Meikei High School

Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Credit : Hail.co

Sekolah Menengah Atas (SMA) Meikei merupakan sekolah campuran dan asrama bagi laki-laki dan perempuan berusia 12 sampai 18 tahun.  Sekolah ini didirikan oleh Meikei-Kai, suatu perkumpulan alumni Universitas Tsukuba (dikenal sebagai Universitas Pendidikan Tokyo) pada tahun 1979, untuk memperingati hari jadinya yang ke-100.

Filosofi SMA Meikei

Credit : teachabroadnetwork.com

Sejak didirikan tersebut, SMA Meikei tetap berpegang pada filosofinya, yaitu untuk menghasilkan kaum muda dengan perspektif internasional. Setelahnya, sekolah ini terus berupaya beradaptasi dengan globalisasi tanpa pernah melepas ciri khasnya.

Hasilnya, SMA Meikei telah dinobatkan menjadi IB World School sejak Juli 2016 lalu. Sementara para siswanya sudah menjalankan program internasional menggunakan dua bahasa, yaitu Inggris dan Jepang sejak April 2018.

Lulusan Terbaik

Credit : Pictame

Sekolah ini menekankan keseimbangan antara studi dan olahraga. Karenanya pengembangan akademik, ekstra kurikuler dan kepribadian menjadi prioritas utamanya.  Dengan begitu, para siswa akan menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, kooperatif, dan bertanggung jawab.

Hingga saat ini SMA Meikei terus memberikan pendidikan terbaik yang dapat menggali potensi terpendam dari para siswanya. Hasilnya, banyak lulusan dari Meikei yang meraih kesuksesan di berbagai bidang, seperti kedokteran, hukum, ilmiah, bisnis, pendidikan, seni, dan lainnya. Kesuksesannya tidak hanya di Jepang saja, tapi sudah merambat hingga ke luar negeri.

Visi

Credit : MeikeiEnglish

SMA Meikei memiliki visi untuk membantu para kaum muda dalam memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk meraih keberhasilan di tengah masyarakat global abad ke-21 ini. Visi ini tidak pernah berubah sejak pertama kali sekolah ini didirikan.

Letak dan Fasilitas

Credit : Wikimedia

SMA Meikei  terletak di Kota Tsukuba Science, Prefektur Ibaraki. Lokasinya bisa dicapai sekitar 45 menit dari Tokyo dengan kereta api jalur Tsukuba Express dan 55 menit dengan bus dari Bandara Narita.

Sekolah ini berada di lingkungan yang menyenangkan, dengan Taman Akatsuka yang membatasi bagian timurnya.  SMA Meikei memiliki beragam fasilitas berupa auditorium yang baru saja selesai dibangun, perpustakaan yang bisa menampung hingga 75 ribu buku, ruangan seni rupa yang terpisah, dua lapangan untuk bermain, kolam renang, dua gymnasium, dojo untuk judo dan kendo, serta lapangan tenis. Sekolah juga menyediakan staf perawat dan konselor untuk membantu berbagai layanan kesiswaan.

Meikei membebaskan para siswanya dalam hal makan siang. Mereka boleh membawa sendiri atau membeli makan siang di sekolah.

Sekolah juga menyediakan asrama yang hanya berjarak tiga menit dengan berjalan kaki dari sekolah.  Setiap asrama memiliki pengurusnya masing-masing. Semua siswa asrama bisa menyantap makanan di kantin sekolah.

Menariknya, murid biasa (non asrama) juga boleh merasakan kehidupan asrama selama seminggu di sini. Dengan begitu, mereka juga bisa berpartisipasi dalam pembelajaran khusus dan kegiatan olahraga yang bertujuan untuk menguatkan pemahaman dan persahabatan satu sama lain.

Kurikulum

Credit : MeikeiEnglish

Siswa SMA kelas 1 mempelajari seluruh mata pelajaran. Mulai dari bahasa Jepang, matematika, ilmu social, ilmu pengetahuan, Bahasa Inggris, music, seni, kaligrafi, home economic (keterampilan memasak dan menjahit sederhana), Teknologi Informasi, dan pendidikan jasmani.

Di kelas 2, siswa SMA Meikei akan mempelajari  bahasa Jepang, Sosial Studi, Sains, Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani sebagai mata pelajaran wajib. Selanjutnya mereka bisa memilih salah satu pelajaran berikut, yaitu  Matematika, elektif Jepang atau elektif Bahasa Inggris, dan satu lagi dari Musik, Seni, atau Kaligrafi.

Ketika memasuki kelas 3, para siswa akan mempelajari bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Teknologi Informasi dan Pendidikan Jasmani sebagai mata pelajaran wajib. Selanjutnya mereka juga bisa memilih hingga delapan mata pelajaran yang sesuai dengan syarat masuk universitas pilihan mereka.

SMA Meikei juga menawarkan kelas bahasa inggris khusus bagi para siswanya yang memiliki kemampuan bahasa inggris tingkat tinggi. Kelas ini bisa diikuti oleh semua tingkat di SMA tersebut.

Program IBDP

Credit : London International Academy

Siswa kelas 2 dan 3 yang ingin menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB) Meikei bisa memilih enam mata pelajaran sesuai dengan ketentuan IBO.

Subjek yang ditawarkan dalam bahasa Jepang adalah Sastra Jepang A, Sejarah, Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika. Sementara yang ditawarkan dalam Bahasa Inggris adalah Bahasa Inggris B, Sistem Lingkungan dan Masyarakat dan Film.

Mereka yang ingin lulus kualifikasi untuk sertifikasi IB harus memilih dua subjek bahasa inggris atau lebih. Siswa yang memenuhi syarat tambahan tersebut juga bisa menerima setifikat kelulusan Sekolah Menengah Jepang.

Sementara siswa kelas 1 akan diberikan persiapan pra-IB.  Jika tertarik untuk mendapat sertifikat IB, mereka bisa coba melanjutkannya saat sudah naik ke kelas 2.

Program Co-kurikuler

Credit : ALICE-Matters

Program pendidikan luar ruangan ini diberikan untuk siswa dari seluruh tingkat. Untuk kelas 1 akan melakukan kunjungan lapangan untuk mempelajari kualitas air, geologi, dan pertanian di Tsukuba dan kota-kota terdekatnya, sebagai bagian dari pembelajaran ilmiah dan studi social mereka.

Siswa kelas 2 akan melakukan tur studi tahunan ke Australia. Dengan perjalanan ini, diharapkan mereka dapat menggunakan kemampuan bahasa inggris secara maksilal ketika melakukan homestay dan kunjungan ke beberapa lembaga pilihan mereka.

Sementara  di semester kedua, para siswa kelas 1 mulai berfokus mengerjakan proyek selama setahun sesuai dengan bidang yang diminati. Semacam membuat tesis mini dengan presentasi PowerPoint. Proyek-proyek yang dianggap menarik akan dipresentasikan di Universitas Tsukuba dan dinilai langsung oleh para professor sesuai bidang terkait. Siswa yang proyeknya terpilih nantinya dapat mempresentasikan penelitian mereka dalam bahasa inggris di luar negeri.

Kegiatan Ekstra Kurikuler

Credit : Rugby15

SMA Meikei memiliki dua bidang ekstra kurikuler, yaitu bidang kebudayaan dan olahraga. Keduanya memiliki berbagai pilihan yang menarik untuk diikuti, yaitu :

Olahraga : badminton, baseball, basket, senam, judo, hip-hop dance, judo, kendo, rugby, sepak bola, renang, tenis meja, tenis, dan voli.

Kebudayaan : seni, kaligrafi, chamber music,  paduan suara, computer, drama, bahasa inggris, gitar, ilustrasi, upacara minum teh, rakugo (komedi jepang), sains, volunteer, serta orchestra.

Mitra Internasional  

Credit : Hail.co

Meikei menawarkan kesempatan bagi para siswa yang ingin belajar di luar negeri, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tiap tahunnya ada beberapa siswa yang menjadi bagian dari program belajar setahun di berbagai Negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Irlandia, Finlandia, Jerman, Prancis, Kosta Rika, dan Chili. Salah satu program jangka pendek yang populer adalah pertukaran dua minggu dengan sekolah-sekolah di Selandia Baru, Australia, Malaysia dan Inggris.

Meikei memiliki hubungan dekat dengan sekolah menengah di Selandia Baru, Australia, Cina, Taiwan, Vietnam, Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Inggris.

Sehingga sering ada kelompok siswa dari negara-negara tersebut yang mengunjungi Meikei.  Hasilnya, siswa di Meikei memiliki kesempatan untuk berteman dengan siswa dari berbagai sekolah di seluruh dunia. Meikei memiliki kemitraan dengan sekolah : Christ College, Inggris Raya; Nelson College, Selandia Baru; Nelson College for Girls, Selandia Baru dan King Henry VIII College, Malaysia.

Pada tahun-tahun sebelumnya, siswa Meikei telah memanfaatkan IB Diploma Program di United World Colleges untuk memasuki berbagai institusi bergengsi di luar negeri. Termasuk di antaranya Universitas Harvard, MIT, Universitas Cornell, Universitas Pennsylvania, dan Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat; Universitas Cambridge, Universitas Oxford, dan Universitas St. Andrews di Inggris; dan Universitas McGill dan Universitas Toronto di Kanada.

Siswa Internasional di Meikei

Credit : Hail.co

Sekolah Menengah Atas Meikei memiliki sejarah panjang dalam hal menyambut siswa internasional dari seluruh dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat siswa dari Afrika Selatan, Prancis, Jerman, Denmark, Cina, Taiwan, Thailand, Vietnam, Filipina, Amerika Serikat, Brasil, dan Chili. Mereka menghadiri kelas bersama-sama dengan guru dan murid dari Jepang.

Semua kelas kecuali bahasa Inggris menggunakan bahasa Jepang. Karenanya, Meikei juga menyediakan sejumlah kelas bahasa Jepang khusus untuk siswa internasional, sesuai dengan kemampuan bahasa Jepang mereka.

Siswa internasional dapat berpartisipasi dalam beberapa kegiatan sekolah seperti festival sekolah dan kompetisi olahraga seperti siswa Jepang lainnya. Mereka juga sangat disarankan untuk berpartisipasi dalam kegiatan klub selama bersekolah di Meikei.

Pada bulan Agustus 2017 lalu, Meikei resmi membuka asrama khusus untuk siswa internasional. Tinggal di asrama akan membantu para siswa internasional tersebut untuk lebih meningkatkan kemampuan bahasa serta budaya dan kebiasaan Jepang. Ini juga menjadi kesempatan besar bagi para siswa untuk saling memahami dan mempelajari budaya satu sama lain.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *