Fukui Senior High School

Fukui Senior High School
Fukui Senior High School

Lokasi: 3-6-1, Gakuen, Fukui-Shi, Fukui 910-8505

Telepon: 0776-29-2630

Website: http://www.fukui-ut-fukui-h.ed.jp/

Fukui High School merupakan sekolah menengah atas yang berafiliasi dengan Universitas Teknologi Fukui, salah satu dari empat universitas yang berada di Prefektur Fukui. Sekolah ini didirikan pada tahun 1959. Menerima sekitar 500 siswa per tahun akademik. Saat ini ada 3 program utama yang merupakan kursus spesial untuk mempersiapkan siswa yang ingin mengikuti ujian masuk universitas terkemuka. Ada pula kursus persiapan Ujian Umum Universitas serta Kurikulum Perawatan Kesehatan Masyarakat dalam rangka menghasilkan tenaga keperawatan terbaik dan berpengalaman di bidangnya.

Sekolah memiliki kebijakan yang berfokus pada pendidikan dan olahraga secara bersamaan. Setiap tahun, semakin banyak siswa yang dapat memasuki universitas terkemuka, ditambah dengan kinerja atletik para siswa yang luar biasa.

SMA Fukui tidak hanya terkenal di kalangan siswa Jepang saja, tapi juga internasional. Terbukti dengan adanya 20 siswa internasional pada tahun 2018 lalu. Di mana mereka berasal dari Thailand, Mongolia, dan Hungaria.

Karakteristik

Credit : fukui-ut

Sebagai salah satu sekolah populer di Prefektur Fukui, sekolah ini memiliki beberapa karakteristik berikut:

  1. Fukui High School merupakan sekolah yang berafiliasi dengan Universitas Teknologi Fukui
  2. Sekolah ini terletak di kota Prefektur Fukui. Daerah Fukui terkenal akan suasana alamnya yang memberikan ketenangan dan kenyamanan. Tentunya menjadi lingkungan belajar yang sangat baik bagi para siswa
  3. Siswa internasional bisa membaur dengan siswa Jepang sejak tahun pertama masuk sekolah
  4. Ada pelajaran bahasa Jepang tambahan yang diajarkan selama liburan musim panas bagi para siswa internasional
  5. Siswa dapat memilih kursus sesuai dengan minat dan tujuan universitas mereka

Fasilitas Sekolah

Credit : fukui-ut

Terdapat berbagai fasilitas yang disiapkan untuk membantu mengoptimalkan kehidupan sekolah para siswa, yaitu :

  1. Area Belajar Mandiri
    Banyak siswa menggunakan stan belajar mandiri ini pada pagi dan sore hari. Sebelum dan setelah pulang sekolah.
  2. Ruang satelit
    Para siswa juga dapat mengunduh video berisi materi pelajaran di “Sekolah Persiapan Kayadai”.
  3. Pojok membaca buku
    Area ini berisi berbagai materi yang digunakan untuk ujian, seperti kumpulan pertanyaan untuk setiap mata pelajaran dan ujian masuk oleh universitas.
  4. Gimnasium Kanaia Gakuen
    Di Gymnasium terdapat arena seluar 95m x 35m. Biasanya digunakan sebagai lapangan lari dalam ruangan (250m per lap), ruang pelatihan, dan ruang pertemuan multiguna dipasang.
  5. Ruang latihan
    Fasilitas ini memungkinkan para siswa melakukan pelatihan dengan menggunakan berbagai jenis alat berat.
  6. KARL MAYER GROUND
    Ukuran tempat ini sekitar 2,5 kali lebih besar daripada Tokyo Dome dan dilengkapi dengan permainan malam.
  7. Lapangan latihan lapangan bisbol & dalam ruangan
    Area ini memiliki 95m sayap dan 120m ukuran sedang. Ada juga lapangan latihan dalam ruangan lengkap dengan rumput buatan.
  8. Kanai Gakuen School
    Ukuran tempat ini sekitar 2,5 kali lebih besar daripada Tokyo Dome dan dilengkapi dengan permainan malam.
  9. Kampus Awara & Lapangan Sepak Bola
    Lapangan sepakbola rumput buatan yang bersebelahan dengan kampus Awara yang dikelilingi oleh alam.
  10. Auditorium Kanai
    Auditorium besar ini bisa menampung hingga  1.350 kursi adalah ruang acara multi-desain yang menggabungkan teknik arsitektur terbaru.
  11. Ruang musik
    Ruang optimal untuk ansambel dan paduan suara musik dengan desain akustik terbaru
  12. Ruang audiovisual
    Proyektor video definisi tinggi berkualitas tinggi juga dipasang.
  13. Perpustakaan
    Terdapat sekitar 190.000 buku yang bisa dibaca oleh para siswa.
  14. Restoran sekolah
    Pilih menu favorit Anda saat makan siang. Menu yang populer di sini adalah Karaagean.
  15. Asrama
    Anda dapat belajar pentingnya kesadaran norma melalui kehidupan kelompok melalui asrama. Asrama sekolah ini terpisah antara siswa laki-laki dan perempuan.  Asrama laki-laki berjarak 5-6 menit berjalan kaki dari sekolah, sementara asrama perempuan dapat ditempuh selama 1-2 menit berjalan kaki saja. Biaya asrama ini sudah termasuk dengan biaya sekolah.
  16. Toko serba ada kampus
    Nyaman. Itulah kata yang dapat menggambarkan area yang sering digunakan oleh para siswa untuk makan siang dan istirahat ini. Tertarik untuk mencoba?

Aktivitas Klub

Credit : fukui-ut

SMA Fukui mengutamakan keseimbangan dalam kegiatan pembelajarannya. Untuk itu, sekolah ini menyediakan beragam klub dengan berbagai bidang yang bisa dipilih sesuai minat para siswa. Mulai dari klub olahraga hingga kesenian semua tersedia di sini. Kehadiran klub-klub tersebut diharapkan dapat menambah kemampuan khusus dan bersosialisasi dari para siswa.

  1. Klub Kendo
  2. Klub Sepak Bola Laki-Laki
  3. Klub Berkuda
  4. Klub Judo Laki-Laki dan Perempuan
  5. Klub atletik
  6. Klub Voly Laki-Laki
  7. Klub Baseball
  8. Klub Baton
  9. Klub Badminton
  10. Klub Renang
  11. Klub Golf
  12. Klub Ski
  13. Klub Karate
  14. Klub Sepak Bola Perempuan
  15. Klub Voly Perempuan
  16. Klub Tenis Meja
  17. Klub Baseball Perempuan
  18. Klub Orkes Tiup
  19. Departemen Seni Animasi
  20. Departemen Entertainment
  21. Folding Part
  22. Interact Part
  23. Go/ Shogi
  24. Departemen Broadcast
  25. Klub Fotografi
  26. Klub Surat Kabar
  27. F1 in School
  28. Klub Kesehatan
  29. Klub Manufaktur
  30. Klub Kaligrafi
  31. English Conversation Club
  32. Klub Upacara Minum The
  33. Klub Boxing
  34. Klub Sains
  35. Klub Kano
  36. Klub Naginata

Program Pertukaran Internasional

Pertukaran ini dilakukan dengan berbagai sekolah yang sudah menjadi partner dari SMA Fukui, dalam rangka memperdalam hubungan Internasional dan memberikan pengalaman global mengenai kehidupan sekolah menengah.

  1. Punahou School SGLI (Student Global Leadership Institute)

Ini adalah program selama satu tahun yang diselenggarakan oleh Sekolah Punahou di Honolulu, Hawaii, AS. Program ini dihadiri oleh siswa sekolah menengah dan menengah pertama dari seluruh dunia yang diundang oleh Sekolah Punahou. Di musim panas, ada pelatihan dua minggu di Sekolah Punahou, dan siswa sekolah menengah dan menengah pertama dari berbagai negara melakukan lokakarya, diskusi, dan kerja lapangan. Setelah kembali ke Jepang, SMA Fukui akan terus bekerja dengan para peserta di masing-masing negara. SMA Fukui dan SMP Fukui akan berpartisipasi dalam SGLI 2018.

  • Belajar di luar negeri di Australia

Mengirim siswa pertukaran ke sekolah saudara Australia, Sacred Heart College dan Mater Dei College, dengan tujuan menumbuhkan keterampilan komunikasi dan memahami budaya internasional di SMA Fukui dan SMP Fukui untuk memperluas perspektif siswa internasional. Pendaftarannya dilakukan setiap tahun. Sekolah juga mengunjungi dan berinteraksi dengan kedua sekolah dalam kunjungan sekolah.

  • Interaksi dengan Sister School Kerajaan Thailand

Para siswa dari klub judo anak laki-laki sekolah biasanya akan melakukan kunjungan ekspedisi ke sekolah-sekolah lain, yaitu  Sekolah Wat-Raja-O-Ros, Sekolah Plookpanya, Sekolah Demonstrasi Sekolah Prasarnmit dan Universitas Srinakharinwirot (Sekunder) di Thailand.

  • Pendidikan ESD Bergabung dengan Sekolah UNESCO

Kegiatan pendidikan di SMA Fukui sudah lama diakui dan pada tahun 2012 berhasil mendapat sertifikasi oleh Sekolah UNESCO. Sekolah UNESCO adalah sekolah yang mengimplementasikan ESD “Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan”, dan sekitar 9000 sekolah di 180 negara adalah anggota. Sekolah akan melanjutkan kegiatan pendidikan yang menggabungkan ESD.

Career Planning

Bersekolah di SMA Fukui bukan hanya sekadar menghabiskan tiga tahun saja, tapi juga membuat rencana mengenai tujuan kehidupan yang akan dijalani setelah sekolah. Rancang masa depan Anda dengan menatap diri sendiri dan menumbuhkan pikiran kreatif.

1. Pusat bimbingan karir

Dukungan penuh diberikan  oleh sekolah untuk pengajaran studi individu, mendirikan stan studi individu, dan memanfaatkan kursus satelit. Pusat bimbingan karir ini dibuka sepanjang tahun, kecuali untuk liburan akhir tahun dan Tahun Baru. Pada hari kerja, anggota fakultas tingkat lanjut diperintahkan hingga jam 8 malam. Buka hingga 16:00 pada hari libur.

2. Pemanfaatan teks asli

Memanfaatkan Buku Panduan Karir sebagai buku panduan karir umum untuk siswa, guru dan orang tua, secara tidak langsung akan mengarahkan pada pendidikan karir daripada hanya bimbingan karir. Selain itu, dengan menggunakan “Catatan Desain Karir” asli yang disesuaikan dengan pertumbuhan setiap kelas, dan menulis sambil memikirkan masa depan mereka. Dengan begitu, sekolah akan memelihara kesadaran siswa akan tujuan dan kemandirian.

3. Melaksanakan kursus karir untuk masa depan

Ceramah yang diadakan oleh pengacara, manajer perusahaan, dan instruktur sekolah persiapan terkenal diadakan tidak hanya untuk siswa tetapi juga untuk orang tua dengan tema “mimpi”, “peningkatan” dan “pengembangan diri” untuk semua kelas. .

  • Kuliah kursus (3 kali setahun)
  • Kuliah tentang kemajuan akademik (3 kali setahun)
  • kuliah dukungan pekerjaan (setahun sekali)
  • kelas pencegahan kenakalan
  • Seminar pencegahan kejahatan untuk hidup sendiri
  • Kuliah terbuka untuk mempelajari pentingnya kehidupan
  • Kuliah tentang pendidikan mental
  • Kuliah pendidikan seks

4. karir

SMA Fukuimemberikan saran dari berbagai sudut pandang seperti nilai mengenai pandangan hidup dan pandangan pekerjaan. Ruang Bimbingan Karier memiliki banyak informasi tentang jalur karier seperti majalah informasi, data, buku, materi audiovisual, dan sebagainya.

4. Sistem pembelajaran internal untuk Fukui Institute of Technology

Bisa masuk ke Institut Teknologi Fukui jelas merupakan keunggulan dari sekolah ini dibandingkan sekolah menengah lainnya. Jika Anda berhasil  lulus tes internal, Anda hanya perlu mengikuti tes wawancara. Untuk biaya ujian dan biaya masuk akan digratiskan.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *