UNITAS Japanese Language School (Tokyo)

unitas japanese language school

Credit: Local Guide on Google Maps

Alamat             : 22 Sankyo bldg. 3F 2-2-9 Okubo Shinjuku Tokyo JAPAN 〒169-0072

Telepon            : 81-3-5287-5636 or fax 81-3-5287-5639

Email                : japanese-tokyo@unitas-ej.com

Website            : http://www.unitas-ej.com/e/school_tokyo.html

Sekolah Bahasa Jepang UNITAS Cabang Tokyo berlokasi di daerah Shinjuku, jantung kota Metropolitan Tokyo. Hanya berjarak 3 menit dari stasiun Higashi-Shinjuku di platform subway Fukutoshin, atau 10 menit berjalan kaki dari stasiun Shin-Okubo di platform JR Yamate. Akses ke Shibuya/Shinjuku juga sangat nyaman.

Area sekitar sekolah sangat beragam dan luas, Anda bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan sampingan. Pendaftaran dibatasi hingga 15 siswa dalam satu kelas, sehingga para siswa dapat menikmati kehidupan sekolah dengan para guru dalam suasana yang ramah.

School Outline

Credit: UNITAS

Belajar di lingkungan internasional

UNITAS terdiri dari dua sekolah Bahasa: UNITAS Foreign Language Academy, sekolah Bahasa asing bagi siswa Jepang, dan UNITAS Japanese Language School.

Sejak berdiri pada 1970, kami telah menghasilkan lebih dari 10.000 lulusan dengan murid yang berasal dari 15 negara lebih. Kami menawarkan kesempatan unik untuk mempertemukan beragam kebudayaan asing dalam lingkungan internasional yang baik.

Saat ini murid kami berasal dari negara-negara: China, Korea, Taiwan, Hongkong, Thailand, Indonesia, Spanyol, Rusia, Amerika, Inggris, Jerman dan India.

Sistem masuk Universitas Teikyou melalui rekomendasi

UNITAS adalah bagian dari grup Teikyou University, dan menawarkan para siswanya mendaftar ujian masuk dengan sistem rekomendasi ke grup Teikyou University di daerah Tokyo, Chiba, Yamanashi dan Fukuoka, serta kampus lain di prefektur Yamanashi.

Kami juga menyediakan kelas persiapan untuk EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students) dan ujian masuk kampus lainnya bagi siswa yang ingin melanjutkan Pendidikan di Jepang.

Terdapat di dua lokasi: Kofu dan Tokyo

Kami menawarkan dua lingkungan belajar yang berbeda di Jepang. Cabang Tokyo kami berlokasi di Shinjuku, area bisnis, hiburan dan perbelanjaan terbesar di Tokyo. Cabang utama kami berlokasi di Kofu, ibukota prefektur Yamanashi, dipenuhi dengan pemandangan yang indah. Anda bebas memilihnya.

Biaya Pendidikan rendah

Kami memastikan biaya Pendidikan rendah agar para siswa bisa lebih fokus belajar. Terutama di Kofu, siswa dapat menikmati biaya hidup yang lebih rendah dan asrama siswa yang nyaman dengan biaya sewa rendah pula.

Belajar Bahasa Inggris dengan penutur asli

Anda dapat menikmati belajar Bahasa Inggris dengan pengajar dan penutur asli dari UNITAS Foreign Language School dengan potongan harga (hanya untuk di cabang Kofu).

Kelas berukuran kecil

Kami menganggap bahwa di ruang kelas yang kecil, guru jadi lebih memperhatikan tiap siswanya, dan siswa juga menjadi lebih baik dalam pembelajaran aktif. Karenanya, kami membatasi jumlah siswa di tiap kelas hingga 15 siswa (Hanya untuk cabang Tokyo).

Penghargaan beasiswa

Siswa dapat mendaftar beasiswa berikut melalui UNITAS:

  1. Beasiswa untuk murid yang terdaftar di institusi Bahasa Jepang
  2. Beasiswa Lee Su-Hyon

Program Kursus

Kursus Sasaran Status Visa Pendaftaran dan durasi belajar
Kursus persiapan masuk universitas Untuk yang mempersiapkan jenjang Pendidikan tinggi Visa pelajar pra-perguruan tinggi dan lainnya 1 atau 2 tahun (April) 1 tahun 9 bulan (Juli) 1.5 tahun (Oktober) 1 tahun 3 bulan (Januari)
Kursus umum Untuk yang akan kembali ke negara mereka setelah belajar Bahasa Jepang Visa pelajar pra-perguruan tinggi dan lainnya 1 – 2 tahun (April, Juli, Oktober, Januari)
Kursus jangka pendek Untuk yang ingin belajar dengan durasi singkat Visa tinggal jangka pendek 1 – 3 bulan (pendaftaran dibuka kapan saja)
Program Sasaran (bagi yang tinggal di Jepang) Durasi belajar dan waktu pendaftaran
Private dan semi-private Untuk yang ingin belajar dengan waktu sesuka hati Kami sepenuhnya menyesuaikan permintaan anda
Kelas malam (Kofu) Untuk yang sibuk di siang hari, kelas hanya dibuka untuk 7 siswa atau lebih 1 – 6 bulan (pendaftaran dibuka tiap saat)
Kelas Sabtu (Kofu) Untuk yang sibuk di weekdays, kelas  hanya dibuka untuk 7 siswa atau lebih 1 – 3 bulan (pendaftaran dibuka tiap saat)
Belajar di rumah atau kantor Kami menentukan konten pelajaran setelah berkonsultasi dengan klien Kami sepenuhnya menyesuaikan permintaan anda

Kurikulum

Tahun akademik di UNITAS dibagi menjadi empat sesi. Anda bisa belajar selama 3 bulan sebagai siswa di program kursus jangka pendek atau dua tahun sebagai siswa dengan visa pra-perguruan tinggi, sesuai dengan sasaran belajar Anda.

Kelas dibagi menjadi empat level berbeda: pemula, menengah 1, menengah 2 dan mahir. Penempatan level ditentukan dari hasil tes penempatan, wawancara dan analisis kebutuhan siswa.  Jika anda betul-betul pemula, anda akan mendapatkan fondasi struktur dasar dalam 6 bulan pembelajaran di kelas pemula. Setelah selesai di kelas pemula, anda harus mengembangkan empat kemahiran dasar membaca, menulis, berbicara dan mendengar di level menengah selama satu tahun.

Pada level mahir, anda akan meningkatkan kemampuan anda dalam mengekspresikan diri anda melalui debat, menulis esai dan membuat presentasi di kampus atau perusahaan.

1. Kelas pemula (Pemula 1: 3 bulan – Pemula 2: 3 bulan)

Anda akan belajar tata Bahasa dan kosa kata dasar dimulai dari Hiragana dan Katakana. Target akhir level ini adalah JLPT 3 dan menguasai 660 kanji.

2. Kelas menengah (Menengah 1: 6 bulan – Menengah 2: 6 bulan)

Berdasarkan pengetahuan tata Bahasa dasar yang anda pelajari di level pemula, anda akan beralih ke penggunaan bahasa Jepang yang lebih praktikal. Target akhir level ini adalah JLPT 1 atau 2 dan menguasai 1.000 kanji.

3. Kelas mahir (6 bulan)

Target untuk level mahir ini adalah mendapat komando dalam Bahasa Jepang dan bersaing dengan penutur asli di universitas atau lingkungan bisnis. Anda akan menguasai 2000 kanji dan pengetahuan kosa kata dan tata Bahasa setara JLPT 1.

4. Kelas tambahan

Untuk tiap siswa yang tertinggal di kelasnya, kami menawarkan kelas tambahan sebelum atau setelah kelas biasa secara gratis.

Persiapan untuk Ujian Masuk dan EJU

(Ujian masuk universitas di Jepang untuk siswa internasional)

Hampir seluruh ujian masuk universitas untuk program sarjana, master atau kejuruan, ada ujian masuk khusus untuk siswa asing. Konten ujian seleksinya adalah sebagai berikut:

EJU (Bahasa Jepang) – Ujian tulis – Esai pendek dalam Bahasa Jepang – Wawancara dalam Bahasa Jepang  – Bahasa Inggris

Untuk EJU, umumnya pelamar yang mendaftar untuk Fakultas Seni Liberal mengambil kursus Bahasa Jepang, Sejarah Jepang dan dunia serta Matematika 1. Namun, perpaduan mata pelajaran EJU dan isi ujian bervariasi tergantung masing-masing universitas. Anda bisa mengecek materi yang diujikan oleh masing-masing universitas di situs website UNITAS.

1. Kelas persiapan untuk EJU

Anda dapat mengikuti EJU dua kali dalam setahun, yaitu pada Juni dan November.

Peserta ujian pada bulan Juni dapat mengikuti empat kelas persiapan ujian mata pelajaran Bahasa Jepang selama seminggu dari bulan April, sedangkan peserta ujian pada bulan November dapat mengikuti kelas mulai bulan Oktober.

Kami juga menawarkan kelas berbayar untuk pelamar yang harus mengambil ujian Sejarah Jepang dan Dunia serta Matematika 1. Kami membuka kelas persiapan intensif dua minggu sebelum hari ujian untuk kedua mata ujian. Ini berlaku hanya di cabang Tokyo.

2. Kelas persiapan untuk tes masuk universitas dan program master

Pada persiapan ujian masuk diminta untuk memiliki kemampuan mumpuni dalam menulis esai berbahasa Jepang mengenai keahlian yang sesuai dengan jurusan yang anda pilih.

Oleh karena itu, di kelas persiapan kami, kami menyediakan bahan bacaan yang berkaitan dengan subjek utama Anda untuk memungkinkan anda membangun kosakata Bahasa Jepang anda sehingga penulisan esai menjadi lebih persuasif.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *