Sekolah Bahasa Jepang: Shinjuku Japanese Language Institute

Shinjuku Japanese Language Institute (SNG adalah singkatan dari Shinjuku Nihongo Gakko dalam bahasa Jepang) adalah yayasan pendidikan yang disahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Pemerintah Metropolitan Tokyo. Institut ini menawarkan kursus bahasa Jepang kepada lebih dari 500 siswa yang berasal dari lebih dari 50 negara di seluruh dunia. Para siswa telah memperoleh manfaat dari keahlian mengajar SNG selama 40 tahun terakhir.

Sekolah ini menerapkan Metode Pengajaran Ezoe, metode pembelajaran visual dan unik, yang disesuaikan untuk mengajar bahasa Jepang kepada orang asing. Dikombinasikan dengan sistem pembelajaran campuran “Visual Learning Japanese” (dibuat bekerja sama dengan NTT Communications), siswa dapat terus berlatih di rumah, sehingga mempelajari dasar-dasar bahasa Jepang lebih cepat.

Sekolah Bahasa Jepang: Shinjuku Japanese Language Institute, terletak di Takadanobaba, salah satu distrik pelajar terkemuka di Tokyo, berjarak 5 menit naik kereta ke Shinjuku, dan juga dekat dengan kota-kota besar seperti Harajuku dan Ikebukuro, menjadikannya kota yang sangat nyaman serta akses yang mudah. Terdapat toko serba ada dan restoran murah dekat sekolah.

KEUNGGULAN

  1. Menggunakan metode pengajaran bahasa Jepang yang mudah dipahamibagi siswa internasional.
  2. Menggunakan sistem pembelajaran bahasa Jepang digital inovatif (VLJ) sehingga siswa dapat mengakses pelajaran setiap waktu.
  3. Sekolah terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan Jepang.
  4. Mendukung siswa untuk berkarier sesuai dengan tujuan mereka serta konsultasi untuk pekerjaan dan masuk ke pascasarjana.
  5. Memiliki berbagai kegiatan sehingga siswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan mahasiswa Jepang.

Progam Bahasa Jepang Umum dan Lanjutan

Shinjuku Japanese Language School menawarkan berbagai kelas mulai dari kelas bahasa Jepang untuk pemula hingga lanjutan, bahasa Jepang bisnis, dan kelas pelatihan guru Jepang serta kursus khusus seperti persiapan JLPT untuk memenuhi kebutuhan masing-masing siswa.

Ekstrakulikuler

Pendakian Okutama/barbekyu, melihat bunga sakura, pelajaran ski, arisan dengan mahasiswa, menonton turnamen sumo, klub Iroha (kelas percakapan gratis), festival Bon, program homestay, menonton sepak bola, menonton kabuki, tur Tokyo DisneySea, tur musim gugur (memetik buah, stasiun ke-5 Gunung Fuji), kontes foto Instagram, dan lain-lain

Source: Jeducation.com
Source: Jeducation.com
Source: Jeducation.com

Tentang metode Ezoe

Institut Bahasa Jepang Shinjuku berbeda dari sekolah bahasa lain karena gaya pengajaran tersendiri. Disebut Metode Ezoe. Metode Ezoe menggunakan kartu dan isyarat untuk membantu siswa mempelajari tata bahasa Jepang dengan mudah dan cepat. Sejak SNG didirikan pada tahun 1975, Metode Ezoe ini telah dibuat. Sekarang, telah diajarkan selama lebih dari 40 tahun, metode pengajaran ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara, membaca, dan menulis bahasa Jepang bagi ratusan siswa internasional.

Source: https://www.sng.ac.jp/en/about/ezoe-method.html

Meskipun Metode Ezoe terutama digunakan untuk mengajar siswa internasional, kesederhanaan dan kesuksesannya telah menarik minat banyak orang. Ini juga telah digunakan di jenis sekolah lain, seperti sekolah dasar dan sekolah untuk anak-anak tunarungu di seluruh Jepang.

Ada berbagai kartu yang digunakan Metode Ezoe yang mewakili berbagai bagian ucapan (kata benda, kata kerja, partikel, dll.). Siswa diajari banyak cara di mana mereka dapat menyusun dan menyusun ulang kartu-kartu ini seperti Lego untuk membentuk kalimat yang benar secara tata bahasa. Selain kartu, Metode Ezoe menggunakan gerakan untuk mengingat konjugasi kata kerja.

Aspek lain yang berguna tentang Metode Ezoe adalah integrasinya yang mulus ke dalam teknologi. Shinjuku Japanese Language Institute bekerja sama dengan NTT Communications untuk membuat aplikasi tata bahasa dan kosakata untuk digunakan siswa sebelum, selama, dan setelah kelas untuk berlatih bahasa Jepang di mana pun mereka berada.

Aplikasi ini, yang disebut VLJ (“Pembelajaran Visual Jepang”), memungkinkan siswa untuk mencari hiragana, katakana, dan kanji apa pun, mencari bagian dari ucapan dan contoh mereka, menonton video yang berhubungan dengan karakter tersebut, dan banyak lagi. Siswa juga dapat memanfaatkan situs web yang berisi semua pelajaran dari kelas mereka dalam format video sehingga mereka dapat menonton atau menonton kembali apa yang telah mereka pelajari. Dengan instruksi Metode Ezoe yang dipelajari siswa di kelas, dikombinasikan dengan aplikasi dan situs web yang dapat mereka gunakan di luar kelas, teknik pembelajaran campuran ini telah merevolusi cara siswa kami belajar bahasa Jepang.


Wujudkan impian kamu untuk melanjutkan sekolah ke Jepang, kerja di Jepang, melanjutkan studi ke Jepang, S1 di Jepang, S2 di Jepang bersama Jeducation Indonesia. Hubungi kami melalui email
apply@jeducation.co.id atau whatsapp/tel: Afi: +62 812-9726-5232 / Nida: +62 812-1041-7571 untuk bisa berkonsultasi GRATIS dan bertanya seputar rencana studi kamu ke Jepang. Jangan lupa Follow juga akun Instagram Jeducation Indonesia di: @jeducation_indonesia

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *