Sekolah Bahasa Jepang

Jepang saat ini telah dikenal sebagai salah satu Negara maju yang memiliki sistem pendidikan berkualitas tinggi. Bahkan Jepang sering disandingkan dengan Negara lain yang telah lama terkenal akan kualitas pendidikannya, seperti Finlandia. Pendidikan di Jepang mencakup akademis, moral, dan budaya. Ya, budaya Jepang memang telah berhasil menarik minat banyak orang untuk mempelajari dan meznerapkannya. Terlebih kedisiplinan yang dianut dari tiap aspek kehidupan di Jepang dan banyaknya anime, manga, grup band, youtuber Jepang juga makin menumbuhkan minat banyak kalangan untuk belajar di Jepang. Apakah kamu juga merasa seperti itu?

Jika kamu benar-benar tertarik untuk melanjutkan studi dan bekerja di Jepang sembari mempelajari berbagai kebiasaan dan kebudayaan di sana, ada baiknya kamu mempelajari bahasa Jepang terlebih dahulu. Saat diminta belajar bahasa Jepang, seringkali orang merasa minder atau takut. Bahasa Jepang memang berbeda dengan bahasa yang sering kita gunakan sehari-hari. Mulai dari huruf hingga pengucapan, semuanya berbeda. Wajar saja kalau banyak yang berpikir mempelajari bahasa Jepang itu sulit.

biaya sekolah ke jepang

Tapi, ayolah, belajar bahasa Jepang itu sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Kamu bisa belajar bahasa jepang secara otodidak, menghafal sedikit demi sedikit kosa kata yang kamu inginkan dan menambah penghafalan setiap harinya. Kalau kamu sudah mempelajari dan memahaminya, kamu pasti akan mengerti kalau bahasa Jepang itu tidak sesulit yang kamu bayangkan. Tidak perlu terburu-buru mempelajarinya. Kamu bisa mulai dari yang paling dasar dulu.

Untuk memaksimalkan pembelajaran bahasa Jepangmu, tidak ada salahnya kamu mengikuti sekolah bahasa Jepang yang ada di Jepang. Karena tentu saja sangat berbeda, belajar bahasa Jepang langsung di Negara tempat bahasa tersebut dilahirkan. Pastinya kamu bertemu dengan orang-orang baru, budaya baru, pengalaman baru, suasana baru yang akan menambah pengalaman dan kemampuan kamu untuk beradaptasi serta dipaksa untuk mengerti dan memahami. Hal itu akan membuat kamu untuk fokus dan lebih cepat belajar bahasa Jepang.

A. Persyaratan Sekolah di Jepang

Melanjutkan studi di Jepang, baik itu ke perguruan tinggi, S2 di Jepang, Sekolah bahasa di Jepang butuh pengorbanan. Baik dari segi materi yang harus kita keluarkan (biaya sekolah, biaya hidup di Jepang) dan waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan persyaratan sekolah ke Jepang, sekita 4-6 bulan. Ada beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan untuk sekolah ke Jepang.

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran
  2. Sertifikat kelulusan terakhir (SMA/Universitas) asli dan fotokopi. *untuk SMA wajib melampirkan legalisir ijazah kelulusan, dan legalisir nilai dari kelas 10 sampai kelas 12
  3. Transkrip nilai (asli dan fotokopi)
  4. Paspor (Fotokopi)
  5. KTP (FotoKopi)
  6. Foto ukuran 4x3cm (7 lembar)
  7. Surat keterangan bekerja apabila pendaftar sudah bekerja (Asli)
  8. Surat keterangan domisili yang menyatakan tinggal di Jakarta, apabila pendaftar adalah pendatang dari luar Jakarta namun tinggal di Jakarta (Khusus KTP luar Jakarta)
  9. Sertifikat JLPT/NAT-TEST/J-TEST N5 (asli). Kalau tidak ada, Surat belajar bahasa jepang di atas 150 jam atau minimal melampirkan surat belajar bahasa Jepang dari Lembaga belajar bahasa Jepang

Yang perlu menjadi perhatikan di sini adalah. Sebelum mempersiapkan untuk sekolah ke Jepang. Pastikan kamu mampu berbahasa Jepang dengan minimal JLPT (Japanese Language Proficiency Test) N5.

N1 : Dapat bekerja di jepang dan perusahaan Jepang di Indoesia.
N2 : Salah satu persyaratan Beasiswa atau melamar pekerjaan di Jepang.
N3 : salah satu persyaratan melamar ke perusahaan Jepang di Indonesia
N4-N5 : Salah satu persyaratan masuk sekolah bahasa di Jepang.

Bagaimana jika tidak Ada? Kamu harus melampirkan surat belajar bahasa Jepang di atas 150 jam. Intinya, kamu harus belajar bahasa Jepang terlebih dahulu untuk bisa sekolah bahasa di Jepang.

B. Perkiraan Biaya Sekolah Bahasa di Jepang

Seperti yang telah dibahasa sebelumnya, Perkiraan biaya sekolah bahasa di Jepang. Proses pembelajaran atau program sekolah bahasa Jepang di Jepang ada beberapa tipe, yaitu :

Dari ke program sekolah di atas mempunyai rincian biaya masing-masih dan berbeda tergantung dari sekolah yang akan kamu pilih nantinya. Secara garis besar, artikel ini akan memberikan rincian perkiraan biaya yang harus kamu keluarkan.

sekolah jangka panjangSekolah jangka pendekDarmawisataSekolah Musim Panas
Umur18 tahun ke atas (lulusan SMA atau sederajat)15 tahun ke atas13 tahun ke atas
(Ada juga tur untuk umur 15 tahun ke atas)
15 tahun ke atas
Periode Masuk SekolahJanuari / April / Juli / OktoberSepanjang tahunAprilJuni / Juli / Agustus
Biaya sekolah dan AkomodasiSekitar 2,100,000 s/d 2,800,000 yen per tahunsekitar 280,000 s/d 420,000 yen per tahunsekitar 385,000 yen atau lebihsekitar 525,000 yen s/d 700,000 yen (ada sekolah yang tidak termasuk biaya kegiatan)
Masa Belajar6 bulan s/d 2 tahun1 minggu s/d 3 bulan3 minggu s/d 1 bulan2 minggu s/d 2 bulan

Untuk detail kisaran biaya sekolah, informasi sekolah, daftar sekolah. Kamu bisa mendownload Guide book Jeducation Indonesia di sini. Atau bisa langsung bertanya kepada kami.

C. Persiapan Sekolah ke Jepang

Nah setelah menemukan agen yang tepat untuk membantu mendaftar sekolah di Jepang. Baik itu sekolah bahasa di jepang, melanjutkan studi ke S1 atau S2. Dan menentukan sekolah mana yang kamu tuju untuk meraih mimpimu. Hal yang tidak kalah penting adalah “Persiapan”. Banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum kamu berangkat ke Jepang.

Salah satu yang paling penting adalah VISA. Tapi, sebelum kamu membuat visa, kamu terlebih dahulu harus mempunyai COE atau Certificate of Eligibility. Apa itu Untuk lebih lengkapnya tentang Visa pelajar di Jepang kamu bisa membacanya di sini “Panduan Mendaftar Visa Pelajar untuk Kuliah di Jepang” Selain visa, dokumen yang tak kalah penting yang harus kamu persiapkan adalah Certificate of Eligibility (COE). Apa itu Certificate of Eligibility atau yang sering di singkat menjadi (COE) atau biasa juga disebut sebagai “surat sakti”. Biasanya agen sekolah ke Jepang akan membantu kamu dalam proses pembuatan visa dan COE ini. Untuk mengetahui detail tentang COE kamu bisa baca artikel berikut ini “Cara Mengurus Certificate of Eligibility (COE) Sebelum Studi ke Jepang”

Dalam mempersiapkan barang yang akan dibawa ke Jepang, perlu dilakukan pemilihan secara selektif agar sesuai dengan kebutuhan hidup di Jepang. Beberapa barang tambahan yang diperlukan dapat dikirimkan oleh keluarga ke Jepang atau membelinya di Jepang. Perlu diingat bahwa ukuran ruang siswa di Jepang tidaklah besar. Jadi jangan membawa barang terlalu banyak. Mulai dari Pakaian. Bawalah pakaian secukupnya, persiapkan juga pakaian untuk musim dingin di Jepang. Karena iklim di Jepangh tentunya berbeda dengan di Indonesia. Selain itu, kamu juga

Dokumen Penting

Siswa harus membawa dokumen penting lainnya seperti transkrip nilai, hasil ujian bahasa Jepang, izin kerja (jika ada), berbagai tanda terima dan pembayaran sekolah, surat penerimaan, korespondensi dengan sekolah/institusi, dan lainnya. Dokumen tersebut dapat dibuatkan salinan dan diberikan kepada orang tua atau keluarga. Apabila dokumen tersebut hilang, siswa akan memiliki dokumen salinan/cadangan.

Uang Tunai

Kamu harus menyiapkan uang tunai dalam yen sesuai dengan kebutuhan selama di Jepang. Uang tersebut dipergunakan untuk pengeluaran seperti biaya transportasi, makanan, atau barang-barang lain yang dibutuhkan. Ketika tiba di Jepang, kamu harus membuka rekening di bank Jepang sehingga memungkinkan keluarga untuk mentransfer uang.

Suvenir

Kamu dapat menyiapkan suvernir kecil dengan khas Indonesia untuk diberikan kepada teman-teman bangsa lain atau orang Jepang. Meskipun tidak mahal, tetapi lebih berharga.

Persiapan Lainnya

  • Persiapan kesehatan

Persiapkan obat-obatan yang biasanya kamu gunakan, seperti obat sakit kepala, masuk angin, sakit gigi, dan lain sebagainya. Jika kamu tidak sehat atau mempunyai penyakit, sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Apabila ada obat yang harus diminum dalam jangka panjang, mintalah resep untuk obat tersebut agar bisa dibeli di Jepang. Mintalah sertifikat medis atau surat keterangan medis kepada dokter atau rumah sakit untuk obat yang digunakan. Periksalah kondisi gigi sebelum berangkat ke Jepang. Perlu diketahui bahwa biaya perawatan gigi di Jepang sangatlah mahal.