6 Tips Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Jepang

tips-belajar-bahasa-jepang
Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ada beberapa bahasa asing yang diajarkan pada jenjang pendidikan di Indonesia, mulai dari bahasa Inggris, Jepang, Jerman hingga Arab. Bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa yang masuk dalam mata pelajaran tingkat SMA sederajat. Selain itu, beberapa sekolah yang berstandar internasional sudah mengajarkan bahasa Jepang di tingkat dasar.

Semua bahasa asing termasuk bahasa Jepang dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit. Hal ini karena para murid merasa kesulitan dalam pelafalan kosa kata atau merangkai kalimatnya. Sebenarnya, ada beberapa tips mempelajari bahasa Jepang dengan cepat dan lancar. Apa saja yang harus dilakukan? Anda harus simak dengan teliti!

Tips Mempelajari Bahasa Jepang

Ada banyak tips yang bisa Anda gunakan dalam belajar bahasa Jepang. Agar lebih mudah dan ringkas, berikut 6 tips yang harus Anda coba dan terapkan saat belajar bahasa Jepang, baik di sekolah maupun di tempat kursus, di antaranya:

6 Tips Mudah Mempelajari Bahasa Jepang
6 Tips Mudah Mempelajari Bahasa Jepang

Mendengarkan native speaker (pelafal asli)

Tips pertama yang harus Anda lakukan agar sukses belajar bahasa Jepang adalah mendengarkan pelafal asli atau native speaker. Kegiatan ini akan sangat membantu Anda untuk memahami bagaimana bunyi kosa kata dan kalimat yang harus diucapkan. Simak dan perhatian gerakan bibir native speaker, sehingga Anda bisa menirukannya dengan baik.

Jika Anda berada di sekolah dengan guru bahasa Jepang yang bukan native speaker, maka carilah  beberapa referensi video belajar bahasa Jepang dari pelafal asli. Meskipun penuh tantangan dan kesulitan, Anda akan lebih cepat paham dalam melafalkan kosa kata bahasa Jepang dengan baik dan benar.

Melakukan Review Setiap Hari

Belajar bahasa asing memerlukan ketekunan, kesungguhan dan kesanggupan. Jika Anda menginginkan lebih cepat bisa berbahasa Jepang, maka lakukanlah review materi setiap harinya. Review ini akan sangat membantu Anda dalam mengingat semua hal yang diajarkan, sehingga ingatan dalam otak semakin kuat.

Review materi bahasa Jepang sebaiknya Anda lakukan dengan santai layaknya sedang bermain. Anda tidak perlu mengulas seluruh materi, tetapi cukup lakukan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit saja dan ambil poin pentingnya.

Menggunakan Flashcards

Flashcards sangat dibutuhkan di kala Anda belajar bahasa Jepang. Fungsi utama media ini adalah untuk menyimpan kosa kata atau hal-hal yang telah dipelajari. Adanya flashcard ini akan memudahkan Anda dalam mengingat materi pelajaran dengan lebih baik. Flashcard ini memiliki beberapa jenis berdasarkan jumlah kapasitas penyimpanannya.

Agar Anda bisa menyimpan lebih banyak materi bahasa Jepang, pilihlah flashcard dengan kapasitas memori yang besar. Hal ini karena beberapa materi seperti video pasti memiliki ukuran yang besar dan tentunya memerlukan ruang penyimpanan yang banyak. Apakah Anda sudah mempersiapkan flashcard selama pelajaran bahasa Jepang berlangsung?

Latihan Berbicara

Kunci sukses dalam belajar bahasa asing adalah seringnya latihan berbicara. Anda harus menggunakan bahasa Jepang setiap hari sedikit demi sedikit. Hal ini akan membiasakan otak agar mengingat setiap kata bahasa Jepang yang sudah dipelajari.

Setelah Anda latihan berbicara bahasa Jepang dengan mandiri, selanjutnya asah kemampuan Anda untuk berbicara dengan orang lain, bahkan native speaker. Kegiatan ini akan sangat membantu Anda untuk mengoreksi kesalahan dalam pengucapan. Anda juga bisa meminta latihan berbicara dengan guru di sekolah atau di tempat privat.

Baca Cerita Pendek Bahasa Jepang

Mengasah kemampuan berbahasa Jepang juga bisa Anda lakukan dengan membaca buku yang berisi cerita pendek. Anda akan belajar bagaimana merangkai kalimat dengan benar melalui tulisan. Pilihlah judul yang menarik, sehingga minat baca juga semakin tinggi.

Jika Anda masih pemula, buku cerita pendek yang bisa digunakan untuk belajar misalnya buku bacaan tingkat sekolah dasar dengan kalimat yang tidak terlalu panjang. Sebaiknya, Anda juga mengatur durasi waktu baca dimulai dari 10 menit hingga 1 jam. Apakah sudah pernah mencoba tips ini? Buku berjudul apa yang pernah Anda baca?

Mendengarkan Lagu Jepang

Belajar harus dilakukan dengan hati yang gembira, agar setiap materi bisa masuk dan tersimpan lama. Salah satu cara yang paling efektif dalam belajar bahasa Jepang adalah mendengarkan lagu-lagu Jepang. Anda bebas memilih genre sesuai karakter dan mood yang sedang dialami. Sama halnya dengan lagu nusantara, Jepang juga memiliki genre pop, rock hingga jazz.

Anda bisa mendapatkan lagu-lagu Jepang melalui internet atau aplikasi musik. Jangan lupa untuk mengunduh dan menyimpannya di smartphone Anda dengan nama folder khusus, sehingga lebih mudah mencarinya. Selain itu, Anda bisa mengawalinya dengan mendengarkan lagu Jepang atau bisa dari kakek Anda yang hidup di zaman penjajahan Jepang.

Belajar bahasa Jepang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan setiap harinya. Anda bisa melakukan 6 tips di atas secara bergantian, agar mood belajar tetap terjaga dengan baik dan hasilnya bisa memuaskan. Materi apa yang paling Anda suka dari belajar bahasa Jepang?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *