Sekolah Bahasa Jepang: Japanese Language Institute of Sapporo

Credit: Languagecourse

Alamat: 26 Chome-2-7 Minami 6 Jonishi, Chuo Ward, Sapporo, Hokkaido 064-0806, Jepang

Telepon: +81 11-562-7001

Email: info@jli.co.jp

Website: jli.co.jp

“Mimpi Anda dimulai dari Sapporo”

Seperti namanya, Japanese Language Institute Sapporo atau biasa disebut JLI adalah sekolah bahasa Jepang yang terletak di Sapporo, Hokkaido. Sekolah ini didirikan pada tahun 1986. Sejarah yang panjang memberikan berbagai pengalaman yang membuat JLI terus dipercaya oleh para siswa yang ingin mengasah kemampuan berbahasa Jepangnya.  Ya, JLI merupakan sekolah bahasa Jepang dengan jumlah siswa terbanyak di Hokkaido.

Para siswa di JLI berasal dari 30 negara, seperti  China, Rusia, Taiwan, Thailand, Korea, Hong Kong, Eropa, Oceania, dan lainnya. Artinya Anda akan belajar di kelas yang sama dengan siswa dari berbagai Negara tersebut. Tidak hanya siswa internasional saja yang belajar di sekolah ini. Ada juga siswa Jepang yang ingin memperdalam kemampuan bahasa Jepangnya agar dapat  menjadi guru bahasa Jepang di kemudian hari.

Menikmati alam dengan empat musim, berkonsentrasi dalam belajar, tinggal di lingkungan yang nyaman. Adalah beberapa alasan umum para siswa memilih JLI yang terletak di Sapporo. Ibukota prefektur Hokkaido ini memang terkenal akan keindahan pemandangan alamnya yang dipercaya dapat meningkatkan pemahaman dan konsentrasi dalam menerima pelajaran.

Program Kursus

Credit: Languageinternational

Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari bahasa Jepang, JLI menyediakan beragam program kursus. Nantinya siswa dapat memilih kursus yang paling sesuai dari banyak kursus yang ditawarkan JLI berdasarkan tujuan dan masa tinggal. Program kursus tersebut antara lain:

Program Jangka Panjang

Program ini dapat diikuti paling lama dua tahun. JLI juga akan membantu pengurusan visa bagi calon siswa yang ingin mengambil program jangka panjang ini.

  • Lama belajar : Sampai 2 tahun
  • Waktu masuk sekolah : Bulan April, bulan Juli, bulan Oktober, bulan Januari
  • Waktu pendaftaran : 3 – 4 bulan sebelum waktu masuk sekolah
  • Jenis program : Menyediakan “Program Bahasa Jepang untuk Melanjutkan Pendidikan” dan “Program Bahasa Jepang Umum” sesuai dengan tujuan belajar.
  • Dokumen yang diperlukan:
  • Berbeda tergantung negara atau kondisi pelajar. Silahkan hubungi untuk mendapatkan informasi lebih rinci
  • Untuk dokumen selain dalam Bahasa Jepang atau Bahasa Inggris, mohon disertai dengan penerjemahan Bahasa Jepang atau Bahasa Inggris

Program Jangka Pendek

Para calon siswa yang sudah memiliki short stay visa, bisa mengikuti program jangka pendek ini minimal selama satu minggu.

  • Lama belajar :   1-12 minggu ( Jika visa masih berlaku, dapat memperpanjang lama belajar.)
  • Waktu masuk sekolah : Kapan saja (Kelas dibagi sesuai dengan level. Silahkan hubungi sebelumnya tentang level kelas pada waktu masuk sekolah yang Anda inginkan.)
  • Waktu pendaftaran : Sekitar 1 bulan sebelum waktu masuk sekolah ( Jika waktu pendaftaran telah lewat, silahkan bertanya langsung.)

Fasilitas dan Pelayanan

Credit: Languagecourse

JLI menyediakan pelayanan bermacam-macam supaya pelajar dapat datang ke Jepang dan dapat mulai kehidupan di Jepang dengan tenang. Anda bisa menghubungi kontak JLI untuk mendapatkan informasi rinci. Jika berminat, silahkan beritahu waktu pendaftaran.

1. Asrama

JIL menyediakan fasilitas asrama yang aman dan praktis dengan harga khusus.

Ada 5 asrama dengan tipenya berbeda yang sesuai keinginan anda.

Meski begitu, bisa saja kamar yang diberikan tidak sesuai dengan keinginan Anda. Karena tergantung pada ketersediaan kamar kosong saat itu. Anda bisa melihat Peta JLI untuk mengetahui lokasi asrama.

2. Penjemputan ke Bandara

Untuk Anda yang membawa banyak barang atau baru pertama kali ke Jepang, JLI menyediakan layanan penjemputan di bandara. JLI akan menjemput Anda dengan membawa kartu yang mencantumkan nama Anda di bandara dan akan langsung mengantar dengan taxi ke asrama/apartemen yang ditentukan.

Biaya pengurusan: 12,300 yen

Asuransi Pelajar Asing

Tiap siswa yang masuk JIL akan mendapat asuransi dari pihak sekolah. Asuransi ini berlaku selama Anda masih menjadi siswa di JLI. Terdapat  “Paket pelajar asing” (Japanese Language Institute Co-Operation) yang bisa Anda pilh. Untuk siswa program jangka panjang akan mendapat kompensasi 30 % dari biaya medis ( 5,800 yen untuk 6 bulan, 10,000 yen untuk 12 bulan, dst)Sementara siswa program jangka pendek akan mendapat kompensasi 70 % dari biaya medis ( 3,800 yen untuk 1 bulan, 7,400 yen untuk 3 bulan, dst).


Wujudkan impian kamu untuk melanjutkan sekolah ke Jepang, kerja di Jepang, melanjutkan studi ke Jepang, S1 di Jepang, S2 di Jepang bersama Jeducation Indonesia. Hubungi kami melalui email
apply@jeducation.co.id atau whatsapp/tel: Afi: +62 812-9726-5232 / Nida: +62 812-1041-7571 untuk bisa berkonsultasi GRATIS dan bertanya seputar rencana studi kamu ke Jepang. Jangan lupa Follow juga akun Instagram Jeducation Indonesia di: @jeducation_indonesia

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *