Cara Mengurus Visa Pelajar ke Jepang dan Syaratnya

student visa to japan
Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Halo kawan-kawan, pastinya banyak diantara kamu yang menjadikan Jepang atau yang biasa dikenal sebagai negara sakura sebagai negara tujuan untuk melanjutkan studi? Wajar saja, karena selain memiliki banyak destiniasi wisata alam dan budaya yang populer di kalangan wisatawan internasional, Jepang juga mempunyai kualitas pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi.

Tetapi sebelum berangkat ke Jepang, tentunya kamu sudah tahu kan, jika kamu tidak bisa asal datang ke Jepang tanpa persiapan? Ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan sebelum berangkat ke Jepang untuk belajar, baik untuk shortcourse maupun untuk belajar jangka panjang, salah satunya yaitu visa pelajar.

Nah, sebelum kita membahas bagaimana cara mendapatkan visa pelajar, alangkah lebih baiknya kita mengetahui informasi umum mengenai visa jepang terlebih dahulu.

Apakah Visa Jepang Itu?

Visa adalah rekomendasi atau izin yang diberikan kepada warga negara asing untuk masuk negara Jepang. Izin masuk tersebut dapat berupa stempel maupun stiker yang bisa diajukan di kedutaan Jepang. Namun, izin ini tidak bersifat mutlak karena keputusan akhir seseorang bisa masuk atau tidak ke Jepang tetap bergantung pada pihak imigrasi Jepang.

Jenis Visa Jepang untuk Pelajar Asing

Terdapat beberapa jenis visa Jepang yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan sesuai kubutuhan. Untuk Warga Negara Indonesia yang ingin membuat visa dengan tujuan belajar di negeri sakura tersebut, bisa memilih ‘Visa Khusus’ yang diperuntukkan untuk kepentingan visa pelajar/ bekerja/ pelatihan/ menetap dalam kurun waktu tertentu.

Syarat-Syarat Yang Diperlukan

Untuk mengajukan permohonan pembuatan Visa Khusus, kamu harus melengkapi beberapa dokumen diantaranya:

  1. Paspor
  2. Formulir permohonan visa. Formulir ini dapat didownload di https://www.id.emb-japan.go.jp
  3. Pas foto terbaru dengan ukuran 4,5 x 4,5 cm dengan ketentuan tanpa latar, tidak diedit atau bukan hasil editing dan gambar jelas.
  4.  Pas foto ini harus diambil 6 bulan terakhir Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  5. Certificate of Eligibility / CoE(Asli dan Fotokopinya)

CoE merupakan sebuah sertifikat yang dikeluarkan oleh Departemen Kehakiman Jepang. Sertifikat ini dapat diperoleh dari universitas atau institusi tempat kita mendaftar untuk belajar, biasanya pihak kampus akan membantu untuk mendapatkan Certificate of Eligibity.  

Oh iya, hal penting juga yang perlu kamu tahu bahwa proses pengajuan dan juga pengambilan visa  jepang bisa dilakukan di JVAC atau Japan Visa Application Center yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 tepatnya di sebelah studio XXI.

Peraturan ini mulai berlaku tanggal 15 September 2017. Kamu bisa membaca website JVAC berikut: http://vfsglobal.com/japan/indonesia/ untuk mengethui persyaratan dan lainnya. 

Tata Cara Pengajuan Visa Jepang

Banyak yang bilang kalau mengurus visa itu ribet, tapi tunggu dulu, jangan asal menerima ucapan orang. Mengurus visa itu tidak se-ribet yang dikira jika tahu langkah-langkahnya. Berikut ini langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk mengurus Visa pelajar ke Jepang:

Memastikan Wilayah Yurisdiksi daerahmu

Pengajuan visa dilakukan di konsulat jenderal atau kantor konsuler masing-masing wilayah yurisdiksi. Terdapat 5 kantor konsuler maupun konsulat jenderal Jepang di Indonesia berdasarkan wilayah yurisdiksinya yaitu di Jakarta, Makassar, Surabaya, Denpasar dan Medan. Jadi, misal kamu tinggal di Surabaya, kamu tidak perlu datang ke Jakarta untuk mengujukan visa, atau kamu malah ditolak disana karena tidak masuk wilayah yurisdiksinya.

Menentukan visa yang kamu butuhkan

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar di Jepang, menentukan visa apa yang dibutuhkan.

  • Belajar  jangka pendek (90 hari): Warga negara asing dari beberapa negara dapat berkunjung ke Jepang selama 90 hari dengan pengabaian visa. Ketika tiba di Jepang, di bagian imigrasi, akan diberikan stiker di paspor yang menunjukkan bahwa seseorang dapat tinggal selama 90 hari di Jepang.
  • Belajar lebih dari 90 hari namun kurang dari 20 minggu: Warga negara asing  dari beberapa negara seperti  Swiss, Inggris dan beberapa negara lainnya bisa mengajukan permohonan kepada Kementerian Kehakiman di Jepang mengenai perpanjangan masa tinggal sebelum berakhir masa 90 hari mereka. Namun hal ini akan sulit untuk warga negara lainnya.
  • Belajar jangka panjang (20 minggu-2 tahun): Pelajar yang akan belajar di Jepang dengan rentang waktu ini, wajib mengajukan permohonan visa pelajar dengan mengikuti prosedur pembuatannya.

Mendownload Formulir dari Website Kedutaan Jepang

Formulir permohonan dapat diunduh di https://www.id.emb-japan.go.jp. Kemudian, formulir dapat diisi secara tulis tangan mapun digital menggunakan huruf besar. Cermatilah isi formulir sebelum mengisi dan isilah sedengan sebaik-baiknya.

Mendaftar Pengajuan Visa di Kedutaan Jepang

Untuk mengajukan visa pelajar, dokumen-dokumen yang harus dibawa diantaranya yaitu paspor, formulir pengajuan visa, pas foto ukuran 4,5 x 4,5 cm, fotokopi KTP dan Certificate of Eligibility. Alangkah lebih baiknya kamu juga menyiapkan letter of acceptece (LoA), , ijazah terakhir, kartu keluarga, akta lahir, bukti rekening tabungan sponsor serta fotokopinya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Mendapatkan Visa Pelajar

Setelah melakukan semua langkah-langkahnya secara lengkap, maka tinggal menunggu saja untuk mendapatkan visa pelajar yang kamu butuhkan. Untuk lama waktunya, tergantung pada tempat mendaftar. Jam kerja bagian visa di Kedutaan Jepang yaitu setiap hari senin-kamis kecuali hari libur nasional dan juga libur kedutaan. Pengajuan Permohonan Visa akan dilayani pukul 08.30–12.00 sedangkan pengambilan paspor dilayani pukul 13.30–15.00 WIB

Informasi penting yang juga perlu kamu tahu dalam pengajuan visa yiatu masalah biaya. Semua permohonan visa Jepang maupun registrasi bebas visa di Japan Visa Application Center akan dikenai biaya administrasi setiap paspornya sehingga para pemohon visa Jepang diharuskan membayar ketika mengambil Visa Jepang.  Bagaimana? Mengurus visa pelajar nggak sulit kan?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *