Yuk! Belajar Bahasa Jepang Otodidak Lewat 3 Situs Ini

cara belajar bahasa jepang secara otodidak
Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Saat ini penguasaan bahasa asing telah menjadi sebuah keharusan. Tidak hanya Bahasa Inggris yang umum diajarkan di sekolah, penguasaan bahasa ketiga juga terbukti mampu membuat kita menjadi lebih mudah .

Kemahiran bahasa tidak hanya berguna untuk urusan pekerjaan, tapi juga dapat membantu Anda untuk meneruskan pendidikan di luar negeri, membuka usaha, ataupun traveling. Salah satu bahasa yang banyak diminati saat ini adalah bahasa Jepang, di mana Anda mungkin adalah salah satunya yang tertarik untuk mempelajarinya dan berakhir membaca artikel ini sekarang.

Kabar baiknya, saat ini belajar tidak melulu harus dilakukan di kelas. Belajar bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah berkat mudahnya akses menuju berbagai materi pembelajaran di dunia maya. Beberapa di antaranya bahkan bisa Anda dapatkan secara gratis, sehingga seharusnya tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar karena keterbatasan biaya.

3 Situs Belajar Bahasa Jepang

Bagaimana, tertarik untuk mulai mempelajari bahasa salah satu negara paling maju di Asia ini? Simaklah rekomendasi situs untuk belajar bahasa Jepang secara otodidak berikut!

NHK World Japan

NHK World Japan adalah layanan penyiaran internasional lembaga penyiaran publik NHK yang disebarluaskan melalui radio, TV, dan internet dalam sejumlah bahasa Asing, salah satunya bahasa Indonesia. 

Di situs resmi mereka, Anda bisa menemukan materi pembelajaran Bahasa Jepang dalam bentuk buku digital dan audio. Materi tersebut juga bisa diunduh secara gratis sehingga dapat Anda akses di mana saja. 

Baca juga: Daftar Sekolah Bahasa Jepang Resmi

Poin plus dari NHK World Japan adalah materi pembelajarannya yang disajikan secara menarik dengan ilustrasi khas anime, di mana Anda akan diajak untuk mengikuti perjalanan karakter Anna dari Thailand dan Sakura dari Jepang.

Anda bisa mengikuti pelajaran secara berurutan berdasarkan kurikulum ataupun sesuai tema. Setelah menyelesaikan materi yang ada di daftar pelajaran, Anda kemudian dapat mengakses materi pelajaran tambahan untuk menambah kosa kata dan mengikuti kuis. 

Perlu menjadi catatan bahwa serial “Cara Mudah Belajar Bahasa Jepang” dari NHK World Japan ini ditujukan untuk pembelajar pemula, sehingga Anda yang sudah lebih mahir mungkin harus mencari situs lain.

cara belajar bahasa jepang secara otodidak
Cara belajar bahasa jepang secara otodidak

Marugoto Online

Marugoto Online adalah platform e-learning Bahasa Jepang yang dikelola oleh The Japan Foundation. Di sini Anda bisa mempelajari bahasa Jepang baik secara mandiri ataupun interaktif dengan bantuan guru untuk melakukan koreksi tugas atau pengajaran secara live.

Marugato Online khususnya menarget pembelajar asing dewasa dan memiliki beberapa level yang disesuaikan dengan tingkat kemahiran peserta, mulai dari tingkat dasar, menengah, hingga mahir. Bila Anda masih bingung, Anda bisa terlebih dahulu mengikuti tes untuk mengetahui tingkat kursus mana yang harus Anda ambil. 

Yang unik dari Marugoto Online adalah bagaimana Anda bisa memilih antara “Kursus Katsudoo” dan “Kursus Katsudoo & Rikai” pada level A1. “Kursus Katsudoo” ditujukan untuk peserta yang ingin belajar Bahasa Jepang dengan santai. Tujuannya adalah agar peserta mendapatkan kemampuan berkomunikasi praktis dalam Bahasa Jepang untuk situasi sehari-hari dan lebih menekankan pada aspek percakapan atau berbicara.

Sementara “Kursus Katsudoo & Rikai” adalah kursus bagi peserta yang ingin mempelajari Bahasa Jepang secara lengkap. Targetnya adalah untuk menguasai Bahasa Jepang secara menyeluruh, di mana Anda tidak hanya akan mempelajari cara berbicara seperti di “Kursus Katsudoo,” namun  juga cara membaca, mendengar, dan menulis.

Intinya, Marugoto Online memungkinkan Anda untuk mempelajari bahasa Jepang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Menarik bukan?

Nihongo no Mori

Rekomendasi terakhir ini memang bukan merupakan sebuah situs, namun materi pembelajarannya tidak kalah lengkap dari sumber-sumber lain. 

Nihongo no Mori adalah sebuah kanal Youtube yang memberikan materi-materi pembelajaran Bahasa Jepang secara gratis. Nama kanal ini dapat diartikan sebagai “hutannya Bahasa Jepang” dan bisa dibuktikan sendiri, apapun yang ingin Anda pelajari soal Bahasa Jepang kemungkinan besar ada di sini.

Kelebihan utama Nihongo no Mori adalah bagaimana Anda bisa langsung belajar dari sensei-sensei-nya yang merupakan penutur asli bahasa Jepang. Lebih tepatnya, kanal ini dikelola oleh para mahasiswa dari Universitas Waseda yang terkenal di Jepang, di mana video-video yang mereka buat khususnya akan membantu Anda untuk mengikuti ujian kemampuan bahasa Jepang.

Seperti di Marugoto Online, di Nihongo no Mori pun terdapat berbagai level, mulai dari N5 (dasar) hingga N1 (sangat mahir). Kanal Youtube ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari materi pembelajaran Bahasa Jepang untuk tingkat mahir seperti dari N3 ke N1. Sebab berbeda dengan level dasar yang banyak tersedia di situs lain seperti NHK World Japan, materi pelajaran Bahasa Jepang untuk tingkat mahir masih sulit untuk ditemui di internet, terutama yang gratis.

Nihongo no Mori bisa dibilang cukup lengkap dan up to date, hanya saja mungkin tergolong agak sulit untuk pembelajar pemula karena hanya sedikit videonya yang dilengkapi dengan subtitle Bahasa Inggris. Hitung-hitung sambil melatih kemampuan mendengar juga, karena hampir seluruh materinya disampaikan dalam Bahasa Jepang. 

Itulah beberapa situs gratis yang dapat membantu Anda mempelajari Bahasa Jepang secara otodidak. Masing-masing memiliki kelebihanya tersendiri, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *