Kwassui Women’s University

Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Lokasi : 3 Chome-1004-1 Shintomachi, Nagasaki, 850-0954, Jepang

Telepon : +81 95-879-7110

Email : nyushi@kwassui.ac.jp

URL : http://www.kwassui.ac.jp/university/

Seperti namanya, Kwassui merupakan sebuah universitas swasta yang dikhususkan bagi para mahasiswa perempuan.  Universitas yang terletak di Nagasaki ini terkenal karena sering menghasilkan lulusan kerjanya yang terbaik dan terkemuka.

Universitas Wanita Kassui Terletak di kota Nagasaki di pulau Kyushu, kota yang nyaman dan indah yang dikelilingi oleh pegunungan dan laut. Lokasi universitas terletak di situs nama “Holland Hill”, dengan kota Nagasaki memiliki hubungan internasional sepanjang waktu.

Nagasaki memang terkenal memiliki stabilitas danbiaya hidup yang cenderung rendah. Sehingga akan membuat para mahasiswi merasa nyaman dalam menjalankan proses belajar.

Tidak hanya di dalam Jepang, universitas ini juga cukup terkenal di kancah internasional. Terbukti dengan jumlah mahasiswi internasionalnya yang mencapai 77 orang. Di mana keseluruhannya berasal dari lima Negara yang berbeda.

Sejarah

Universitas wanita Kwassui didirikan pertama kali oleh seorang misionaris Metodis asal Amerika bernama Elizabeth Russell pada tahun 1879 (Meiji 12). Pada masa itu kegiatan pendidikan memang didasarkan pada filosofi kristen yang cukup kuat. 

Awalnya universitas ini merupakan sekolah khusus wanita bernama Kwassui Girl’s School.  Barulah pada tahun 1919 sekolah ini berganti nama menjadi Akademi Wanita Kwassui.

Di bawah sistem pendidikan baru pada tahun 1950, universitas ini berubah menjadi Akademi Junior Wanita Kwassui.  Pada tahun 1981, Kwassui resmi membuka universitasnya yang dikenal dengan nama Universitas Wanita Kwassui. Kwassui juga membua sekolah pascasarjana pada tahun 1991. Hingga saat ini, nama Kwassui Women’s  University tetap digunakan sebagai nama dari perguruan tinggi ini.

Jurusan

Kwassui Women’s University memiliki empat fakultas dengan 12 program studi yang berbeda, yaitu

  1. Fakultas Studi Budaya Asing
  2. Jurusan Bahasa Inggris
  3. Jurusan Budaya Jepang
  4. Jurusan Hubungan Masyarakat
  • Fakultas Musik
  • Jurusan Musik
  • Kursus penampilan dan ekspresi music
  • Kursus budaya music
  • Kursus Musik Populer
  • Fakultas Studi Kesehatan
  • Jurusan Kesehatan Gizi
  • Jurusan Desain dan Sains untuk Kehidupan Bermasyarakat
  • Jurusan Pendidikand an Perkembangan Andak
  • Fakultas Keperawatan
  • Jurusan Keperawatan
  • Pascasarjana
  • Sastra dan Bahasa Inggris

Bangunan dan Fasilitas

Kwassui Women’s University terdiri dari tiga bangunan, yaitu

1. Kampus Higashiyamate

Kampus Higashiyamate terdiri dari empat bangunan. Bangunan dengan arsitektur bergaya barat ini disimbolkan sebagai air kehidupan. Di bangunan ini terdapat dua bangunan kapel yang berukuran besar dan kecil. Selain itu terdapat juga ruang kantin, UKS,gudang, ruang konsultasi, dan koperasi.

2. Kampus Nitomachi

Terdapat dua bangunan di kampus ini. Bangunan pertama digunakan oleh jurusan music,lengkap dengan hall music yang dapat menampung hingga 400 orang. Selain itu juga terdapat ruang audio, ruang latihan, ruang belajar kecil dan besar, dan kantin.

Bangunan kedua ditempati oleh jurusan kesehatan. Di bangunan ini terdapat kapel dan laboratorium yang biasa digunakan untuk penelitian para mahasiswi.

3. Kampus Omura

Sama seperti Kampus Nitomachi, Kampus Omura juga memiliki dua bangunan. Bangunan pertama memiliki style gothic yang juga disimbolkan sebagai air kehidupan. Penggunaan warna merah di atapnya juga menjadi sebuah tradisi di gedung ini. Bangunan pertama dilengkapi dengan kapel, ruang belajar, ruang keperawatan, dan student lounge yang dering digunakan para mahasiswi untuk berkumpul.

Sementara bangunan kedua terdiri dari dua ruang perkuliahan, ruang simulasi, dua ruang seminar, dan student lounge.

Kwassui Women’s University juga menyediakan berbagai fasilitas bagi para mahasiswinya, yaitu

1. Asrama

Kampus ini memiliki dua bangunan asrama yang diperuntukkan bagi para mahasiswi yang jarak rumahnya jauh dari universitas. Yang pertama adalah Asrama Guangko. Asrama ini diperuntukkan bagi mahasiswi jurusan budaya dan bahasa internasional, fakultas music, dan fakultas gizi dan kesehatan.

Sementara asrama kedua adalah Asrama Live Water Nursing. Asrama ini diperuntukkan mahasiswi dari jurusan keperawatan.

Di dalam asrama sudah terdapat internet (Wi-Fi). Yang tentunya akan memudahkan para mahasiswa dalam mengerjakan tugasnya.

Biaya asrama yang harus disiapkan untuk bisa menempati asrama adalah

Satu tahun: 609.000 yen (termasuk sarapan + makan malam)

6 bulan: 318.000 yen (termasuk sarapan + makan malam).

* Catatan: Biaya asrama sedikit berbeda setiap tahun.

2. Apartemen

Apartemen ini diprioritaskan bagi para siswi baru yang sedang melengkapi proses pendaftaran di universitas ini.  Apartemen ini bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi mereka.

3. Ruang Kesehatan

Dalam rangka memastikan kesehatan para mahasiswinya, universitas ini menyediakan ruang kesehatan ini. Para mahasiswi bisa melakukan konsultasi, pengecekan kesehatan rutin, pencegahan dini, hingga melakukan pengobatan di ruang kesehatan ini.

4. Beasiswa

Kwassui Women’s University sangat menghargai keinginan menempuh pendidikan yang dimiliki para mahasiswinya. Karenanya, pihak Kwassui tak segan untuk memberikan beberapa beasiswa kepada mahasiswi yang membutuhkannya.

5. Konsultasi Siwa

Kehidupan memang tidak bisa lepas dari masalah. Termasuk masa-masa di universitas. Karenanya pihak Kwassui menyediakan layanan konsultasi yang diperuntukkan bagi para mahasiswa.

6. Asosiasi Orang tua dan Alumni

Asosiasi orang tua Kwassui didirikan pertama kali pada tahun 1981. Di mana para orang tua mahasiswi dan pihak kampus akan saling berkumpul untuk bermusyawarah atau sekadar bercengkrama.

Sementara asosiasi alumni dibuat pada tahun 1982 oleh Russe, pendiri Katsusui Gakuin. Hingga saat ini, asosiasi alumni sudah memiliki sekitar 36 ribu anggota. Kehadiran dua asosiasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara mempererat hubungan antara pihak kampus dengan orang tua dan alumni.

Kursus

Kwassui Women’s University memiliki tiga jenis kursus, yaitu

  1. Masuk ke kursus singkat (6 bulan – 1 tahun)

Kursus ini diperuntukkan bagi mahaisiwi yang memiliki pengetahuan dasar bahasa Jepang tingkat dasar hingga mahir. Dan belajar tentang bahasa Jepang, budaya dan masyarakat. Ini adalah kursus dari 6 bulan hingga 1 tahun. Kursus bahasa Jepang dibagi menjadi 5 tingkat, dengan siswa dapat belajar sesuai dengan tingkat kelas yang sesuai dengan tingkat pengetahuan mereka.

Selain itu, sekolah juga menyiapkan mata pelajaran seperti bahasa Jepang untuk persiapan Tes Kecakapan Bahasa Jepang, Bahasa Jepang untuk Bisnis, Memproyeksikan dengan siswa Jepang. Selain mata pelajaran di atas, para mahasiswi juga dapat dengan bebas mempelajari mata pelajaran umum di universitas.

Untuk mengikuti kursus ini  minimal harus mencapai tingkat N4 ke atas.

Semester ini dibagi menjadi dua, yaitu semester April dan semester Oktober

Biaya studi

1) 1 tahun saja: 560.000 yen

2) kursus 6 bulan: 297.000 yen

(Tidak termasuk biaya kuliah dan berbagai biaya asuransi)

  • Program studi normal (4 tahun)

Seperti namanya, ini merupakan program ini dlakukan seperti halnya perkuliahan pada umumnya yaitu selama empat tahun. Anda bisa memilih program studi dari berbagai jurusan yang sudah tersedia.

  • Masuk studi dengan mentransfer kredit (2 tahun)

Bagi yang ingin mengikuti programini, minimal harus memiliki gelar sarjana, diploma atau lebih tinggi.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *