Mengenal Lebih Jauh Sekolah Bahasa Jepang

Apa kamu pernah menyadari kalau akhir-akhir ini penguasaan bahasa asing seperti sudah menjadi kewajiban bagi tiap orang? Ya memang tidak salah. Di era globalisasi seperti saat ini, berbagai bahasa seolah masuk begitu saja. Wajar kalau penggunaan bahasa asing memiliki peran penting dalam berbagai aktivitas tertentu, salah satunya bekerja. Berbicara tentang penggunaan bahasa asing, mungkin kamu akan langsung berpikir tentang bahasa Inggris dan Mandarin. Pemikiranmu itu tidak salah. Tapi sebenarnya ada satu bahasa lagi yang tidak kalah populer, yaitu bahasa Jepang.

Bahasa Jepang telah menjadi salah satu bahasa asing yang banyak diminati masyarakat Indonesia, di mana kebanyakan mereka berasal dari kalangan muda. Ada yang meminati bahasa Jepang karena pengaruh film dan anime, ada pula yang karena memang berkeinginan untuk melanjutkan studi atau bekerja di negeri Sakura tersebut.

5 langkah mudah belajar bahasa jepang Jeducation
5 langkah mudah belajar bahasa jepang Jeducation

Jepang saat ini telah dikenal sebagai salah satu Negara maju yang memiliki sistem pendidikan berkualitas tinggi. Bahkan Jepang sering disandingkan dengan Negara lain yang telah lama terkenal akan kualitas pendidikannya, seperti Finlandia. Pendidikan di Jepang mencakup akademis, moral, dan budaya. Ya, budaya Jepang memang telah berhasil menarik minat banyak orang untuk mempelajari dan menerapkannya. Terlebih kedisiplinan yang dianut dari tiap aspek kehidupan di Jepang juga makin menumbuhkan minat banyak kalangan untuk belajar di Jepang. Kamu juga merasa seperti itu bukan?

Kalau kamu benar-benar tertarik untuk melanjutkan studi dan bekerja di Jepang sembari mempelajari berbagai kebiasaan dan kebudayaan di sana, ada baiknya kamu mempelajari bahasa Jepang terlebih dahulu. Saat diminta belajar bahasa Jepang, seringkali orang merasa minder atau takut. Bahasa Jepang memang berbeda dengan bahasa yang sering kita gunakan sehari-hari. Mulai dari huruf hingga pengucapan, semuanya berbeda. Wajar saja kalau banyak yang berpikir mempelajari bahasa Jepang itu sulit.

Tapi, ayolah, belajar bahasa Jepang itu sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kalau kamu sudah mempelajari dan memahaminya, kamu pasti akan mengerti kalau bahasa Jepang itu tidak sesulit yang kamu bayangkan. Tidak perlu terburu-buru mempelajarinya. Kamu bisa mulai dari yang paling dasar dulu.  Seperti kata pepatah, ‘sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit.’

Nah, untuk memaksimalkan pembelajaran bahasa Jepangmu, tidak ada salahnya kamu mengikuti sekolah bahasa Jepang yang ada di Jepang.

Sekolah Bahasa Jepang

Seperti namanya, sekolah bahasa Jepang dibuat agar para siswa dapat mempelajari bahasa Jepang secara lebih mendalam. Di Jepang terdapat berbagai sekolah bahasa Jepang yang diperuntukkan bagi siapapun yang ingin belajar bahasa Jepang dengan mendalam. Tidak hanya siswa asing, sekolah ini juga diminati leh siswa dari Jepang itu sendiri. Mereka biasanya merupakan orang-orang yang ingin menjadi guru di bidang bahasa Jepang.

Seperti halnya lembaga pendidikan pada umumnya, di sekolah bahasa Jepang terdapat berbagai materi yang dipelajari. Dan tentu saja seluruh materi tersebut terkait dengan bahasa Jepang, seperti kaligrafi. Sekolah bahasa Jepang terbagi menjadi dua program, yaitu:

1. Program Jangka Pendek

Program ini memiliki jangka waktu pembelajaran yang sama seperti namanya, yaitu dalam jangka pendek. Biasanya hanya berkisar 1 minggu hingga 3 bulan. Karenanya, visa yang digunakan pun adalah Short Stay Visa.

Sebagian besar sekolah bahasa Jepang akan menerima siswa yang telah memiliki kemampuan bahasa Jepang, baik dasar maupun menengah, kapanpun. Jika kamu masih belum memiliki kemampuan bahasa Jepang, maka sebaiknya kamu mendaftar pada bulan Januari, April, Juli, dan Juni. Karena pada bulan-bulan ini sebagian sekolah bahasa Jepang akan membuka pendaftaran untuk menerima siswa yang masih harus belajar bahasa Jepang dari awal.

Ada juga sekolah bahasa Jepang yang menyediakan program jangka pendek ini khusus di musim panas. Bila diadakan pada musim panas, maka program tersebut akan disebut summer school/summer program/summer course. Lama program musim panas tersebut rata-rata berkisar 2 minggu hingga 1 bulan lamanya. Selain di musim panas, ada juga program jangka pendek yang dilakukan pada musim dingin. Namanya adalah winter school/winter program/winter course.

Layaknya sekolah biasa yang penuh keseruan, summer school dan winter school juga diisi oleh pelajaran bahasa Jepang dan berbagai kegiatan menarik bagi para siswanya. Di antaranya seperti pengenalan kebudayaan Jepang dan pengenalan objek wisata di Jepang.

2. Program Jangka Panjang

Kalau program satu ini bisa dibilang kebalikan dari program jangka pendek dalam hal waktu. Pada program jangka panjang, waktu pembelajarannya berkisar 6 bulan hingga 2 tahun. Jadi kamu bisa menggunakan visa pelajar (student visa) jika ingin mengambil program jangka panjang ini.

Dalam program jangka panjang ini, sebagian sekolah bahasa Jepang akan menyediakan dua kelas sesuai dengan minat dan kebutuhanmu, yaitu kelas bahasa Jepang umum dan kelas bahasa Jepang bagi yang ingin melanjutkan pendidikan  di Jepang. Bahkan ada juga sekolah bahasa Jepang yang menyediakan kelas tambahan dengan mata pelajaran selain bahasa Jepang, seperti kelas bahasa Inggtis, matematika, kimia, dan fisika. Tujuannya adalah untuk membantu siswa yang akan menghadapi ujian masuk universitas/sekolah tinggi di Jepang.

Sementara berdasarkan minat dan kebutuhanmu untuk belajar bahasa Jepang, ada tiga jenis sekolah bahasa Jepang yang bisa kamu pilih, yaitu:

  1. Kelas Bahasa Jepang Umum (Japanese Language Courses)
  2. Kelas Bahasa Jepang Bisnis (Business Japanese Language Courses)
  3. Kelas Bahasa dan Persiapan (University Prepatory Courses)

Setelah mengetahui pengertian dan jenis sekolah bahasa di Jepang, kamu mungkin akan merasa tertarik untuk mendaftar di sana. Tapi sebelumnya ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dahulu. Yaitu tentang waktu pendaftaran.

Untuk program jangka panjang, proses pendaftarannya dibuka 4 kali dalam setahun. Di mana penerimaannya paling banyak terjadi di bulan April dan Oktober. Jadi, tidak semua sekolah bahasa Jepang membuka pendaftaran pada bulan Januari dan Juli. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu perhatikan waktu pendaftaran dari tiap sekolah. Jangan sampai terlewat karena kurang informasi ya.

Kalau sudah menentukan waktu pendaftaran yang diinginkan, saatnya mengetahui berbagai persyaratan serta dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. Sebenarnya setiap sekolah memiliki persyaratan berbeda, namun umumnya ada 2 syarat yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Telah menyelesaikan pendidikan resmi selama 12 tahun di Indonesia,yang meliputi masa SD hingga SMA
  2. Maksimal 5 tahun sejak kelulusan dari sekolah terakhir. Jika sudah lebih dari 5 tahun sejak kelulusan sekolah terakhit, kemungkinan diterima akan lebih kecil

Kalau dirasa sudah memenuhi kedua syarat tersebut, saatnya menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.  Seperti halnya syarat penerimaan, dokumen yang harus disiapkan pun berbeda di tiap sekolah. Meski begitu, umumnya yang harus dipersiapkan adalah:

  • Formulir pendaftaran dan daftar riwayat hidup
  • Nilai sekolah/transkrip
  • Ijasah terakhir
  • Surat keterangan kerja (jika sebelumnya memiliki pengalaman bekerja)
  • Fotocopy paspor dan KTP
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy Akte Kelahiran
  • Pass foto
  • Bukti belajar bahasa Jepang
  • Surat keterangan penyandang dana (sponsor) perjalanan ke Jepang dari orang tua atau penanggung biaya
  • Surat keterangan saldo rekening bank
  • Surat keterangan penghasilan tahunan dari orang tua atau penanggung biaya
  • Surat keterangan kerja dari orang tua atau penanggung biaya

Itu dia beberapa hal yang harus kamu ketahui seputar sekolah bahasa Jepang. Mempelajari bahasa Jepang bukan sekadar untuk terlihat keren saja. Banyak hal positif yang bisa kamu dapat dengan mempelajari bahasa Jepang secara mendalam, terutama dalam bisnis dan pekerjaan. So, daftarkan dirimu segera ke sekolah bahasa Jepang yang ada di negeri sakura dan dapatkan berbagai pengalaman terbaiknya!

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *