Meitoku Gijuku Senior High School

Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Credit : Jeducation

Sekolah Menengah Atas(SMA)  Meitoku Gijuku merupakan sekolah yang menajdi pilhan siswa internasional karena menyediakan berbagai program kursus bahasa Jepangnya. Didirikan pertama kali oleh Yukio Yoshida pada tahun 1973. Sekolah ini berlokasi di 160 Uranouchi, Susaki, Kochi 785-0174, Jepang.

Program

Credit : Studyinjapan.com

memiliki sejarah panjang dalam hal menerima siswa asing. Tahun 1976 adalah kali pertama sekolah ini kedatangan siswa dari Australia. Hingga saat ini, SMA Mitoku Gijuku sudah memiliki siswa yang berasal dari 17 negara dan daerah.

Pada tahun 1991, Meitoku Gijuku mendirikan kursus bahasa Jepang untuk siswa internasional tersebut. Tujuannya adalah untuk membantu para siswa internasional yang inigin memasuki universitas di Jepang. Nantinya mereka akan diberi latihan untuk menambah kemampuan berbahasa dan memahami kegiatan perkuliahan di universitas tersebut. 

Terdapat program yang dirancang khusus untuk jangka waktu dan kurikulum tertentu, yaitu

1. Jangka Panjang

  • Kursus dengan jangka waktu 3 Tahun & 4 Tahun

Untuk siswa yang baru memasuki tahun pertama sekolah menengah atas tersebut.

  • Kursus selama 3,5 Tahun

        6 bulan belajar bahasa Jepang intensif sebelum memasuki kursus 3 tahun

Masa studi intensif Jepang adalah selama satu tahun atau enam bulan. Tujuannya untuk memperoleh sertifikasi kelas 1 atau 2 dalam Tes Kecakapan Bahasa Jepang (JLPT) yang akan diikuti pada tahun kedua.

Nantinya para siswa juga akan mengikuti kursus Bahasa Inggris, Mandarin, Umum atau Lanjutan bersama dengan siswa Jepang, di mana kelas-kelas tersebut memiliki fokus utama untuk masuk universitas.

 Kursus 4 tahun sudah termasuk pertukaran 1 tahun di luar negeri (di negara yang menggunakan bahasa Inggris atau Cina). Selain itu, semua siswa dapat berpartisipasi bersama dengan siswa Jepang dalam berbagai kegiatan klub. Kursus-kursus ini telah dirancang khusus untuk siswa pertukaran dan siswa Jepang dari luar negeri yang membutuhkan pengajaran bahasa yang ditargetkan.

2. Jangka Pendek

  • Kursus 1 Tahun

Untuk siswa yang sudah memasuki tahun ketiga sekolah menengah atas

  • Kursus 1,5 Tahun

Untuk siswa yang sudah memasuki tahun kedua sekolah menengah atas

Siswa yang sedang memasuki tahun kedua atau ketiga dapat mengikuti program sekolah yang juga berfokus pada universitas. Program ini dirancang untuk memungkinkan para siswa memperoleh kemampuan bahasa Jepang praktis tingkat tinggi dalam waktu singkat.

Selain itu, siswa juga akan menerima instruksi khusus untuk membantu mereka memasuki universitas yang diinginkan. Siswa internasional yang mengikuti kursus 1,5 tahun dan ingin berpartisipasi dalam kegiatan klub juga tetap dapat melakukannya, bersama-sama dengan teman sekelas mereka di Jepang.

3. Kursus singkat untuk murid sekolah yang menjadi ‘saudara’

Kursus-kursus ini ditargetkan untuk siswa dari sekolah di luar negeri yang telah menjadi ‘saudara’ dari Meitoku Gijuku. Selain belajar dasar-dasar bahasa Jepang, siswa juga dapat memperdalam pengetahuan mereka tentang budaya Jepang melalui mempelajari upacara minum teh, kaligrafi, tembikar dan kegiatan budaya lainnya.

Berikut adalah daftar sekolah ‘saudara’ dari SMA Meitoku Gijuku :

  • Canada

Dakota Collegiate

  • Australia

Bunbury Cathedral Grammar School

Presbyterian Ladies’ College Sydney

The Armadale School

Mowbray College

Nazareth College

  • Taiwan

樹人医護管理専科学校

4. Sekolah Musim Panas Jepang

Kursus musim panas ini dilakukan selama 12 hari. Bertujuan untuk membantu para siswa untuk meningkatkan kemahiran bahasa Jepang mereka, mengalami budaya Jepang dan menikmati alam berlangsung dari pertengahan hingga akhir Juli di lingkungan belajar internasional, serta memberikan pelajaran akademik dan pendidikan tambahan. Sekolah musim panas ini tidak hanya terdiri dari pelajaran bahasa Jepang akademik saja, tetapi juga mencakup kegiatan alam menarik lainnya seperti menyusuri gua dan bermain kano di sungai.

5. Kursus Akademik Tingkat Lanjut

Kursus ini diberikan kepada siswa yang ingin mendalami Bahasa Inggris, Jepang, Matematika, Ilmu Pengetahuan dan Studi Sosial, dengan tujuan untuk memasuki perguruan tinggi negeri atau universitas favorit.

Dari lima mata pelajaran tesebut, tiga diantaranya juga dapat digunakan untuk mencoba di universitas swasta. Untuk universitas negeri, yang terpenting adalah memiliki pengetahuan dasar yang baik tentang semua mata pelajaran. Tidak ada orang yang pandai dalam segala hal, tetapi jika seseorang tersebut dapat bekerja keras maka mereka dapat memahami hal yang dianggap sulit tersebut.

Ada berbagai cara yang dilakukan untuk mendapat hasil maksimal dari program ini, yaitu

  • Memberikan Instruksi terperinci dalam Kelas Kecil

Untuk meningkatkan efisiensi dalam pembelajaran, kelas-kelas di Kursus Akademik Lanjutan dibatasi tidak lebih dari 30 siswa. Dengan cara itu, guru yang bertanggung jawab dapat mengetahui dengan baik kemampuan setiap siswa dan dapat membantu mereka jam demi jam dengan memberikan pelatihan substansial yang menekankan kebutuhan individu. Dalam tiga tahun, pelatihan diberikan oleh staf dengan tujuan lulus 70% dari tes Center. Tes akan diberikan sejak tahun pertama. Dimana hasilnya akan diperiksa dengan seteliti mungkin.

  • Pelajaran Terkonsentrasi Selama Liburan Sekolah

Selama Liburan Musim Panas, para siswa memiliki waktu yang berbeda untuk mengikuti program wajib untuk semua siswa di kursus akademik lanjutan ini. Siswa tahun pertama memiliki 10 hari, siswa tahun kedua dan ketiga akan memiliki 20 hari.

Mereka juga memiliki kesempatan satu minggu untuk kegiatan ini pada saat Liburan Musim Dingin dan Musim Semi. Siswa tahun pertama akan belajar bahasa Inggris, Jepang dan Matematika, sedangkan siswa tahun kedua dan ketiga akan mempelajari semua lima mata pelajaran.

  • Program Pertukaran Luar Negeri Jangka Pendek

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan perusahaan Jepang akan SDM yang menguasai bahasa secara global, sekolah ini pun mulai membuat kursus akademik dengan kelas percakapan Bahasa Inggris, yang langsung diajarkan oleh penutur asli Bahasa Inggris. Para siswa akan diwajibkan mengikuti tes standar kecakapan Bahasa Inggris.

Selain itu, pada tahun kedua mereka akan pergi ke Negara yang menggunakan Bahasa Inggris selama dua bulan untuk melatih kecakapan berbahasa Inggris mereka.

6. Kursus yang mengembangkan kemampuan akademik dan olahraga.

Bukan hanya dalam hal akademik saja, sekolah ini juga memperhatikan kompatibilitas siswa dalam hal olahraga. Maka dirancang program kursus yang menggabungkan kelas olahraga dengan kelas akademik. Tujuannya untuk memberi kepercayaan diri pada para siswa akan hal-hal yang mereka inginkan dengan seimbang.

7. Kursus Bahasa Inggris dan China

Bahasa Inggris dan Mandarin merupakan bahasa yang paling sering digunakan dalam aktivitas global perusahaan. Untuk membantu para siswa dalam memahami kedua bahasa tersebut, Meitoku Gijuku memberikan kursus bahasa inggris dan kursus bahasa china kepada para siswanya.

Kursus bahasa inggris akan berfokus untuk meningkatkan nilai TOEFL, TOEIC, dan STEP. Tujuannya untuk memaksimalkan kemampuan para siswa dalam menggunakan bahasa inggris. Salah satunya adalah dengan melakukan pertukaran pelajar selama setahun di Negara yang menggunakan bahasa inggris.

Sementara siswa yang mengikuti kursus bahasa china akan diajari secara langsung oleh instructor asal china. Pada tahun pertama sekolah menengah atas, siswa akan menerima pelatihan komprehensif dalam hal pengucapan. Mereka bisa mengambil enam kelas bahasa Cina per minggu. Diharapkan para siswa sudah dapat menguasai dasar-dasar dalam berbahasa mandarin sebelum sebelum dikirim untuk belajar di China.

Ekstra Kurikuler

Credit : Hudl

SMA Meitoku Gijuku memiliki eskul yang terbagi dalam dua bidang, yaitu seni dan olahraga.

 Di bidang seni terdapat eskul klub international, marching band, klub computer, klub taiko, klub seni, klub sains, klub budaya, dan klub belajar.

Sementara dari bidang olahraga terdapat eskul klub angkat beban, klub tenis meja, klub baseball, klub sumo, klub golf, klub voli putri, klub sepak bola, klub karate, klub kendo, klun judo, klub karate, klub tenis, klub atletik, dan lainnya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *