Yokohama Design College

Credit: Yokohama Design College

Alamat   : 33220-0051 1-33-6, Chuo, Nishi-ku, Yokohama-shi, Kanagawa

Telepon : 045-323-0300

Website: https://www.jpn.ydc.ac.jp/

Tentang Yokohama Design College

Sebagai sekolah bahasa Jepang, Yokohama Design College menyediakan instruksi dengan cara yang tepat melalui bahasa Jepang. Yokohama Design College juga mendukung para siswa yang mencari pekerjaan dan mengembangkan kemampuan berbahasa Jepang yang sederhana untuk bekerja.

Belajar di Yokohama Design College dan jadilah sumber daya yang diminati masyarakat.

Dengan adanya globalisasi, Yokohama Design College menargetkan untuk pengembangan kemampuan berbahasa Jepang yang dibutuhkan untuk pekerjaan dan kehidupan nyata, serta meningkatkan kebudayaan dengan mempromosikan bahasa Jepang kepada siswa internasional.

Melalui kelas yang mudah dimengerti dan bimbingan yang mendetil, Yokohama Design College menyelenggarakan pendidikan yang memenuhi kebutuhan masing-masing individu. Bagi siswa yang belajar untuk masuk universitas, pascasarjana dan sekolah vokasi, Yokohama Design College mengajarkan empat kecakapan bahasa: membaca, menulis, berbicara dan mendengar, serta persiapan EJU (Examination for Japanese University) dan tes profisiensi.

Yokohama Design College juga menyediakan dukungan karir untuk siswa yang ingin mendapatkan pekerjaan, dan melatih mereka untuk berbicara bahasa Jepang agar mereka dapat bekerja dengan nyaman.

Untuk mempelajari kebudayaan Jepang dan sejarahnya melalui bahasa Jepang, serta menambah penggemar bahasa Jepang, Yokohama Design College akan menyelenggarakan bimbingan pendidikan dengan tepat. Kelas seperti kanji dan non-kanji akan dibagi menjadi kelas-kelas yang fokus ke kanji dan percakapan.

Yokohama Design College menggunakan metode pengajaran sendiri yaitu dengan menggunakan teknik belajar aktif untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, berbicara dan mendengar dengan tata krama yang sesuai.

Lingkungan Yokohama Design College

“Lingkungan menjadikan seseorang”. Ini pepatah yang benar. Bahkan jika kita memiliki mimpi yang besar dan penuh motivasi, kita tidak bisa membuat lompatan besar jika tidak memiliki lingkungan dan fasilitas yang mendukungnya.

Yokohama Design College memiliki beragam lingkungan dan fasilitas yang kaya agar menstimulasi  kreatifitas dan mendukung produktifitas.

Ruang kelas

Credit: Yokohama Design College

Ini adalah ruang kelas dimana siswa bisa melatih produksi ringan sebagai praktek dari kuliah reguler di kelas tersebut. Dengan ruang kelas yang cerah dan luas, kelas workshop dan presentasi juga bisa dilakukan menggunakan proyektor dengan menyusun ulang meja-meja.

Lounge/teras

Credit: Yokohama Design College

Terdapat lounge dan teras terbuka di ruangan sebagai tempat untuk guru, pengajar dan siswa berinteraksi. Para siswa bisa menggunakannya sebagai tempat untuk belajar mandiri di luar jam kelas, dan tempat untuk makan siang serta berkumpul.

Ruang komputer

Credit: Yokohama Design College

Ruangan latihan digital dengan workstation. Ruang ini juga memiliki beragam perangkat lunak profesional yang bisa digunakan untuk kelas menggambar menggunakan tablet dan kelas desain grafis, sehingga siswa dapat belajar mandiri setelah sekolah.

Ruang menggambar

Credit: Yokohama Design College

Ini adalah ruangan untuk banyak kelas-kelas seni yang diselenggarakan Akademi. Di ruang kelas berwarna putih dan terang ini, siswa dapat relax dan menggambar sketsa. Setelah sekolah, biasanya di ruang ini terdapat seminar untuk karya-karya seni menakjubkan.

Ruang berlatih manga

Credit: Yokohama Design College

Ini adalah tempat dimana siswa bisa membenamkan diri mereka dengan tekun karena adanya satu meja untuk satu orang yang dipisahkan oleh partisi. Ada banyak majalah dan manga sebagai bahan referensi yang memotivasi siswa untuk belajar.

Ruang menjahit

Credit: Yokohama Design College

Dilengkapi dengan mesin press dan meja kerja yang luas, termasuk mesin jahit industri yang sangat diperlukan untuk belajar menjahit skala besar, ruangan ini dapat membantu siswa menunjukkan hasil kerja konsisten mereka dari mulai membuat pola hingga menjahit.

Program Bahasa Jepang

1. Kursus Bahasa Jepang

Kursus Bahasa Jepang Yokohama Design College merupakan perguruan tinggi pelatihan profesional independen. Memanfaatkan posisinya yang unik ini, Yokohama Design College menyelenggarakan pendidikan grup kecil yang efektif untuk merencanakan target masing-masing siswa.

Apakah ini pertama kali belajar bahasa Jepang? Ingin mengambil kelas yang paling sesuai dengan tingkatan anda? Ingin belajar untuk waktu yang lama atau singkat? Tentukan sendiri gaya belajar yang diinginkan.

Program persiapan masuk universitas di YDC terdiri dari program dua tahun dan program satu tahun, yang dimulai tiap April. Sedangkan untuk program 1.5 tahun dimulai tiap Oktober. Memilih program yang cocok untuk anda sangat penting untuk menguasai bahasa Jepang.

Tertarik untuk sekolah di Jepang? Ingin bekerja di Jepang atau perusahaan Jepang di negara lain? Mari wujudkan mimpi dengan investasikan waktu dan mengambil langkah pasti untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang.

Kurikulum
BasicElementaryIntermediatePre-AdvancedAdvanced
N5N4N3N2N1
Buku teks umum: Minna no Nihongo Shokyu I Dekiru Nihongo Beginner Buku teks umum: Minna no Nihongo Shokyu II, Dekiru Nihongo Beginner Intermediate Buku teks umum: Chuukyuu E Ikou (Journey to Intermediate Japanese) Buku teks umum: TOBIRA: Gateway to Advanced Japanese Buku teks umum: Images of Japan, real-life materials, and other subjects
Konten: Membaca, mendengar, komposisi, Kanji, dan pelajaran lain Konten: Membaca, mendengar, komposisi, Kanji, dan pelajaran lain Konten: Membaca, mendengar, komposisi, Kanji, dan pelajaran lain Konten: Tata bahasa, kosakata, Kanji, membaca, mendengar, menulis, dan pelajaran lain Konten: Tata bahasa, kosakata, Kanji, membaca, mendengar dan menulis
Tujuan: Untuk mengaplikasikan pengetahuan melalui pengajaran berproses. Juga melatih siswa, terutama melalui beragam aktifitas, untuk belajar secara mandiri mulai dari level Basic/Dasar.Tujuan: Untuk mengaplikasikan pengetahuan melalui pengajaran berproses. Juga melatih siswa, terutama melalui beragam aktifitas, untuk belajar secara mandiri mulai dari level Basic/Dasar.Tujuan: Berfungsi sebagai transisi ke tingkat pra-mahir. Setara dengan tingkat N3. Tujuan: Untuk memperdalam pemahaman mengenai Jepang, sebagai tambahan empat keterampilan berbahasa dan juga menambah pengetahuan dasar mengenai beragam subjek terkait dengan Jepang.Tujuan: Untuk memperoleh keterampilan untuk mendiskusikan Jepang dan dunia berdasarkan pengetahuan yang sudah diperdalam mengenai Jepang.

2. Program jangka pendek

Yokohama Design College menawarkan pendidikan bahasa Jepang kepada siswa non-Jepang yang memiliki status tinggal lebih daripada “pelajar”. Program tersebut termasuk program jangka pendek ini, dimana siswa bisa belajar di kelas yang sama dengan siswa internasional, private dan semi-private. Silakan hubungi kontak yang tersedia untuk info lebih lanjut.

Program ini dimulai pada April dan Oktober. Meski begitu, siswa dapat memulai di pertengahan semester jika sudah ada program yang sesuai untuk tingkatnya.

Credit: Yokohama Design College

Tingkatan programPemula, Menengah, Mahir
KontenBeberapa kelas fokus pada percakapan dan pelajaran kanji. Beberapa kelas lainnya fokus pada persiapan tes JLPT.
Jadwal kelasSenin-Jumat

Proses Penerimaan

  • Pelamar harus sudah menyelesaikan 12 tahun pendidikan di sekolah reguler atau akan menyelesaikan pendidikan pada akhir tahun akademik di negara selain Jepang
  • Pelamar harus menyelesaikan program di negara selain Jepang agar memenuhi persyaratan untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti universitas
  • Harap mengirimkan dokumen lamaran via EMS atau menggunakan layanan kurir besar seperti OCS, DHL dan TNT. Pastikan semua dokumen lengkap. Lamaran mungkin ditolak jika tidak lengkap atau ada informasi yang hilang.

Langkah yang harus ditempuh, mulai dari mendaftar ke Akademi hingga mendapatkan visa:

  1. Memasukkan aplikasi ke Yokohama Design College
  2. Wawancara dan screening
  3. Pengumuman penerimaan/penolakan
  4. Pembayaran biaya screening (25.000 yen)
  5. Penerbitan konfirmasi pendaftaran dan aplikasi untuk masuk ke Jepang di Kantor Imigrasi Yokohama
  6. Pengumuman keterangan kelayakan
  7. Pembayaran biaya masuk, biaya pendidikan dan lain-lain ke Yokohama Design College
  8. Penerimaan keterangan kelayakan dari Yokohama Design College ke pelamar
  9. Melamar visa pelajar dengan surat keterangan kelayakan
  10. Tiba di Jepang dan mengikuti kelas di Yokohama Design College

Jadwal Program

Program 2 tahunProgram 1.5 tahunProgram 1 tahunProgram jangka pendek
Program dimulai pada: AprilProgram dimulai pada: OktoberProgram dimulai pada: April atau OktoberProgram dimulai pada: Kapan saja (Beberapa siswa mungkin tidak diterima, tergantung tingkat kemahiran bahasa Jepang mereka)
Jadwal program: April 2019 – Maret 2021Jadwal program:Oktober 2019 – Maret 2021Jadwal program: April 2019 – Maret 2020 atau Oktober 2019 – September 2020Jadwal program: 1 – 6 bulan

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *