Apa itu EJU (Examination for Japanese University) ?

Eju (Examination for Japanese University)
Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

EJU, Salah satu Syarat Penting untuk Memasuki Universitas di Jepang.

  1. Apa itu EJU?

EJU atau yang disebut juga sebagai Nihon Ryuugaku Shiken (日本留学試験), merupakan suatu syarat yang harus ditempuh seseorang yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Jepang, terutama untuk sebuah universitas di Jepang. EJU sendiri berdiri pada tahun 2002 dan dikelola oleh JASSO yang fungsinya untuk menggantikan standar masuk universitas yang sebelumnya Nihongo Nouryoku Shiken (JLPT) dan Shihi Gaikokujin Ryuugaku-sei Touitsu Shiken (the General Examination for Foreign Students). Ujian ini dilakukan secara serentak di Jepang dan luar negeri serta  dilaksanakan dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan November. EJU sendiri dilaksanakan di 16 kota di Jepang dan 14 negara, salah satunya Indonesia.

Ujian EJU tersedia dalam dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Jepang yang bisa dipilih salah satu ketika mendaftar ujian ini. Pelajaran yang diujikan dalam EJU ini adalah Japanese as Foreign Language, Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Biologi, dan Kimia), Japan and The World, dan Matematika. Dengan catatan, untuk ujian Ilmu Pengetahuan Alam dan Japan and The World tidak bisa diambil secara bersamaan. Japanese as Foreign Language diujikan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bahasa Jepang, di dalamnya terdapat  Writing, Reading Comprehension, Listening Comprehension, Listening and Reading Comprehension. Di bagian Ilmu Pengetahuan Alam, seseorang yang mengambil ujian ini hanya bisa mengambil 2 di antara biologi, fisika, dan kimia. Japan and The World berisi tentang pengetahuan sosial, geografi, dan sejarah Jepang yang disesuaikan dengan standar SMA di sana. Kemudian, ujian Matematika ini terbagi menjadi dua yang disebut dengan course yaitu course 1 dan course 2. Course 1 adalah matematikan yang ditujukan untuk jurusan-jurusan yang terkait dengan Liberal Arts atau bisa kita sebut sebagai matematika jurusan IPS, dan course 2 yang merupakan matematika yang berhubungan dengan jurusan Science atau IPA.

Ada pun setiap bagiannya memiliki waktu dan skor masing-masing, Japanese as Foreign Language memiliki rentang nilai antara 0 sampai 400 yang dilaksanakan selama 120 menit. Untuk Science, Japan and The World, dan Matematika disediakan waktu selama 80 menit dengan rentang skor dari 0 sampai 200. Dalam Japanese as Foreign Language, seseorang apat dikatakan lulus pada bagian tersebut apabila nilainya mencapai 200 ke atas yang akan dianggap setara dengan JLPT level N2. Dan syarat mutlak seseorang dapat mengambil ujian ini adalah seseorang yang berusia 18 tahun ke atas atau sudah menyelesaikan pendidikan sekolah selama 12 tahun.

Sertifikat EJU berlaku selama dua tahun dengan ujian ini bisa diambil berkali-kali. Tetapi, hasil ujian yang dapat digunakan adalah hasil 4 kali EJU yang terbaru, dan hasil ujian yang dapat diserahkan ke universitas atau lembaga pendidikan yang diminati.

2. Soal-soal yang ada di EJU

Seperti yang disebutkan tadi, pelajaran yang diujikan di EJU terdiri dari Japanese as Foreign Language, Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Biologi, dan Kimia), Japan and The World, dan Matematika. Yang mana pada setiap pelajaran yang diujikan terdapat kisi-kisi, yang tentu akan membantu persiapan EJU ini.

  1. Japanese as Foreign Language

Seperti yang disebutkan tadi, Japanese as Foreign Language terbagi menjadi reading comprehension (membaca), listening comprehension (mendengarkan), listening & reading comprehension (membaca dan mendengar) dan writing (menulis). Dalam reading atau membaca, teks yang sediakan adalah explanatory text, editorial text, dan pratical document yang cenderung kepada kehidupan kampus atau pun sosial. Sedangkan dalam listening serta listening & reading adalah pengajaran kuliah (lecture), pidato, presentasi dan diskusi yang berhubungan dengan pendidikan dan kehidupan, serta konsultasi, instruksi dan saran. Dalam bagian menulis, diujikan kemampuan membuat esai yang berstruktur.

  • Fisika

Terbagi menjadi 5 poin utama, yaitu gerak, termodinamika, gelombang, listrik dan magnet, serta atom. Gerak yang terdiri dari gerak dan gaya, energi dan momentum, dan berbagai kekuatan dan gerak. Termodinamika yang terdiri dari panas dan suhu serta sifat gas/ Gelombang yang terdiri dari gelombang, suara, dan cahaya. Listrik dan magnet yang terdiri dari medan dan arus listrik, medan arus dan medan magnet, serta induksi dan gelombang elektromagnetik.

  • Biologi

Terbagi dalam 6 poin, yaitu fenomena biologis & substansinya, reproduksi, homeostasis dan lingkungan internal pada organisasi hidup, respon organisme terhadap sinyal eksternal, ekologi dan lingkungan, serta evolusi biologis dan filogeni. Didalamnya mereka terbagi kembali, untuk fenomena biolgis dan substansinya adalah genetic, metabolisme, serta sel dan molekul. Adapun reproduksi yang terjadi pada manusia, hewan, dan tumbuhan. Homeostasis lingkungan internal terbagi dalam lingkungan internal dalam organisasi hidup itu sendiri, mekanismenya, serta sistem kekebalan. Dalam respon organisme, terdapat respon binatang dan respon tumbuhan. Ekologi dan lingkungan terbagi dalam populasi & komunitas dan ekosistem. Evolusi biologis dan Filogeni adalah mekanisme dari kedua hal tersebut.

  • Kimia

Terdapat empat pelajaran yang ada dalam ujian EJU ini. Berikut adalah struktur materi, status & perubahan zat, perubahan materi, kimia anorganik, dan kimia organik. Dalam struktur materi, terdapat pengertian materi, partikel merupakan zat, zat & ikatan kimia, perlakuan kuantitatif zat & formula kimia. Sedangkan untuk status & perubahan zat terdapat perubahan substansi, keseimbangan dan keadaan zat, serta perubahan dan keadaan suatu zat. Kimia anorganik sendiri berisi tentang sifat dan ekasi senyawa organic serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, yang pelajaran ini juga sama isinya dengan tema kimia organik.

  • Japan and The World

Dalam pelajaran ini lebih membahas tentang politik, sosial, geografi, ekonomi, dan sejarah yang terjadi di Jepang. Sosial yang membahas masalah yang terjadi di masyarakat, ekonomi pasar dan ekonomi rumah tangga di Jepang, politik serta hukum yang ada di Jepang, tidak hanya itu saja hubungan internasional Jepang dan negara lain juga ada dalam ujian ini. Sedangkan untuk geografinya, seperti daerah-daerah yang ada di Jepang, sumber daya alam mau pun manusia, dan lain-lain. Untuk sejarahnya, dibahas perkembangan masyarakat modern dan ketergantungannya kepada dunia dan Jepang dan dunia pada abad ke-20.

  • Matematika

Terbagi menjadi dua yang disebut dengan course yaitu course 1 dan course 2. Course 1 adalah matematikan yang ditujukan untuk jurusan-jurusan yang terkait dengan Liberal Arts atau bisa kita sebut sebagai matematika jurusan IPS, dan course 2 yang merupakan matematika yang berhubungan dengan jurusan Science atau IPA. Ada 18 pelajaran yang harus dimengerti dalam bagian ini. Untuk course 1 hanya mencangkup 6 pelajaran yaitu numbers & expression, fungsi kuadrat, angka & pengukuran, kemungkinan hasil & probabilitas, bilangan bulat, dan sifat angka. Course 2 mencakup semua 18 pelajaran yang ada, dengan 12 pelajaran yang lain adalah miscellaneous expression, angka & persamaan, fungsi eksponensial & logaritmik, trigonometri, konsep diferenisiasi & integrasi, barisan angka, vektor, kurva, complex plane, limit, dan kalkulus integral serta diferensial.

Edisi 2013 (1st Session) (© JASSO)

Soal-soal EJU ini dapat diperoleh melalui toko buku Jepang seperti Kinokuniya atau yang lainnya, dan juga setiap tahun akan dirilis soal-soal EJU yang diujikan sebelumnya yang diterbitkan oleh Boujinsha. Atau bisa diperoleh dari web resmi JASSO (https://www.jasso.go.jp/en/eju/examinee/pastpaper_sample/index.html) untuk contoh soalnya dna bisa mengunjungi kantor JASSO untuk meminjam buku EJU ini. Ini adalah cuplikan soal dari EJU.

Japan and The World (© JASSO)

q

Matematika (© JASSO)

Bagaimana, siap mengambil ujian ini? Yuk, kita ambil ujian ini bersama!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *