5 Rekomendasi Apartemen di Tokyo yang Nyaman untuk Masa Studimu

Credit: getaroom

Tahukah kamu apa yang hal penting yang bisa membuat kegiatan belajar terasa makin menyenangkan? Sekolah berkualitas terbaik? Guru-guru yang kompeten di bidangnya? Teman-teman yang seru dan asyik? Ya, semua jawaban itu benar. Tapi ada satu hal penting lagi yang bisa mempengaruhi perasaan dan suasana dalam kegiatan belajarmu. Yaitu tempat tinggal.

Sebelumnya kami ingin bertanya dahulu. Apakah kamu sedang dalam proses menyelesaikan studi di Jepang? Sedang bersiap-siap untuk melanjutkan studi? Atau masih berharap bisa meneruskan pendidikan di Jepang?

Untuk kamu yang masih belum melaksanakan studi di Jepang, kira-kira hunian sementara seperti apa yang akan kamu pilih nantinya? Ada berbagai macam pilihan tempat yang bisa kamu pilih sebagai hunian sementara selagi menyelesaikan studi di Jepang. Seperti asrama, hotel, homestay atau apartemen. Di antara keseluruhan tempat itu, yang paling sering dijadikan pilihan oleh para siswa internasional adalah apartemen.

Kamu pastinya sudah tidak asing dengan istilah apartemen bukan. Jenis penginapan ini memang sering dijadikan pilihan karena tergolong murah namun nyaman untuk diri sendiri. Kalau di asrama, homesharing atau homestay, tentu kamu harus tinggal dan selalu melakukan berbagai aktivitas bersama-sama. Sementara di apartemen, kamu bisa memiliki ruang pribadi tersendiri yang membuatmu bisa menyegarkan pikiran. Selain itu, harga sewa apartemen biasanya lebih murah dibanding sewa hotel.

Untuk kamu yang sudah memulai proses studi di Jepang, mungkin tidak semua siswa di Jepang menggunakan apartemen selama berada di Jepang. Karena ada beberapa sekolah yang memang menyediakan fasilitas asrama bagi siswa yang melanjutkan pendidikan di sekolahnya.

Meski begitu, penggunaan asrama dari sekolah biasanya terbatas. Kapasitas asrama biasanya tidak bisa menampung keseluruhan siswa. Sehingga mau tidak mau harus mencari tempat tinggal sendiri. Biasanya jenis tempat tinggal pilihan yang banyak diminati adalah apartemen.

Jika sebelumnya kamu pernah tinggal di kos-kosan atau sejenisnya, kamu pasti sudah paham kalau mencari tempat tinggal sementara tersebut tidaklah mudah. Apa lagi jika kamu mencari kosan tersebut di luar kota yang pastinya masih asing denganmu. Begitu pula saat mencari apartemen di Jepang.

Menemukan apartemen di Jepang yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan kita mungkin tidak semudah di Indonesia. Terlebih jika kamu adalah orang asing dan first timer . Mengingat budaya dan kebiasaan tiap Negara berbeda. Misalnya saja soal kamar mandi. Di Indonesia, kamar mandi biasanya digabung dengan toilet. Sementara di Jepang biasanya terpisah, karena masyarakat Jepang memiliki 2 paham mengenai penggunaan toilet. Ada yang menganut paham paper based (menggunakan tisu) atau water based (menggunakan air). Mungkin terdengar sepele, tapi tentu akan mempengaruhi kenyamanan kita selama tinggal di sana.

Ada tiga cara yang bisa kamu coba untuk menemukan apartemen, yaitu:

1. Informasi kantor Administrasi Sekolah/Universitas

Sekolah dan universitas di Jepang biasanya memiliki berbagai informasi seputar apartemen yang bisa kamu sewa selama berada di Jepang. Kamu bisa bertanya pada pegawai kantor administrasi. Nantinya kamu akan diberikan rekomendasi apartemen yang sesuai kebutuhanmu.

2. Melalui Kantor Real-Estate (Fudosan)

Kalau rekomendasi apartemen di sekolah atau universitas dirasa masih kurang sreg dengan keinginanmu, kamu bisa coba mencari informasi di kantor Real Estate.

3. Mencari di internet

Tidak semua orang memiliki kesempatan  datang ke Jepang untuk mencari informasi seputar apartemen secara langsung. Beruntung saat ini sudah banyak situs yang dapat memberikanmu informasi seputar apartemen, mulai dari biaya, lokasi, hingga fasilitas. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan keinginannmu saja.

Berbagai cara tersebut akan memungkinkanmu melihat berbagai pilihan apartemen sesuai dengan daerah dan kebutuhanmu. Namun kamu mungkin akan merasa bingung karena ada banyak pilihan apartemen menarik yang ditawarkan dari ketiga cara tersebut. Nah, untuk mempermudahmu dalam menentukan apartemen yang menarik dan sesuai dengan kebutuhanmu, berikut kami berikan rekomendasinya:

1. AKIBA & University of Tokyo.

Alamat: 6 Chome-54-8 Higashinippori, Arakawa-ku, Tōkyō-to 116-0014, Japan
Telepon: +86 138 1671 0042
Host: Chihiro Kawamoto

Apartemen AirBNB ini bisa jadi pilihanmu jika sekolah tujuanmu berada di daerah Tokyo. Untuk menemukan apartemen ini, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Maps dan mencari gedung bernama Xebec Nippori yang berada di area Arakawa.

Jika baru pertama kali tiba di Jepang, ada beberapa cara untuk mencapai apartemen ini dari bandara, yaitu:

Dari Narita Airport: Ambil Keisei Line yang menuju langsung ke Nippori Station, lalu jalan kaki sekitar 5-7 menit.

Dari Haneda Airport: Ambil Keikyu Line yang menuju ke Shingawa Station, lalu transfer ke JR Yamanote Line, turun di Nippori Station, lalu jalan kaki sekitar 5-7 menit.

Ada beberapa fasilitas yang akan kamu dapatkan di apartemen ini, yaitu:

–Queen Size Bed
– Parket Floor
– Air conditioner dan Heater
– Meja dan Kursi
– Lemari
– Private Shower dan Toilet
– Handuk
– Free Wifi
– Tap Water (tapi menurut Host lebih baik di masak dulu)
– Kulkas
– Water Boiler
– Kitchen Set
– Microwave
– Mesin Cuci

2. Petit Grande Homes

Apartemen ini terletak di daerah Asakusa. Daerah yang terkenal akan Nakamise Street-nya ini banyak dijadikan tujuan siswa internasional karena keramaiannya dan kemudahan untuk menemukan jajanan street food yang lezat hingga restoran halal yang selalu dicari para siswa muslim. Petit Grande memiliki staf yang dapat berbahasa Inggris yang dapat mempermudah komunikasimu. Selain itu ada juga fasilitas menarik seperti laundry, free Wifi, keamanan selama 24 jam, serta fasilitas menarik lainnya.

3. Mimaru Tokyo Hachobori

Ginza merupakan suatu tempat yang berada di jantung kota Tokyo. Di mana tempat ini terkenal akan spot jalanannya yang dipenuhi berbagai mall, toko, hingga café yang elegan. Karena itu Ginza sering dijadikan lokasi hunian bagi para siswa di Jepang. Salah satunya di Mimaru Tokyo Hachobori ini.

Apartemen ini terletak di Nihombashi yang hanya berjarak 700 meter dari Ginza. Lokasinya juga berdekatan dengan Kayabacho  Station dan hanya perlu berjalan kaki selama 1 menit dari sana untuk tiba di apartemen.

4. Nishi-Shinjiku 5 Chome Apartment

Apartemen yang memiliki luas 30m ini terletak di Shinjuku yang dikenal akan keramaiannya. Terdapat berbagai fasilitas menarik di apartemen ini, yaitu dapur, wifi, hingga tempat cuci pakaian yang sangat bersih. Karena luasnya, kamu bisa menginap bersama 4 orang teman lainnya. Meski sedikit jauh dari stasiun, namun harga sewa apartemen ini cukup murah.

5. Oakwood Premier Tokyo

Apartemen mewah ini memiliki lokasi yang sangat strategis, yaitu terletak persis di sebelah Tokyo Station. Letaknya yang berada di pusat kota Tokyo ini membuat Oaktwood Premier Tokyo sangat cocok untuk kamu yang harus sering berpergian kemana pun. Baik dengan transportasi umum maupun taksi. Harga sewanya mungkin sedikit mahal. Namun sesuai dengan berbagai kelebihan yang akan kamu dapatkan.

Salah satu kunci belajar yang maksimal adalah tempat tinggal yang nyaman. Jika kamu berada di Tokyo, pastikan kamu tinggal di hunian-hunian terbaik seperti 5 rekomendasi yang disebutkan di atas, agar masa studimu bisa selesai sebaik mungkin.

Untuk kamu yang ingin melanjutkan sekolah ke Jepang, baik itu melanjutkan ke perguruan tinggi S1, S2, sekolah menengah atas (SMA), sekolah kejuruan, atau ingin meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dengan program sekolah jangka pendek, jangka panjang, atau program sekolah musim panas di Jepang.

Kamu bisa langsung menghubungi kami, kami membantu kamu memilih sekolah di Jepang, mengurus dokumen/berkas pendaftaran, dari proses awal keberangkatan ke Jepang hingga selesai masa sekolah dan kembali lagi ke Indonesia. Hubungi atau Whatsapp kami di 085215802559 kami akan membantu Anda dengan senang hati.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *