Syarat Bekerja di Jepang

“Syarat utama bekerja di Jepang, adalah memiliki visa kerja. Cara mendapatkan kerja di Jepang dijelaskan dalam artikel ini”

Kerja sama antara Indonesia dan Jepang memiliki nilai tambahan, salah satunya adalah tersedianya lowongan kerja di perusahaan Jepang bagi warga Indonesia. Tidak sedikit perusahaan Jepang yang menawarkan lowongan, bahkan perusahaan besar Jepang pun mencari tenaga ahli dari Indonesia. Banyaknya lowongan kerja, berbanding terbalik dengan kurangnya informasi yang diperlukan seperti :

“Apa Syarat Bekerja di Jepang?”

Syarat utama untuk bekerja di Jepang tentu saja memiliki visa kerja di Jepang. Dibawah ini adalah berbagai macam visa kerja di Jepang yang bisa di peroleh oleh warga asing :

技能実習生
Technical Intern
特定活動ビザ
Visa Designated Activities
国際業務
International business
経営管理ビザ
Visa pengelolaan
特定技能2号
Visa Pekerja Berketerampilan Spesifik #2
特定技能1号
Visa Pekerja Berketrampilan Spesifik #1
専門士、高度専門士
Visa specialist and Advanced specialist
Ilustrasi Visa Jepang. FOTO/iStockphoto

Jenis visa kerja yang didapat oleh pekerja asing, disesuaikan dengan tingkat pendidikan pekerja, dan jenis pekerjaan yang mereka lamar. Sebagai contoh apabila siswa merupakan lulusan dari sekolah vokasi teknik, maka mereka dapat bekerja di Jepang dengan visa Specialist, atau visa Advanced Specialist.

Untuk mendapatkan izin bekerja di Jepang, tentunya calon pekerja harus sudah lulus dari jenjang pendidikan (SMA/SMK, Sekolah vokasi, S1, dan sebagainya). Selain itu hal yang harus dilakukan adalah:

1. Belajar Bahasa Jepang

          Ketika bekerja di perusahaan Jepang, atasan dan rekan kerja merupakan orang Jepang. Jadi hal utama yang terpenting adalah belajar bahasa Jepang.  Belajar bahasa Jepang dibutuhkan untuk dapat memahami pekerjaan dan memahami apa yang disampaikan oleh rekan/atasan, serta pelanggan. Diperlukan level kemampuan bahasa Jepang yang cukup untuk bekerja di perusahaan Jepang, ada beberapa tes kemampuan bahasa Jepang yang dapat diikuti oleh calon pekerja:

  1. Tes JLPT level N2 atau N1 (https://jlptonline.or.id/)
  2. Tes BJT (Business Japanese Proficiency Test) (https://www.kanken.or.jp/bjt/english/)

Jika kalian belum memiliki kemampuan bahasa Jepang yang mencukupi untuk bekerja di Jepang, kalian bisa belajar bahasa Jepang di sekolah bahasa Jepang (https://jeducation.co.id/daftar-sekolah-bahasa-jepang/). Sekolah bahasa Jepang memiliki berbagai macam program, salah satunya adalah program untuk calon pekerja yang ingin bekerja di Jepang. Program ini mengajarkan kalian bahasa Jepang umum dan bahasa Jepang bisnis. Lalu akan ada pembelajaran mengenai latihan membuat CV (Curriculum Vitae), latihan wawancara dan sebagainya.

Apabila kalian sedang bekerja di perusahaan Indonesia sehingga tidak memiliki waktu untuk sekolah di Jepang, kalian bisa kursus bahasa Jepang secara online maupun offline. Sangat disarankan untuk kursus bahasa Jepang langsung oleh native speaker (https://jeducation.co.id/kursus-online-bahasa-jepang/). Karena selain kemampuan bahasa Jepang kalian akan berkembang sangat pesat, guru-guru native dapat membenarkan cara pelafalan siswanya.

Dengan belajar bahasa Jepang, selain dapat diterima di perusahaan Jepang, kalian akan mendapatkan gaji sesuai dengan kemampuan bahasa yang dimiliki.

2. Mendaftar di Perusahaan Jepang

Tentunya, untuk mendapatkan visa kerja, kalian harus mendaftar di perusahaan Jepang. Di Indonesia banyak sekali perusahaan-perusahaan Jepang yang menawarkan pekerjaan baik di Indonesia maupun di Jepang, kamu bisa mencari informasi lowongan pekerjaan melalui website-website resmi perusahaan tersebut. Selain melalui website resmi perusahaan, kamu juga bisa mencari informasi perusahaan Jepang yang membuka lowongan kerja di perusahaan-perusahaan penyalur tenaga kerja Indonesia. Perusahaan-perusahaan ini juga dapat membantu kamu untuk proses pendaftaran ke perusahaan.

3.Magang di Perusahaan Jepang

Selain mendapatkan pengalaman bekerja di perusahaan Jepang, setelah selesai magang, tidak sedikit perusahaan Jepang yang menawarkan pekerjaan sebagai staf tetap di perusahaan mereka. Magang di perusahaan Jepang ini merupakan hal yang dapat menjadikan batu loncatan untuk bekerja di Jepang.

Itulah informasi seputar kerja di Jepang yang dapat menjawab pertanyaan dari masyarakat Indonesia. Untuk bisa bekerja di Jepang maka seseorang perlu memenuhi syarat kerja di Jepang dan bisa menyesuaikan diri dengan budaya kerja masyarakat setempat tentunya.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *