Yono Gakuin Japanese Language School

Credit: Youtube/Yono Gakuen E Class

Lokasi: 4-78 Yoshiki-cho, Omiya-ku, Kota Saitama, Saitama

Telepon: 048-647-2500

Fax: 048-647-2500

E-mail: info@yono-gakuin.co.jp

Website: yono-gakuin.co.jp

Jam Operasional:

  • Senin – Jumat: 09:00 – 17:30
  • Sabtu – Minggu: Tutup

Yono Gakuin Japanese Language School memiliki sejarah panjang sejak didirikan pada tahun 1988, dan berhubungan erat dengan komunitas lokal. Dengan segala cara, pelajari tentang kebaikan Jepang melalui sekolah ini dan area ini, dan nikmati kehidupan sehari-hari yang mengasyikkan sambil menemukan kembali kebaikan negara Anda sendiri dari budaya Jepang yang berbeda.

Terhitung hingga bulan April 2018, Yono Gakuin memiliki siswa internasional yang berasal dari beberapa Negara, di antaranya Prancis, Italia, Hongaria, Rusia, Kenya, Ghana, Cina, Thailand, Vietnam, Filipina, India, Indonesia, Nepal, Korea, Taiwan, dan Mongolia.

Sejarah

Yono Gakuin Japanese Language School didirkan pada Mei 1988. Awalnya sekolah ini hanya menampung sekitar 99 siswa saja. Lalu pada bulan Desember di tahun yang sama, Yono Gakuin menjadi anggota Foreign Student Acceptance Organization Council dengan nomor keanggotaan 201.

Pada rentang waktu dari bulan Februari 1990 sampai September 1992, Yono Gakuin berhasil disertifikasi oleh Asosiasi Promosi Pendidikan Bahasa Jepang dengan nomor keanggotaan A158. Kapasitas siswa di sekolah ini pun bertambah menjadi 144 siswa.

Bulan April 1988, Yono Gakuin diakui oleh agen aplikasi Kementerian Kehakiman dengan nomor sertifikasi Biro Imigrasi Tokyo: Togaku 92-02. Setelahnya, hingga tahun 2005, sekolah ini menambah kapasitas siswanya menjadi 192 kursi.

Pada bulan Desember tahun 2007, Yono Gakuin pun dipindahkan ke bangunan sekarang. Kapasitas siswanya pun terus bertambah. Hingga tahun 2018, sekolah ini memiliki kapasitas hingga mencapai 340 siswa.

Akses

Yono Gakuin Japanese Language School terletak di Omiya-ku, Kota Saitama, Saitama.  Berjarak sekitar 30 menit dengan kereta dari pusat Tokyo. Stasiun terdekat adalah Stasiun Saitama Shintoshin di Jalur JR Keihin Tohoku, Jalur Takasaki, dan Jalur Utsunomiya, berjarak 7 menit berjalan kaki. Selain itu juga berjarak sekitar 13-15 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Omiya. Meskipun mudah untuk sampai ke pusat kota, harga di sekitar sekolah relatif murah dan tenang, menjadikannya tempat yang baik untuk belajar dan tinggal.

Lingkungan Sekolah

Credit: Facebook/@yonogakuin

Saitama terkenal akan suasana alamnya yang bisa membuat para siswa nyaman. Selain itu, ada beberapa hal yang membuat lingkungan sekolah Yono Gakuin menjadi favorit para siswa, yaitu:

1. Kuil Hikawa

Di dekat bangunan Yono Gakuin terdapat sebuah kuil bernama Kuil Hikawa. Kuil Hikawa merupakan salah satu kuil paling terkenal di Jepang dengan sejarah selama 2400 tahun. Anda bisa merasakan tradisi Jepang yang kental di sini. Jika Anda berkunjung di akhir pekan, Anda juga dapat melihat pernikahan gaya Jepang tradisional. Selain sekolah, ada pendekatan kuil yang berlangsung sekitar 2 km. Anda berjalan di sepanjang jalan ini, hati Anda akan seperti tersucikan dan membuat Anda ingin melakukan sesuatu sebaik mungkin.

2. Hiruk Pikuk Perkotaan

Di dekat stasiun, Anda akan menemukan berbagai area perbelanjaan yang sibuk dengan restoran dan pub. Artinya banyak pekerjaan paruh waktu tersedia di dekat sini. Ada pula berbagai pakaian modis dan aneka barang di gedung mode yang disebut Arche. Harga barang-barang di sini tidak mahal, loh.

3. Beristirahat di Kota Baru

Saitama Shintoshin terdiri dari Saitama Super Arena, area konser dan pusat perbelanjaan lainnya. Termasuk pusat perbelanjaan kompleks di mana Anda dapat menikmati berbagai film dan berbelanja. Seluruh kota dirancang dalam harmoni, dan alun-alun zelkova yang dibuat di ruang tanah di atas memberikan pemandangan yang tenang ke ruang kota.

4. Lingkungan Sekolah yang Membuat Nyaman

Yono Gakuen terletak agak jauh dari pusat kota Tokyo. Terdapat beberapa daerah perumahan menyebar agak jauh dari stasiun. Karena itu, siswa yang rumahnya dekat akan bersepeda ke sekolah. Pemandangan tenang dari area perumahan akan menenangkan hati mereka yang lelah belajar dan bekerja paruh waktu.

Metode Pembelajaran

Credit: Facebook/@yonogakuin

Yono Gakuin Japanese Lnguage School akan membantu meningkatkan kesadaran Anda dengan mengikuti Tes Kecakapan Bahasa Jepang, yang penting untuk melanjutkan ke universitas, dan Ujian Masuk Universitas Jepang untuk Siswa Internasional. Ada berbagai metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas, yaitu:

1. Meningkatkan keterampilan

Kegiatan yang dilakukan di kelas harus jelas. Baik itu kegiatan yang dilakukan sendiri, dan bersama-sama di kelas. Dengan begitu, rasio keterampilan berbicara dan mendengarkan para siswa akan semakin meningkat

2. Mencapai level target

Tiap kelas selalu diusahakan agar para siswa bisa mengalami kemajuan secara konstan. Jadi,  jika Anda mengikuti kelas, pasti akan mencapai level target tertentu yang telah ditentukan

3. Menerapkan yang sudah dipelajari

Persiapan ⇒ pelajaran ⇒ pekerjaan rumah + review ⇒ review di kelas ⇒ tes. Dengan begitu, Anda dapat terus menerapkan apa yang telah dipelajari di sekolah

4. Guru berbeda

Di sekolah ini, para siswa akan mendapat empat kelas per hari. Di mana tiap dua kelas akan diajarkan oleh guru yang berbeda. Tujuannya adalah untuk terus membuat kemajuan dalam hal pelajaran di kelas.

 5. Mengajar empat kali seminggu

da aturan umum di Yono Gakuin. DI mana para guru kelas harus bertanggung jawab atas pelajaran dan kehidupan pribadai para siswa dengan mengajar setidaknya empat kali seminggu.

6. Pelajaran kanji tambahan

Yano Gakuin memberikan pelajaran kanji tambahan tiap harinya bagi siswa non-kanji. Tujuannya adalah untuk memperkuat kemampuan menulis kanji mereka, agar bisa seimbang dengan kemampuan lainnya. Selain membantu siswa non-kanji, hal ini juga member manfaat bagi siswa kanji. Di mana mereka tetap bisa mendapatkan lingkungan multinasional dalam proses pembelajaran.

7. Pekerjaan rumah

Kemampuan bahasa Jepang Anda tidak akan cukup meningkat hanya dengan belajar di sekolah. Karena pertumbuhan bahasa Jepang akan selalu berubah. Tergantung seberapa efisien dan mandiri pembelajaran yang dimungkinkan.

Pada tingkat dasar, Yono Gakuin menggunakan aplikasi untuk menyelesaikan pekerjaan rumah dan kosa kata kanji. Sementara untuk tingkat menengah dan seterusnya, akan diberikan pekerjaan rumah yang setara dengan 8 problem books per tahun.

Dukungan Kuliah dan Kerja

Credit: Facebook/@yonogakuin

Yono Gakuin Japanese Language School akan mendukung para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan di Jepang. Anda bisa mendapat dukungan untuk berkonsultasi dengan sekolah yang diminati, panduan tentang dokumen aplikasi yang harus disiapkan, hingga simulasi wawancara.

Sementara bagi mereka yang telah lulus dari universitas empat tahun di negara asalnya dan memperoleh JLPT N1 atau N2, dapat lanjut mencari pekerjaan di Jepang. Yono Gakuin secara komprehensif akan menganalisis status tempat tinggal, jurusan di negara asal Anda, kebutuhan sumber daya manusia di Jepang, kepribadian, kesesuaian, dan lainnya untuk membantu mereka yang ingin bekerja di Jepang.

Nantinya pihak sekolah akan menjelaskan bagaimana cara  mereka bisa mendapatkan pekerjaan serta apa yang harus dilakukan jika mereka gagal di suatu tempat.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *