa hidup mandiri selama di Jepang. Artinya, segala kebutuhan dan keperluan harus disiapkan sendiri. Hal tersebut dapat membentuk Anda menjadi pribadi yang mandiri dan disiplin.

5. Hubungan internasional

Hubungan internasional Menurut hasil survey yang dilakukan oleh JASSO pada bulan Mei 2017 lalu, jumlah siswa internasional yang menempuh pendidikan di Jepang mencapai 267.042 orang. Angka tersebut menjadi rekor tertinggi di tahun 2017. Jumlah terbanyak adalah berasal dari China. Kemudian diikuti oleh Vietnam, Nepal, Korea Selatan, dan berbagai Negara lainnya.

Dengan kehadiran siswa internasional di lembaga pendidikan Jepang tersebut tentunya akan memberikan Anda kesempatan untuk membentuk hubungan dengan mereka. Hubungan internasional tersebut dapat membantu Anda dalam menjalin kerja sama bisnis, wisata, organisasi, atau lainnya dengan Negara lain.

6. Prospek karir yang lebih baik

Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa penduduk usia produktif di Jepang semakin berkurang. Hal ini dikarenakan menurunnya angka kelahiran di negeri mataharu terbit tersebut. Bahkan para ahli memperkirakan pada tahun 2050 nanti, 40% penduduk Jepang akan diisi oleh penduduk usia lanjut. Hal tersebut juga berpengaruh pada produktivitas kerja. Karena banyak perusahaan yang kekurangan tenaga kerja usia produktif.

Permasalahan tersebut membuat beberapa perusahaan Jepang mulai melirik lulusan internasional dari lembaga pendidikan di Jepang. kebanyakan yang diambil merupakan lulusan engineering, seperti teknik mesin, otomotif dan teknologi informasi. Selain itu, Anda juga harus menguasai Bahasa Jepang level N2 atau N1, Bahasa Inggris, dan memiliki keahlian dalam bidang tertentu

Menggunakan Layanan Agen / Konsultan Pendidikan ke Jepang

Source: Jeducation.co.id

Meski melanjutkan sekolah di Jepang menjadi penantian yang menyenangkan bagi tiap orang, namun ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Dimana seluruhnya memakan waktu dan usaha yang cukup besar. Mulai dari mencari informasi mengenai jurusan dan program studi, hingga memilih lembaga pendidikan di Jepang yang sesuai. Belum lagi harus mempersiapkan berbagai berkas untuk pendaftaran.

Untuk itu, Anda memerlukan bantuan yang bisa memberikan panduan dalam memilih lembaga pendidikan serta jurusan yang sesuai minat bakat, hingga membimbing dalam proses pendaftaran. Itulah yang menjadi tugas dari agen pendaftaran sekolah dan konsultan pendidikan. Di mana mereka akan membantu siswa seperti Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke Jepang.

Agen pendaftaran sekolah dan konsultan pendidikan saat ini memang semakin populer. Ini dikarenakan semakin tingginya minat siswa untuk menimba ilmu di luar negeri seperti Jepang. Kira-kira apa yang membuat Anda harus menggunakan agen dan konsultan pendidikan jika ingin melanjutkan pendidikan di Jepang? Berikut penjelasannya.

1. Terlatih dan berpengalaman

Agen pendaftaran sekolah dan konsultan pendidikan biasanya merupakan bagian dari perusahaan terkenal yang telah memiliki sertifikat dari badan relevan di negaranya. Mereka juga memiliki pengalaman yang panjang dalam bidang pendidikan.

Artinya mereka sudah mengalami berbagai sesi pelatihan sebelum bisa menempati posisi yang dapat memberikan panduan untuk masalah yang mungkin akan dihadapi selama proses pendaftaran sekolah di Jepang.

Ya, agen pendidikan akan sangat memahami seluruh aspek mengenai lembaga pendidikan di Jepang yang ditawarkan kepada Anda. Bahkan biasanya, mereka merupakan siswa internasional yang sudah mengetahui jawaban atas berbagai pertanyaan Anda.

2. Membantu menemukan destinasi sekolah atau universitas

Jika Anda belum memiliki gambaran seputar jurusan dan lembaga pendidikan, maka bertanya pada agen dan konsultan pendidikan adalah pilihan yang tepat. Karena mereka akan memandu Anda sampai menemukan pilihan yang cocok. Begitu pula jika Anda sudah menentukan pilihan. Sampaikan pilihan Anda pada agen dan konsultan agar Anda bisa lebih yakin dengan pilihan tersebut. Karena bisa saja ada pilihan lain yang lebih baik dan sesuai dengan Anda.

3. Membantu mengurus visa pelajar

Membantu mengurus visa pelajar Mengurus visa pelajar bukanlah hal yang mudah. Namun Anda tak perlu khawatir, karena agen dan konsultan pendidika bisa mengarahkan Anda dan memberikan informasi terbaru.

4. Membimbing selama berada di Jepang

Setelah diterima di salah satu lembaga pendidikan di Jepang, Anda tetap bisa menanyakan beberapa informasi kepada mereka. Mulai dari kebiasaan mengisi waktu luang, masalah akomodasi, hingga pekerjaan sambilan.


Melanjutkan pendidikan di Jepang merupakan impian tiap orang. Namun realisasinya tidaklah mudah. Mulai dari menentukan pilhan sekolah hingga proses pendaftaran. Karena itu, menggunakan jasa agen dan konsultan pendidikan adalah pilihan yang tepat. Dengan begitu, Anda hanya perlu fokus pada pendidikan di Jepang. Hubungi Jeducation Indonesia untuk berkonsultasi gratis mengenai perjalanan study Anda ke Jepang.

Hubungi kami melalui Whatapp di sini:
Afi: +62 812-9726-5232
Amalia: +62 852-1580-2559

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *