Mengenal 5 Macam Japan Pop Culture yang Populer di Indonesia

gundam, salah satu produk teknologi budaya ala Jepang
Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Setelah Indonesia merdeka, hubungan yang dijalin dengan masing-masing penjajah yakni Belanda dan Jepang berlangsung sangat baik. Hubungan baik tersebut salah satunya ditunjukkan dari event kebudayaan yang sering diselenggarakan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Di Indonesia ada banyak sekali event budaya Jepang yang populer dengan sebutan Japan Pop Culture.

Apa Itu Budaya Pop Jepang?

J-pop pertama kali berkembang sejak tahun 1990-an dan semakin tumbuh hingga hari ini. Japan Pop Culture adalah sebutan bagi produk-produk budaya yang sarat akan budaya tradisional Jepang, mulai dari komik, lagu, pakaian, hingga yang berbau teknologi. Manga dan anime merupakan contoh dua aliran J-pop terpopuler di Indonesia, kepopuleran mereka sudah ada sejak lama bahkan lebih dahulu populer dari pada drama dan boyband Korea.

Tidak heran jika kebanyakan event budaya Jepang yang berkembang di tanah air memiliki target market para otaku Indonesia. Otaku merupakan sebutan pagi pencandu entah itu pecandu komik, anime atau bahkan musik dari negeri sakura.

Sebagai apresiasi otaku terhadap hobi dan kegemaran mereka akan anime, manga atau games Jepang, munculah budaya cosplay. Budaya ini berkembang dengan sangat pesat di Jepang hingga menyebar luas keluar negeri termasuk di Indonesia.

Mereka yang hobi cosplay dikenal sebagai cosplayer, seluruh cosplayer yang ada di Indonesia disatukan di Komunitas Cosplay Indonesia.

5 J-Pop Terpopuler di Indonesia

Kecintaan akan sesuatu termasuk budaya bisa memberikan pengaruh yang sangat besar. Inilah yang menjadi alasan banyaknya event budaya Jepang yang dilakukan di tanah air. Berikut ini jenis kebudayaan Jepang terpopuler dan yang paling digemari oleh kebanyakan remaja di Indonesia:

Cosplay

Menemukan dandadan nyeleneh dan unik bukan perkara sulit di Jepang karena cosplay dan harajuku style sudah menjadi bagian dari Japan Pop Culture. Menariknya, kebudayaan tersebut juga disukai oleh otaku Indonesia tidak jarang event kebudayaan yang diadakan di dalam negeri menampilkan kontes cosplay yang bisa diikuti secara umum.

Role model cosplay setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung pada toko favorit yang diidolakannya. Cosplayer akan melakukan dan memberikan segalanya saat melakukan cosplay mereka akan mempersiapkan kostum dan dandanan sebaik mungkin agar tampak mirip dengan tokoh aslinya.

Saat event budaya Jepang di tanah air, seringkali kita melihat cosplayer yang memeriahkan suasana. Ada pula lomba cosplay yang hadiahnya cukup menggiurkan.

J-pop Music

Event budaya terpopuler berikutnya adalah J-pop music, perkembangan musik di Jepang memang sangat besar dan luas tidak kalah dari industry musik Korea. Saking populernya, kita bahkan bisa melihat lomba anisong yakni lomba menyanyi lagu-lagu anime saat event budaya Jepang berlangsung di dalam negeri.

Karena hampir sebagian besar penggemar J-pop music mengenal lagu Jepang dari anime atau dorama Jepang yang mereka tonton.

Manga

Di Indonesia dikenal sebagai komik, tapi di Jepang disebut sebagai manga. Budaya membuat manga sudah sangat menempel di Indonesia. Banyak penggemar manga yang tertarik untuk membuat komik sendiri dengan berkiblat pada manga Jepang.

Manga Jepang memang memiliki visual yang sangat unik dan berbeda dengan manga Indonesia, komik barat, atau manhwa (komik korea). Keunikan tersebut tampak pada karakter tiap tokohnya wanitanya yang dibuat imut dengan bola mata yang besar.

Anime

Jika manga diwujudkan dalam bentuk cetak, maka anime dilahirkan dalam bentuk animasi atau kartun. Anime Jepang memiliki ciri khas dan keunikan yang membuatnya tampak sangat special di kalangan penggemar.

Baik dari alur cerita, grafis gambar, pencitraan tiap karakter dan dubbing-nya sudah dikemas sedemikian rupa. Tidak heran jika event anime di Indonesia amat sangat dinantikan oleh para penggemar anime.

Menariknya lagi meskipun tampil dalam bentuk animasi, anime memiliki jalan cerita yang sangat bagus dan menyentuh. Tidak heran jika banyak produser film atau dorama Jepang yang akhirnya membuat versi live action menampilkan actor Jepang sebagai tokoh utamanya.  

gundam, salah satu produk teknologi budaya ala Jepang
Gundam, salah satu produk seni-teknologi ala Jepang

Video Games

Pernah dengar tentang Pokemon? Merupakan salah satu games video Nintendo yang sangat populer di Jepang. Games ini diciptakan tahun 1995 lalu oleh Satoshi Tajiri dan menjadi games paling populer di dunia setelah games Mario.

Pada dasarnya waralaba Pokemon yang hadir di skala global terdiri dari beragam bentuk termasuk video games, buku, anime, mainan, manga dan lainnya. Selain mengenal Pokemen, penggemar video games Jepang di Indonesia turut mengenal games lainnya.

Sebut saja Fruit of Grisaia, Nekopara, Tears To Tiara, Corpse Party, Attack on Titans dan masih banyak lagi.

Selain kelima event budaya di atas, sebenarnya masih ada satu kebudayaan Jepang lainnya yang sangat populer di Indonesia yakni kuliner. Budaya makan makanan Jepang sudah sangat menjamur di Indonesia terbukti dari semakin banyaknya jumlah restoran atau café khas Jepang.

Sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang paling populer di tanah air, penggemarnya sangat banyak dan beragam dari berbagai generasi. Selain sushi, kita juga mengenal dengan baik ramen atau onigiri.

Saat bicara tentang Jepang, otomatis otak kita akan menghubungkan dengan Japan Pop Culture. Contoh penerapannya sudah dilangsungkan sejak lama di Indonesia melalui berbagai event kebudayaan Jepang-Indonesia yang diselenggarakan oleh berbagai universitas atau duta besar Jepang di tanah air.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *