Suka Game dan Animasi Jepang? 6 Rekomendasi Sekolah dan Universitas Terbaiknya

Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Credit : The Rookies

Saat ini dunia sudah memasuki era globalisasi. Dimana kemajuan teknologi sudah tidak bisa dihindari lagi. Perkembangannya sangat pesat. Seolah tak segan meninggalkan masyarakat yang tidak siap akan perubahan.

Bukan hanya teknologi yang semakin maju, kebiasaan masyarakat pun juga ikut berubah. Sudah bukan hal aneh lagi kalau banyak kaum muda yang tertarik dengan industri game dan animasi.

Industri kreatif sekarang ini sedang dalam masa maju-majunya. Terutama di Jepang. Sebagai salah satu Negara yang terkenal akan kemajuan teknologinya, Jepang juga terkenal akan animasi dalam bentuk anime serta beberapa game-nya yang sudah mendunia. Sebut saja Mario Bros.

Mungkin Anda juga sudah menyadari kalau grafik pada animasi dan video game di Jepang saat ini semakin terlihat bagus dan keren. Bahkan di Jepang sudah banyak produk yang membuat iklannya dengan model animasi 2D.

Kemajuan ini pun akhirnya memancing minat masyarakat, khususnya para kaum muda untuk ikut berperan serta dalam perkembangannya.Namun, dalam membuat sebuah animasi ataupun game bukanlah hal yang mudah. Kemampuan membuat gambar, menulis cerita yang menarik, keahlian komputer tingkat lanjut, serta pengetahuan lainnnya di industry ini tidak bisa didapat hanya dengan belajar sehari.

Butuh pembelajaran mendalam agar bisa menguasai bidang tertentu untuk bisa membuat animasi dan game menarik yang bisa dinikmati banyak orang. Untuk membantu kaum muda yang ingin menggeluti dunia animasi dan game, saat ini Jepang sudah mendirikan banyak sekolah dan kampus yang menjadikan game dan animasi sebagai salah satu pembelajaran utamanya.  Hal ini menjadi daya tarik bagi penimba ilmu dari berbagai Negara untuk menempuh pendidikan di Negeri Sakura ini.

Berikut adalah enam sekolah dan universitas dengan jurusan game dan animasi di Jepang terbaik yang diminati para siswa Jepang dan Internasional.

1. Tokyo Design  Academy

Credit :tda.ac.jp

Sebagai ibukota Jepang, Tokyo telah menjadi destinasi populer bagi para penimba ilmu dari berbagai Negara. Jika Anda tertarik dengan dunia animasi, maka Tokyo Design Academy ini bisa jadi solusi terbaik.

Sekolah yang telah berdiri sejak tahun 1966 ini dikenal sebagai salah satu surga bagi yang memiliki hobi khusunya di bidang desain. Tokyo Designer Academy (TDA) memiliki berbagai jurusan, yaitu visual design, creative art, graphic design, illustration, manga, animation, interior design, display design, dan fashion accessories.

Dengan waktu belajar selama 2-3 tahun, pastinya TDA bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin mengembangkan skill atau melatih kepercayaan diri dalam menghasilkan suatu karya.

Tokyo Design  Academy berlokasi di 3-62-8 Sendagaya, Shibuya-ku, Tokyo, Jepang.  Sekolah ini tidak hanya populer di kalangan pelajar Jepang saja, tapi juga dari berbagai Negara lain. China jadi Negara terbanyak yang mengirimkan siswanya untuk belajar di sini.

Sekolah ini dilengkapi dengan fasilitas asrama yang nyaman bagi para siswa. Terdapat penjaga asrama yang selalu siap untuk mengurus kebutuhan para siswa, termasuk sarapan dan makan malam.

Ada beberapa cara untuk mendaftar di TDA.  Penerimaan dengan jalur rekomendasi, baik dari sekolah atau lainnya, penerimaan reguler, dan penerimaan AO. Jika mendaftar melalui jalur rekomendasi dan AO, Anda tidak perlu membayar biaya seleksi (20.000 Yen).

Setelah lulus dari Tokyo Designer Academy, kebanyakan alumninya justru berhasil mendapat pekerjaan di berbagai perusahaan Jepang yang terkait dengan bidang tersebut.

2. Kyoto Seika University

Credit : Kyoto-seika.ac.jp

Mungkin di antara Anda banyak yang sudah mengenal Kyoto Animation, perusahaan animasi yang sangat terkenal di Kyoto. Keberadaan perusahaan inilah yang juga membuat Kyoto dikenal sebagai salah satu kota industry anime terbaik saat ini.

Terkenal sebagai kota pelajar di Jepang, Kyoto juga memiliki sekolah dan kampus dengan beragam jurusan yang jadi favorit banyak pelajar. Salah satunya adalah Kyoto Seika University (SEIKA).  Kampus ini terkenal akan fakultas manganya, sehingga selalu menjadi incaran para mahasiswa dari berbagai Negara.

Jika Anda tertarik untuk belajar bagaimana rasanya menjadi seorang mangaka atau animator, maka berkuliah selama 4 tahun di SEIKA adalah pilihan yang tepat.

Selain manga, kampus yang didirikan pada tahun 1968 ini juga memiliki beberapa fakultas lain yang tidak kalah menarik. Yaitu seni, desain, budaya populer, dan humaniora. SEIKA terletak di 137 Kino-cho, Iwakura, Sakyo-ku, Kyoto 606-8588, Jepang. Untuk mencapai lokasi sekolah ini, bisa menggunakan transportasi umum seperti bus dan taxi.

SEIKA memiliki perjanjian pertukaran pelajar internasional dengan 25 institusi luar negeri yang berperingkat tinggi. Tentunya akan memberikan peluang bagi internasionalisasi yang berharga. Baik bagi mahasiswa Jepang maupun internasional.

Selain pertukaran pelajar, berbagai program belajar singkat juga tersedia di kampus ini. Sebagian besar berbasis bahasa.  Tujuannya adalah agar dapat memberikan peluang unik untuk mengalami budaya yang berbeda. Program ini terkadang dilakukan bersama dengan homestay.

Terkenal sebagai kota pelajar di Jepang, Kyoto juga memiliki sekolah dan kampus dengan beragam jurusan yang jadi favorit banyak pelajar. Salah satunya adalah Kyoto Seika University (SEIKA).  Kampus ini terkenal akan fakultas manganya, sehingga selalu menjadi incaran para mahasiswa dari berbagai Negara.

Selain manga, kampus yang didirikan pada tahun 1968 ini juga memiliki beberapa fakultas lain yang tidak kalah menarik. Yaitu seni, desain, budaya populer, dan humaniora. SEIKA terletak di 137 Kino-cho, Iwakura, Sakyo-ku, Kyoto 606-8588, Jepang. Untuk mencapai lokasi sekolah ini, bisa menggunakan transportasi umum seperti bus dan taxi.

Jika Anda tertarik untuk belajar bagaimana rasanya menjadi seorang mangaka atau animator, maka berkuliah selama 4 tahun di SEIKA merupakan salah satu pilihan yang tepat.

3. Tokyo Net Wave

Credit : adachi-gakuen.jp

Sekolah animasi yang terletak di Tokyo ini bisa dibilang masih cukup baru berdiri. Tokyo Net Wave merupakan pecahan dari Tokyo Designer Gakuen College, sekolah desain terkenal di Tokyo yang sering menerima siswa asing. Pada tahun 2017 lalu, seluruh siswa yang berada di jurusan animasi dan creator game di Tokyo Designer Gakuen College dipindahkan ke Tokyo Net Wave.

Sekolah yang berlokasi di 1-8-17, Sendagaya, Shibuya-ku, Tokyo 151-0051  ini sangat populer di kalangan pecinta game dan animasi. Karena Tokyo Net Wave akan mengajarkan para siswanya perihal game, IT, visual, sound, 3DCG animation, dan hal-hal yang berhubungan dengan computer lainnya. Jumlah siswa dalam satu kelas tidak banyak. Sehingga Anda akan merasa nyaman dan bisa fokus pada materi yang diajarkan.

Kalau tertarik mempelajari desain dan game, Anda bisa coba mendaftar di sekolah ini. Karena tiap tahunnya Tokyo Net Wave selalu menerima siswa asing dari berbagai Negara.  Hingga saat ini sudah ada lebih dari 28 siswa internasional yang bersekolah di Tokyo Net Wave.

Untuk masuk ke sekolah ini, Anda harus menyiapkan biaya dengan kisaran

  • Biaya pendaftaran : 150.000 yen
  • Uang sekolah selama satu tahun: 820.000 yen
  • Biaya lainnya: 279.000 yen

Jika kehadiran Anda di sekolah bahasa Jepang baik dan memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah, Anda bisa mendapat potongan uang sekolah sebesar 300.000 yen selama 2 tahun.

4. Osaka Animation College

Credit : studyinjpn

Jika berbicara tentang jurusan yang terkait animasi terutama anime, pastinya tidak akan lepas dari Osaka Animation College. Selama dua bersekolah di sini, Anda akan diajari tentang seluk beluk pembuatan animasi yang baik dan benar. Mulai dari yang menggunakan metode manual hingga metode analog.

Terdapat dua jurusan yang memiliki hubungan erat dengan industry anime. Pertama adalah jurusan voice actor. Anda bisa memilih beberapa kursus, yaitu Anime Voice Actor Course, Anime Song Course, Voice Actor & Staff Course, Idol Voice Actor Course, Anime Musical Course, serta Voice Actor & Anime Song Course.

Kedua adalah jurusan Creative Design. Di jurusan ini Anda bisa memilih beberapa kursus berikut, Animation Production Course, Cartoon Course, Comic Illustration Course, Novelist Course, General Animation Course, Anime Staff Course, serta 3DCG Course.

Berbagai pilihan kursus tersebut tentu sangat cocok bagi Anda yang memiliki ketertarikan khusus terhadap industry anime. Baik dari segi pembuatan animasi maupun pengisi suara.

Osaka Animation College juga akan memberikan beberapa layanan pendukung bagi para siswanya, yaitu dengan program magang, saran karir, hingga pelatihan konsultasi.

Bagi Anda yang tidak tinggal di Jepang, tak perlu khawatir. Sekolah ini juga menyediakan asrama  terpisah dengan fasilitas komplit untuk siswa laki-laki dan perempuan.

5. Nihon Kogakuin College

Credit : Studyinjpn

Sekolah animasi satu ini juga telah menjadi pilihan favorit para siswa Internasional. Alasannya karena pengajar di sekolah ini merupakan native English speaker, yang tentu akan memudahkan para siswa asing yang dalam memahami materi yang diajarkan.

Sekolah ini terletak di Kamata, bangsal Selatan Tokyo yang berada di antara Shinagawa dan Kawasaki. Sekolah ini dapat dengan mudah diakses dari Akihabara dan Yokohama melalui tiga jalur kereta api terpisah. Untuk mencapai sekolah ini, Anda bisa menaiki kereta di jalur JR, Tokyu Lines dan turun di Kamata.

Terdapat 7 jurusan di sekolah ini yaitu Manga & Animation, Game Creator, CG Creator, Graphic Design, Music, Technologi, serta IT. Tiap siswa dapat memilih dengan bebas studi yang ingin dipelajari berdasarkan ketujuh jurusan tersebut. Total ada sekitar 35 program studi yang bisa dipilih. Pendaftaran sekolah ini dimulai tiap bulan April. Anda bisa menggunakan visa pelajar untuk mengikuti kegiatan belajar selama 36 bulan atau 3 tahun. Biaya yang harus dikeluarkan selama 3 tahun tersebut adalah sebesar 3,557,440 Yen. Biaya tersebut sudah termasuk biaya masuk, biaya fasilitas, biaya sekolah, biaya lainnya (asuransi, asosiasi alumni, dan lainnya).

6. Yokohama University of Art & Design

Credit : yokohama-art.ac.jp

Seperti namanya, kampus yang dikhususkan untuk bidang seni dan desain ini terletak di Yokohama, ibukota Prefektur Kanagawa yang terletak di Wilayah Kanto, Pulau Honshu.

Awalnya kampus ini merupakan sebuah sekolah menengah pertama khusus wanita bernama Tokiwamatsu Gakuen yang didirikan pada tahun 1916 lalu. Lalu pada tahun 2010, sekolah tersebut diubah menjadi universitas bernama Yokohama University of Art & Design yang berfokus pada jurusan desain.

Seperti universitas pada umumnya, Anda nantinya akan belajar selama 4 tahun di sini. Di mana tiap tahun memiliki kurikulum yang berbeda.

DI tahun pertama Anda dapat memilih materi utama dan sub materi dari tiga bagian. Bagian A (lukisan/patung), Bagian C (desain kerajinan), serta Bagian V (desain visual). Selain itu ada Literasi Digital (dasar-dasar ekspresi Digital, presentasi Digital, dasar-dasar ekspresi visual) sebagai mata pelajaran wajib. Tujuannya adalah agar para siswa dapat menguasai teknik dasar serta pengetahuan seni dan desain.

Pada tahun kedua, siswa memilih kursus dari 9 program dan akan mendapatkan pelatihan praktis dalam kursus dari bidang terkait. Tujuannya adalah untuk menciptakan fondasi ekspresif mereka. Agar mereka bisa lebih percaya diri dalam menghasilkan sebuah karya.

Di tahun ketiga, siswa meningkatkan kemampuan mereka untuk berpikir dan merancang serta pengetahuan dan teknik untuk mendapatkan keterampilan dan teknik ekspresif yang lebih tinggi. Selain itu, di mana saja siswa termasuk, siswa dapat memilih Kursus Konservasi dan Restorasi.

Pada tahun ke-4, siswa mengikuti seminar dalam kelompok kecil. Setiap siswa mengembangkan tema seputar pertanyaan “Ekspresi seperti apa yang dibutuhkan masyarakat?” Dengan tujuan mengusulkan karya tersebut kepada masyarakat. Sehingga nantinya bisa dipraktikan di dunia kerja nanti.

Itulah beberapa lembaga pendidikan di Jepang yang baiknya Anda pilih jika memiliki ketertarikan akan dunia game dan animasi. Jangan hanya pandai memainkan dan menonton. Tidak ada salahnya mempelajari cara membuatnya dengan memilih lembaga pendidikan tertentu.  Selain cara membuat, Anda nantinya akan bisa lebih menghargai karya-karya tersebut.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *