Estimasi Biaya Kuliah di Jepang (S1, S2, dan S3)

fukui university technology
Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Minat melanjutkan pendidikan di luar negeri semakin meningkat beberapa tahun belakangan. Apalagi hal ini didukung dengan gencarnya program beasiswa yang ditawarkan pemerintah. Selain itu, banyak lagi jenis pembiayaan lain yang ditawarkan pihak swasta ataupun negara asing. Tidak sedikit juga yang berangkat melanjutkan kuliah dengan biaya pribadi.

Negara Eropa dan Amerika sering menjadi tujuan utama masyarakat Indonesia ketika ingin melanjutkan pendidikan. Padahal jika kita telaah lebih jauh, ada lho beberapa negara Asia yang memiliki kualitas pendidikan yang baik sehingga layak dijadikan tempat kuliah. Singapura, Jepang, dan Korea Selatan adalah contohnya.

Kelebihan Studi di Jepang

Jepang sebagai salah satu negara maju di dunia dikenal dengan kualitas pendidikan terbaik dan etos disiplin. Hal ini menjadi poin tambahan bagi yang berminat melanjutkan studi di luar negeri. Bukan hanya ilmu baru, namun juga bisa mempelajari cara hidup dan kultur orang Jepang yang terkenal disiplin.

Melanjutkan kuliah di Jepang juga relatif lebih murah dibandingkan di negara Eropa dan Amerika. Salah satu penyebabnya adalah biaya tiket pesawat dan visa yang lebih terjangkau dibandingkan ke negara barat.

Dengan pengeluaran yang jauh lebih sedikit, kualitas pendidikannya juga terbaik dan bersaing dengan negara maju lainnya. Beberapa subjek pendidikan yang menjadi favorit di Jepang adalah budaya, ekonomi, dan teknologi.

Estimasi Biaya Kuliah Secara Umum

Biaya kuliah di Jepang berbeda-beda, tergantung jenjang pendidikannya. Dana yang harus dikeluarkan juga bisa sangat berbeda untuk universitas negeri atau swasta. Universitas negeri biasanya lebih mahal karena menjadi favorit seperti Universitas Tokyo atau Universitas Kyoto.

Kuliah di Jepang dibagi menjadi 2 yakni program 6 tahun untuk keilmuan dokter dan farmasi dan program 4 tahun untuk keilmuan lainnya. Program sarjana 4 tahun paling tidak membutuhkan dana sekitar Rp300 juta sampai Rp750 juta.

Sedangkan untuk program 6 tahun bisa mencapai Rp2 miliar. Angkanya bisa berbeda-beda sesuai dengan program dan durasi studi.

Estimasi Biaya Kuliah di Fukui University of Technology

fukui university technology
Fukui University of Technology

Fukui merupakan kota yang juga banyak dituju oleh mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi. Hal ini karena kualitas universitasnya yakni Fukui University of Technology khususnya di bidang Teknik. Berikut adalah daftar kebutuhan dana untuk kuliah di University Fukui:

Program Sarjana

Berikut beberapa biaya yang akan ditanggung oleh seorang mahasiswa denganprogram sarjana:

Biaya pendaftaran

Untuk mendaftar seleksi mahasiswa di Fukui University membutuhkan biaya sebesar 30.000 yen atau sekitar Rp3,9 juta. Setiap tahunnya disediakan slot khusus untuk mahasiswa asing yang mendaftar.

Biaya masuk

Jika berhasil lolos dan diterima menjadi mahasiswa berarti harus membayar sebesar 250.000 yen. Jumlah tersebut dikalkulasikan dengan kurs Indonesia berarti sebesar Rp32,5 juta.

Biaya sekolah

Kemudian ada biaya kuliah per tahun yang mencapai Rp60,5 juta atau 465.000 yen. Biaya ini dibayarkan setiap semester permulaan kuliah.

Biaya tambahan

Fukui University of Technology juga menerapkan tambahan biaya lainnya untuk berbagai fasilitas yang diberikan sebesar Rp26juta atau 201.300 yen selama masa studi.

Dengan demikian, mahasiswa harus mengeluarkan dana paling tidak sebesar Rp122,9 juta untuk semester pembuka di Fukui University. Jumlah itu sama dengan 946.300 yen dengan nilai tukar saat ini.

Program magister dan doctor (S2 dan S3)

Mahasiswa pendidikan magister dan doktor juga bisa menempuh studi di Fukui University of Technology. Biayanya bisa lebih murah dibandingkan program sarjana salah satunya karena masa studinya lebih pendek. Berikut adalah perkiraan biaya kuliah S2 dan S3 di Fukui:

Biaya pendaftaran

Seleksi masuk di kampus ini membutuhkan dana sebesar 25.000 yen atau setara dengan Rp3,25 juta. Setelah membayar biaya ini, mahasiswa bisa langsung bersiap kuliah di kampus teknologi ini.

Biaya per semester

Program magister dan doktor dikenakan biaya sebesar 320.000 yen semester. Dengan kurs rupiah saat berarti uang kuliah per semester adalah sebesar Rp41,6 juta.

Biaya lain-lain

Program studi lanjutan ini juga dikenakan biaya lain-lain sama seperti program sarjana. Jumlahnya adalah sebesar 112.500 yen atau Rp14,6 juta.

Untuk itu, biaya program doktor tahun pertama sebesar Rp60 juta. Untuk semester kedua kemudian akan dikenakan tambahan biaya sebesar 14.350 yen atau sama dengan Rp1,8 juta.

Kampus ini juga menyediakan fasilitas asrama yang bisa digunakan mahasiswanya. Namun, dikenakan biaya terpisah untuk sewanya per bulan. Kamar tipe single dikenakan biaya sewa 14.000 yen sampai dengan 35.000 yen atau Rp1,8 juta sampai Rp4,5 juta. Kamar tersebut sudah dilengkapi dengan dapur dan bathub.

Hanya saja harga tersebut belum termasuk fasilitas air, gas, dan internet. Dibutuhkan dana tambahan untuk pengeluaran bulanan 3 hal tersebut. Selain itu, ada pula biaya masuk asrama,s elain biaya sewa, yang harus dibayarkan ketika pertama kali menempati kamar.

Rata-rata mahasiswa asing di Jepang mengeluarkan dana sebesar 82.000 yen untuk kebutuhan bulanan. Jumlah itu setara dengan Rp10.4 juta untuk makanan dan apartemen sederhana. Namun, pengeluaran tersebut belum termasuk dengan biaya transportasi, asuransi, dan kebutuhan mendadak lainnya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *