Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Kursus Bahasa Jepang dari Sekarang!

Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Oleh: Meydiana Widyaningsih
Contributor

Apakah kamu memiliki minat terhadap bahasa Jepang tapi masih belum tahu untuk apa belajar bahasa Jepang! ini alasan tepat mengapa kamu harus belajar bahasa jepang dari sekarang!

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia khususnya anak muda. Sebagai negara maju, banyak hal baik yang bisa kamu pelajari dan kamu terapkan mulai dari budaya yang unik dan seragam sampai kebiasaaan masyarakatnya yang terkenal akan kedisiplinannya sehingga menimbulkan minat dalam dirimu untuk mempelajari bahasa Jepang.

Namun, ada beberapa alasan yang perlu kamu ketahui bahwa bahasa Jepang memang perlu menjadi bahasa asing yang harus kamu kuasai saat ini. Apa sajahkan itu?

Bahasa Jepang itu Menantang

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa bahasa Jepang memiliki sistem tulisan yang berbeda dengan tulisan bahasa yang umumnya kita gunakan seperti dalam bahasa Indonesia atau Inggris seperti dengan Hiragana dan Katakana yang dikenal sebagai huruf Jepang. Pengucapan bahasa Jepang pun mirip dengan Bahasa Indonesia, seperti “A” dibaca seperti dalam Anak dan bukan “ey” seperti dalam bahasa inggris Apple. Kata benda Bahasa Jepang juga tidak mengenal gender, atau jamak sehingga lebih mudah digunakan namun tetap menantang untuk dipelajari. Ada beragam teknik yang bisa diterapkan seperti menghapal kanji melalui pengenalan simbol-simbol dan lain-lain. 

Mengenal Lebih Dalam Tentang Budaya Jepang

Belajar Bahasa Asing khususnya Bahasa Jepang ternyata dapat membuka pengetahuan baru yang sebelumnya tidak bisa terbuka karena kendala bahasa. Kamu juga bisa mengenal budaya dan memperkaya pengalaman kehidupan yang kamu miliki. Misalnya, kamu bisa membuat tulisan tentang pengalaman ketika kamu pernah berkeliling pedesaan di sekitar Kyushu Jepang dan bertemu para petani yang sangat ramah kemudian berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jepang, meskipun mereka sadar bahwa Bahasa Jepang kamu masih belum mumpuni tetapi mereka akan sangat senang berbagi budaya yang mereka miliki kepadamu. 

Travelling

Jepang merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan dunia, tidak terkecuali dengan wisatawan Indonesia. Jika kamu ingin bepergian atau melakukan traveling ke negeri sakura tersebut, pastinya penting sekali untukmu menguasai bahasa Jepang meskipun hanya pada level dasar saja. Tentu saja penguasaan bahasa Jepang yang baik akan memudahkan dirimu untuk berkomunikasi dengan native speaker yang bisa kamu temukan ketika kamu jalan-jalan ke Jepang. Akan sangat menyenangkan jika kamu mendapatkan pengalaman sekaligus teman perjalanan baru disana, bukan? 

Mendapatkan Beasiswa

Satu hal penting lagi yang harus kamu tahu bahwa jika kamu memiliki kemampuan bahasa Jepang yang sangat baik, maka kamu bisa memiliki kesempatan yang sangat besar untuk mendapatkan beasiswa studi di Jepang. Oleh karena itu, jika kamu termasuk orang yang bercita-cita ingin melanjutkan studi ke Jepang, maka kamu harus belajar dan menguasai bahasa Jepang dari sekarang agar peluang untuk mendapatkan beasiswa semakin besar, tentunya harus diimbangi dengan bekal ilmu pengetahuan lain yang kamu minati.

Pemerintah Jepang menyediakan beasiswa terbuka bagi siswa mulai SMU, D2, D3, S1, S2 hingga S3. Program internasional diperkenalkan namun seringkali dalam ujian beasiswa akan diberikan tes Bahasa Jepang setingkat dasar hingga menengah. Pengetahuan Bahasa Jepang akan memberikan nilai tambah bagi calon yang sudah memahami dasar-dasar Bahasa Jepang.

Mempermudah Karir dan Pendidikan

Jepang dan Indonesia memiliki hubungan bisnis yang kuat dengan ditunjukkan banyaknya perusahaan Jepang yang beroperasi dan menanamkan investasinya. Kemampuan Bahasa Jepang akan membuka kesempatan lebih baik bagi pelamar yang ingin bekerja di perusahaan Jepang. Indonesia sendiri adalah pembelajar Bahasa Jepang terbanyak kedua setelah China, menunjukkan kebutuhan Bahasa Jepang yang penting di tengah masyarakat Indonesia. Selain itu, memiliki kemampuan bahasa Jepang juga bisa menjadi nilai tambah atau daya jual yang bisa kamu tunjukkan jika kamu ingin bekerja di perusahaan Jepang. 

Bahasa Jepang itu Menyenangkan

Belajar Bahasa Jepang menyenangkan. Apalagi ketika bertemu hyougen (expression) yang didengar maupun diucapkan terdengar menarik seperti ganbatte namun di daerah Tohoku Jepang ada yang bilang ganbappe. Belum lagi mendengar bahasa-bahasa yang sering digunakan anak-anak muda, atau bahasa-bahasa formal yang digunakan dalam situasi resmi. Ada banyak pengalaman yang bisa diraih dengan mempelajari bahasa Jepang. Kamu juga membentuk komunitas pecinta bahasa Jepang dan membuat pertemanan baru dengan orang Indonesia sesama pecinta bahasa Jepang atau bahkan dengan orang Jepang itu sendiri. Buat kamu yang menyukai budaya populer juga pasti sangat setuju bahwa bahasa Jepang itu menyenangkan, karena kamu bisa belajar dari hal-hal yang kamu minati seperti anime, musik atau film Jepang kesukaan kamu. 


Jadi, masih ragu untuk belajar bahasa Jepang dari sekarang? Semoga alasan-alasan yang sudah dijabarkan diatas dapat menguatkan niat dan keinginan kamu untuk belajar, memperdalam dan menguasai bahasa Jepang ya? 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *