5 Manfaat Menguasai Bahasa Jepang

fakta menarik bahasa jepang1

Negara kita memiliki banyak keragaman bahasa tapi masih bisa disatukan dengan bahasa persatuan “bahasa Indonesia” Artinya, Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika pergi ke Makassar, Surabaya, Lombok atau bahkan Papua. Berbeda halnya jika Anda ingin ke Jepang, di mana WNA diwajibkan menguasai bahasa Jepang terutama jika berada di sana untuk jangka waktu lama.

fakta menarik bahasa jepang1
Fakta menarik bahasa jepang

Manfaat Menguasai Bahasa Jepang

Belajar bahasa Jepang memberikan banyak manfaat entah untuk diamalkan di dalam negeri. Dan inilah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika mempelajari dan menguasai bahasa Jepang:

Meningkatkan Peluang Memperoleh Beasiswa

Sebagai salah satu negara paling maju di benua Asia, Jepang menjadi incaran banyak WNI untuk melanjutkan studi mereka. Namun berbeda dengan beberapa negara di dunia, Jepang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. 

Maka, mau tidak mau jika Anda berencana untuk melanjutkan studi baik secara mandiri maupun mengikuti program beasiswa Anda wajib menguasai bahasa Jepang dengan baik. Ini penting untuk mempermudah penyerapan study yang disampaikan oleh dosen di dalam kelas.

Pada dasarnya, salah satu syarat wajib mengikuti beasiswa ke Jepang adalah menguasai bahasa Jepang. Secerdas apa dan sebagus apapun nilai IPK Anda tidak akan berpengaruh jika bahasa Jepang Anda masih lebih buruk daripada anak Sekolah Dasar di Jepang. 

Memperluas Jaringan Pekerjaan

Selain membantu Anda meraih cita-cita setinggi langit, menguasainya tentu turut memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan pekerjaan. Setidaknya, Anda bisa menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan orang Jepang dan membuka bisnis di Indonesia atau sebaliknya yakni bekerja langsung di negeri sakura tersebut. 

Karena di Indonesia pun ada banyak sekali lapangan pekerjaan yang mengharuskan seseorang menguasai bahasa Jepang, salah satunya translator atau mungkin bekerja di kedutaan.

Semakin baik potensi kerja Anda dan semakin bagus pula hubungan kerja yang dibangun dengan relasi maupun atasan Jepang maka akan memperlancar kesuksesan karier Anda di masa depan.

Mempermudah Saat Melakukan Wisata

Jepang memiliki banyak kebudayaan, tradisi dan wisata alam yang selalu menarik untuk dikunjungi termasuk oleh wisatawan Indonesia. Ketika Anda mahir berbahasa Jepang, setidaknya Anda tidak perlu khawatir untuk bepergian sendiri ke Jepang. Tidak perlu lagi menyewa jasa tour guide yang mahal atau mengikuti touring yang membosankan.

Anda bisa pergi ke mana pun tempat yang Anda sukai dan berbicara dengan siapa pun karena Anda mahir melakukannya. Tentunya juga akan menjadi jembatan Anda untuk berkomunikasi dan menghindari diri dari kultur shock ketika berlibur ke negara tersebut. 

Anda dengan mudah bisa berinteraksi dengan orang lain, entah itu penjual makanan, pedagang oleh-oleh, bahkan warga sekitar. Jika ada kesulitan pun tidak perlu sungkan untuk bertanya. Ibaratnya, traveling ke Jepang seperti traveling di negeri sendiri karena Anda mampu berinteraksi seperti biasa dengan warga local. 

Menambah Pertemanan dan Wawasan 

Anda yang hobi bermain games online atau chatting online mungkin pernah beberapa kali memiliki teman orang Jepang. Sayangnya karena Anda tidak mahir berbahasa Jepang dan teman orang Jepang tidak mahir berbahasa Inggris, maka komunikasi pun akan sulit terbangun. 

Menguasai bahasa Jepang akan menjadi solusi terbaik saat Anda mengalami kondisi tidak menyenangkan seperti itu. Setidaknya, Anda bisa menjalin pertemanan dengan siapa saja termasuk orang Jepang.

Hal yang sama juga berlaku jika ternyata Anda harus pergi ke Jepang entah karena bisnis atau alasan pribadi. Dengan mahir berbahasa Jepang, semua urusan menjadi lebih mudah. Anda bahkan bisa menambah pertemanan dengan relasi Jepang. Proses penyesuaian kerja pun bisa terlaksana dengan lebih baik dan cepat, karena kedua pihak memahami apa yang dibicarakan satu sama lain. 

Lebih Peka Akan Budaya Jepang

Punya obsesi dengan kultur jepang seperti manga, anime, dorama atau bahkan cosplay? Semuanya merupakan budaya pop Jepang yang sangat populer di Indonesia.

Meskipun ada beberapa anime yang didubbing ke bahasa Indonesia seperti serial Doraemon atau Crayon Shinchan, nyatanya masih banyak anime seru yang masih menggunakan bahasa Jepang.

Ketika menguasai bahasa Jepang setidaknya Anda bisa memahami apa narasi dan dialog yang diucapkan di anime, dorama atau film tanpa perlu membaca subtitle lagi. Anda juga bisa lebih memahami channel kebudayaan dan berita berbahasa Jepang. 

Semakin mahir Anda berbahasa Jepang, akan lebih mudah bagi Anda untuk menelurusi berbagai kebudayaan dan hal-hal menarik tentang negara tersebut. 

Belajar bahasa Jepang bukan sesuatu yang baru lagi di Indonesia, ada banyak tempat kursus atau les privat bahasa Jepang. Anda bisa memilih salah satunya atau mungkin percaya diri dengan belajar secara otodidak?

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *