Melanjutkan Kuliah di Jepang, Kenapa Tidak?

Credit: Indonesiamengglobal.com

Dekade sudah berganti. Begitu pula dengan tahun ajaran sekolah. Tinggal menghitung bulan, tahun ajaran baru akan segera tiba. Artinya akan ada yang datang dan pergi. Iya, hampir Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh Indonesia akan memulai persiapan untuk penerimaan siswa baru. Begitu pula dengan perayaan kelulusan dan perpisahan siswa lama.

Perasaan senang, sedih, gembira, bingung akan dirasakan oleh siswa yang sedang menunggu kelulusan. Perasaan senang dan gembira karena telah melewati masa-masa sekolah yang dirasa berat bagi mereka, akan bercampur perasaan sedih akan berpisah dari teman-teman tercinta dan karena harus mengakhiri berbagai asam,manis, pahitnya kisah-kisah di sekolah. Ditambah lagi dengan kebingungan tentang masa depan mereka.

Layanan terbaru Jeducation: Kursus Online Bahasa Jepang Bersama Orang Jepang

Apa yang akan dilakukan setelah lulus sekolah nanti? Akan melanjutkan kuliah, langsung bekerja, atau bekerja dahulu baru kuliah? Semua pertanyaan itu seperti menghantui pikiran para remaja tanggung yang akan lulus tersebut. Memilih semua hal tersebut memang tidak mudah. Karena apa yang dipilih tersebut akan menentukan masa depan mereka nantinya.

Bagi Anda yang merasa belum siap untuk langsung bekerja dan masih ingin menambah ilmu di lembaga pendidikan, melanjutkan ke jenjang kuliah adalah pilihan yang tepat. Layaknya mencari lowongan kerja, Anda nantinya juga akan merasakan berebut bangku di universitas dengan para calon mahasiswa lain. Semakin favorit universitas tujuan tersebut, semakin besar usaha Anda untuk bisa menjadi bagian dari kegiatan belajar di sana.

Pertanyaannya, sudahkah Anda mengetahui universitas yang akan Anda tuju nanti? Di antara Anda pasti banyak yang masih merasa bingung mengenai hal ini. Memang tidak mudah untuk menentukannya. Di mana universitasnya, jurusan apa yang sesuai, serta biaya pendidikannya. Kalau sampai salah langkah, bukan tidak mungkin Anda anda tidak akan mendapat hasil apapun selain penyesalan. Perlu Anda ingat, 4 tahun waktu  kuliah bukanlah masa yang singkat. Jadi pastikan Anda sudah menentukan pilihan yang tepat.

Saat ini, sudah banyak universitas bagus dan menarik yang bisa Anda pilh. Baik itu dari dalam negeri dan luar negeri. Benar, luar negeri. Mungkin di antara Anda masih banyak yang merasa minder untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Kesan prestisius membuat orang sering merasa ragu untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Terlebih jika mengingat biaya kuliah dan biaya hidup di luar negeri yang terbilang tidak sedikit.

Padahal kuliah di luar negeri tidak seseram itu, loh. Anda bisa mulai coba mencari beberapa kampus di luar negeri  yang menarik sebagai tujuan pendidikan tinggi selanjutnya. Salah satu Negara yang harus Anda jadikan pilihan adalah Jepang.

Mengapa harus kuliah di Jepang?

Setelah membaca penjelasan tadi, Anda mungkin akan bertanya-tanya. Mengapa harus memilih Jepang sebagai tujuan kuliah? Padahal ada Negara-negara lain seperti di Eropa yang universitasnya sudah  lama mendunia. Jawabannya mudah.

1. Pendidikan kelas dunia

Sudah bukan rahasia lagi jika pendidikan di Jepang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Tak terkecuali di universitasnya. Bahkan lima di antaranya berhasil masuk dalam peringkat top 100 universitas dunia versi QS World University Rankings 2015/2016. Pemerintah Jepang sangat peduli akan pendidikan. Tak heran kalau pendidikan di Jepang terasa begitu baik. Dari segi fasilitas maupun pembelajaran.

Terlebih, sejak mengetahui banyak siswa internasional yang tertarik untuk melanjutkan studi di negeri sakura itu, pemerintah Jepang pun menerbitkan “300.000 International Students Plan” pada tahun 2008 lalu. Tujuannya adalah untuk mendatangkan hingga 300.000 mahasiswa internasional ke Jepang hingga tahun 2020 ini.

Singkatnya, pemerintah Jepang juga ingin membantu mahasiswa yang ingin berkuliah di Negeri matahari terbit ini. Berbagai program studi pun ditambahkan dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa internasional.

2. Kesempatan kerja yang baik

Siapa sangka berkuliah di Jepang ternyata juga bisa membantu Anda mendapat pekerjaan? Salah satu cara pemerintah Jepang untuk menarik minat para calon mahasiswa internasional agar mau melanjutkan studi di Negara ini adalah dengan membantu mereka dalam mencari pekerjaan di Jepang.

Ya, sejak mulai Mei tahun 2015, pemerintah Jepang membuat kebijakan untuk membantu para mahasiswa internasional dalam mencari informasi seputar magang dan lowongan kerja. Jadi, sekarang ini sudah banyak kesempatan kerja untuk mahasiswa internasional yang berkuliah di Jepang seperti Anda.

Banyak bidang yang bisa Anda pilih, di antaranya adalah teknik, TI, investasi perbankan, hingga pendidikan. Pemerintah Jepang sengaja membuat kebijakan ini untuk memperkuat posisi Jepang di pasar global. Semakin banyak mahasiswa internasional yang bekerja di Jepang, makin besar pula peluang Jepang untuk memperkuat posisinya di pasar global.

3. Menjadi pribadi yang lebih baik

Anda  pastinya sudah sering mendengar tentang kebiasaan masyarakat Jepang yang terkenal disiplin dalam segala hal, bukan? masyarakat Jepang memang sudah mendapat pendidikan mengenai budi pekerti sedari kecil. Selain itu, mereka juga sudah dilatih untuk menjadi pribadi yang selalu dapat mandiri sejak usia dini.

Dengan berada di antara kemandirian, disiplin, serta sopan santun masyarakat Jepang, Anda pastinya akan juga bisa mengikuti kebiasaan tersebut. Hasilnya, Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik ketika sudah menyelesaikan studi.

4. Pengalaman budaya yang baru

Siapa tidak kenal samurai?  Atau mungkin tradisi minum teh? Selain sistem pendidikannya , Jepang juga terkenal dengan beragam tradisi serta kebudayaannya yang unik dan menarik.

Sebut saja Kabuki yang merupakan seni teater yang merupakan perpaduan dari tari dan music Jepang,  Upacara minum teh atau yang biasa disebut sadō atau chadō, serta seni merangkai bunga bernama Ikebana yang sangat terkenal di Jepang.

Jepang juga memiliki festival budaya yang selalu ramai dikunjungi. Biasanya festival tersebut dilakukan di kuil Shinto atau kuil Budha. Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada beberapa acara serupa yang sedikit mencontoh festival tersebut.

Selain dari sisi budaya, keindahan alam serta ragam hidangan lokal Jepang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelajar internasional untuk menimba ilmu di sini. Bisa terlibat dalam kebudayaan Negara lain tentu bisa menjadi pengalaman berharga, bukan?

5. Kualitas hidup

Jepang merupakan salah satu Negara yagn terkenal aman di dunia. Berbagai peraturan yang ketat mengenai narkoba, minuman keras, penggunaan senjata api, serta fokus yang kuat untuk mencegah terjadinya tindakan criminal membuat terciptanya lingkungan yang aman tidak hanya bagi masyarakat Jepang, tapi juga mahasiswa internasional yang melanjutkan studi di sana.

Suasana yang aman ini juga dibarengi dengan keindahan alam yang ada di Jepang. hasilnya, negeri matahari terbit ini menjadi destinasi yang sempurna untuk melakukan kegiatan perkuliahan serta  mencari jati diri.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera persiapkan diri Anda untuk melanjutkan kuliah di negeri sakura Jepang. Jika masih merasa bingung mengenai kampus tujuan dan apa saja yang harus dipersiapkan, Anda bisa melihat informasinya di Jeducation.com. Selamat mencoba!

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *