ECC College of Computer & Multimedia

Credit: studyjapan

Alamat: 2-3-35 Nakazaki-Nishi, Kita-ku, Osaka-shi, Osaka 530-0015, Japan
Telepon: 06-6372-1510
Fax: 06-6372-1544
Email: is-office@ecc.ac.jp
Website: http://global.ecc.ac.jp/

Education Corporation Yamaguchi Gakuen ECC College of Computer and Multimedia atau biasa disebut ECC College of Computer & Multimedia merupakan sekolah pelatihan profesional yang terletak di Osaka. Di sini Anda akan dilatih untuk menjadi ahli dalam bidang game, IT, atau profesional CG, web, dan lainnya.

Saat ini, banyak siswa Jepang dan internasional yang bekerja dalam industry game dan CG. Karena banyak lulusan (mahasiswa Jepang dan internasional) bekerja di lini depan teknologi baru inilah, sekolah akhrinya memperoleh kepercayaan dari berbagai perusahaan berpengaruh. Banyak tawaran pekerjaan juga dikirim ke sekolah. Sekolah juga memiliki reputasi yang baik untuk menawarkan kesempatan memilih sebuah perusahaan kepada para siswa yang disesuaikan dengan kepribadian masing-masing.

Selain menawarkan pelatihan kerja individu termasuk bimbingan wawancara, saran tentang bagaimana menulis resume, dan 1-ke-1 dukungan ekstensif, ada juga sistem magang di mana para siswa diberi kesempatan untuk menemukan keterampilan dan skill yang diperlukan dengan mengambil bagian dalam pengalaman kerja dengan perusahaan telah bekerja sama. Terdapat lebih dari 310 perusahaan IT, game dan desain,  di mana siswa bisa memperoleh informasi mengenai pilihan perusahaan tersebut di kampus.

Bagi siswa yang bertujuan untuk bekerja untuk permainan dan industri IT, diperlukan ‘ keterampilan pemrograman ‘ persyaratan yang ditetapkan sebagai subjek inti oleh ECC College of Computer & multimedia. Mata pelajaran inti seperti bahasa pemrograman C, C++, JAVA dan VB akan diajarkan di kelas kecil yang isinya tidak lebih dari 15-20 siswa.

Setiap siswa akan mendapat pelajaran percakapan bahasa Inggris seminggu sekali. Siswa akan belajar sesuai dengan tingkatannya sementara seluruh guru akan berbicara bilingual, bahasa Inggris dan Jepang.

Fitur Sekolah

Ada beberapa fitur yang diberikan oleh ECC College of Computer & Multimedia, yaitu:

1. Laptop gratis

Tidak memiliki laptop sendiri bisa membuat kemajuan Anda menjadi terhambat. Oleh karena itu, ECC menyediakan laptop dengan spec tinggi bagi setiap siswa. Hal ini memungkinkan mereka untuk bekerja sesuai keinginan mereka sendiri kapanpun dan dimanapun. Manfaat lainnya adalah mereka tidak perlu menyimpan pekerjaan mereka ke perangkat eksternal selama pelajaran. Laptop ini sudah diinstal dengan perangkat lunak seperti Word dan Excel. Laptop ini disewakan kepada siswa selama beberapa waktu tertentu dan akan diberikan sebagai hadiah saat mereka wisuda nantinya.

Berikut adalah spesifikasi dari laptop yang diberikan

1. HP ZBook Studio G3 Mobile Workstation (Game・Creative College)

【CPU】Corei7
【Memory】8GB
【Video Card】NVIDIA Quadro M1000M
【Monitor】15.6 HD
【HDD】SSD 256GB
【Drive】None
【Wireless Protocol】802.11a/b/g/n
【Size】375×255×18(mm
【Weight】2.0Kg

2. HP ProBook 450G3/CT (IT College)

【CPU】Corei5
【Memory】8GB
【Video Card】None
【Monitor】15.6 HD
【HDD】SSD 256GB
【Drive】Super Multi
【Wireless Protocol】802.11a/b/g/n
【Size】375×255×23(mm
【Weight】2.4Kg

2. Sistem 2 semester serta kursus intensif selama musim dingin dan musim panas

Liburan musim semi dan musim panas akan memberikan kesempatan besar untuk sebuah pekerjaan yang intensif. Oleh karena itu, ECC menawarkan “kursus insentif musim semi & musim panas” yang memberikan kesempatan untuk menangani jenis pekerjaan yang seharusnya sulit untuk dilakukan dalam kegiatan pembelajaran biasa.

Ada banyak proyek yang menarik, seperti tugas produksi oleh tim yang diambil dari kelompok kursus dan tahun yang berbeda, dan proyek desain berdasarkan singkat dari bisnis yang sebenarnya! Ini akan memastikan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam jangka waktu yang singkat. ECC juga mengadopsi “sistem dua semester”, yang berarti mencakup satu mata pelajaran dalam satu semester kemudian memeriksa kemajuan pemahaman siswa akan pelajaran tersebut.

3. Kelas dalam jumlah kecil berdasarkan kemampuan masing-masing siswa

Keterampilan pemrograman sangat penting untuk permainan dan industri IT. Namun, tingkat keterampilan ini sangat tergantung pada individu. Sementara banyak siswa mulai belajar pemrograman di sekolah tinggi dalam beberapa tahun terakhir, juga benar bahwa banyak yang masih datang ke perguruan tinggi tanpa pengalaman dalam pemrograman.

Untuk alasan ini, di ECC, pemrograman ditempatkan sebagai subjek inti. Di mana ECC menjalankan kelas kecil yang menampung maksimal 15-20 siswa sesuai dengan kemampuan mereka. Hal ini dipercaya dapat memberikan kesempatan untuk perbaikan pada kekurangan kemampuan mereka. Ukuran kelas kecil juga bertujuan untuk mempererat ikatan antara guru dan siswa, sehingga memudahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan.

Program Kursus

Credit: ECC

Untuk mengembangkan minat dan bakat para siswa, ECC memberikan berbagai program kursus sebagai berikut:

1. Game Creative College
  • Kursus 4 Tahun
    – Game Development Expert Course (Game Programming, Game CG, Game Planning)
  • Kursus 3 Tahun
    – Game Programme Development Course
    – CG Design Course (Game Character Design, 3DCG)
    – Game Planning Development Course
2. IT College
  • Kursus 4 Tahun
    – IT Development Expert Course
  • Kursus 3 Tahun
    – IT Development and Research Course
    – Web Design Course
  • Kursus 2 Tahun
    – System Engineering Course
    – IT Business Support Course

Fasilitas

Credit: ECC

ECC memiliki berbagai fasilitas yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan dalam proses belajar serta menyediakan lingkungan yang sama seperti pencipta profesional akan bekerja.  Para siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan mereka dapat segera dipraktekkan ketika mereka bekerja di kemudian hari.

  • Game Lab

Lantai 4 gedung 1 terdapat “game Lab” yang memiliki lingkungan produksi yang cocok dengan perusahaan game besar. Termasuk di antaranya ruang produksi CG dengan banyak mesin spec tinggi, ruang pelatihan pemrograman, serta ruang pertemuan. Di sini siswa dapat bersikap seolah-olah mereka adalah creator profesional yang sebenarnya.

  • Cyber Room

Ruang pengembangan sistem ini dilengkapi dengan PC spec tinggi dan ruang pengembangan jaringan memiliki router High End, sama seperti yang digunakan oleh para profesional di tempat kerja. Siswa dapat memanfaatkan fasilitas canggih ini dan fokus pada pekerjaan pengembangan mereka.

  • Powder Room

Sekolah ini memiliki ruang ganti yang bersih dan nyaman untuk siswa perempuan yaitu ‘make-up Space’. Mereka dapat menggunakannya sesuai keperluan, mulai dari mengganti pakaian dengan pakaian yang tepat untuk wawancara kerja, untuk berdandan dalam kostum Halloween!

  • Macintosh Training Room

ECC memiliki iMac 36 untuk memberikan lingkungan kerja yang sama dengan para Kreator profesional. Mesin dipasang dengan perangkat lunak terbaru seperti yang digunakan oleh ahli garis depan, yang memungkinkan para siswa untuk menghasilkan CG tingkat tinggi.

  • Web Training Room

ECC mempunyai ruang pelatihan keren dengan nuansa seperti di Co-Working trendi. Terdapat fitur dinding papan tulis di mana siswa dapat bekerja di ruang seperti yang terlihat di kantor desain yang sebenarnya.

  • Game Development Training Room

Ruangan ini dilengkapi dengan PC spec tinggi yang mampu menangani pengembangan program game 3D berkualitas tinggi. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas kerja serta mengurangi stres dalam pekerjaan produksi.

  • Core Programming Room

Ini adalah ruang kelas khusus yang dirancang untuk “CORE subject ability based lessons”, yang diadakan dalam jumlah kecil (maks. 15-20 siswa), membantu untuk menghilangkan hambatan antara siswa dan guru, sehingga memastikan bahwa siswa meningkatkan keterampilan mereka.

  • New CG Training Room

ECC telah menciptakan sebuah lingkungan kerja CG sesuai tingkat profesional dengan menginstal PC spec tinggi. Selain itu, ECC juga telah memperkenalkan tiga Farm render dengan kecepatan tinggi, sehingga memungkinkan bagi siswa untuk mengedit karya grafis mereka tanpa stress.

  • Open Training Room

Ruangan ini, dengan berbagai keras dan perangkat lunak, terletak di lantai atas dan perintah pemandangan besar. Banyak siswa mengambil keuntungan dari kamar ini karena buka setiap hari sampai 20:00.

  • 3D CG Training Room

Semua mesin di sini memiliki perangkat lunak yang sudah terinstal 3D CG. Banyak siswa dapat dilihat belajar di sini karena ruangan ini tetap dibuka setelah pelajaran selesai.

  • Multimedia Workshop

Ruang kreatif ini memiliki berbagai perangkat lunak terbaru, sekaligus menyediakan tempat bagi siswa untuk menghasilkan karya canggih, termasuk pengeditan film, 2D dan 3D CG, serta game PC.

  • Game Gallery

Siswa dapat belajar bahasa Inggris sambil bersenang-senang dengan bermain game bersama guru game dari Australia. Terdapat lebih dari 100 permainan yang telah diproduksi oleh lulusan ECC yang dipamerkan di sini.

  • Drawing Room

Di ruangan ini, siswa ditantang untuk meningkatkan kemampuan pengamatan dan konsentrasi dengan melihat bentuk dan warna objek dari berbagai sudut, yang menuntun mereka untuk mengembangka kemampuan serta menerjemahkan ide asli mereka dalam desain karakter.

  • Filming Studio

Ruangan ini digunakan untuk kurikulum yang melibatkan CG dan desain. Berbagai peralatan yang ada di sini memungkinkan siswa untuk menggabungkan gambar CG dengan kehidupan nyata difilmkan gambar.

  • Rest Room

Ini adalah ruang yang populer di mana siswa dapat bersantai dan mengobrol selama waktu makan siang dan minum teh.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *