5 Rekomendasi Sekolah Fashion Terbaik di Jepang 2020

Credit: pinterest

Selama dua dekade terakhir ini, perkembangan dunia kreatif rasanya makin tak terbendung. Salah satunya adalah di bidang fashion atau tata busana. Siapa yang tidak tahu fashion? Hampir semua orang, baik kaum pria maupun wanita, sangat menggemari fashion. Ada yang tertarik untuk sekadar menjadikannya hobi, ada pula yang memutuskan untuk menyeriusi dunia mode.

Mereka yang ingin serius menggeluti fashion memang memiliki cita-cita untuk bekerja di bidang ini. namun, perlu Anda ketahui bahwa untuk bekerja di dunia mode tidak bisa dilakukan hanya dengan sekadar keinginan. Anda harus memahami dengan benar berbagai hal seputar fashion mulai dari yang paling dasar atau mendesain hingga level professional atau bisnis.

Lalu bagaimana cara untuk memahami dunia fashion dengan baik? Salah satu caranya adalah dengan belajar di sekolah fashion.

Saat ini sudah banyak sekolah yang khusus mempelajari tentang fashion. Kota-kota besar seperti New York, Paris, Milan, dan London telah lama dikenal sebagai fashion capital. Karena keempat kota ini memiliki banyak sekolah yang mempelajari fashion secara maksimal. Hingga puluhan tahun lalu, siapapun yang memiliki passion besar di bidang mode, khususnya Asia, harus pergi ke salah satu dari empat kota tersebut untuk mendapat pendidikan fashion yang maksimal.

Tapi itu dulu. Karena seiring perkembangan zaman dan banyaknya peminat dunia mode, beberapa sekolah di berbagai Negara mulai membangun dan membuat sekolah yang mempelajari fashion.  Termasuk di Asia. Dari beberapa Negara di Asia tersebut, Jepang merupakan salah satu yang terkenal memiliki pendidikan fashion mendunia. Dari sekian banyak sekolah fashion yang ada di Jepang, berikut kami rangkum dalam 5 rekomendasi sekolah fashion terbaik di Jepang.

1. Bunka Fashion College Tokyo

Credit: artforia

Bunka merupakan sekolah desain pertama di Jepang yang didirikan pada tahun 1923. Sejak saat itu, Bunka Fashion College Tokyo telah menjadi salah satu institusi fashion yang paling diperhitungkan di dunia.  Bagaimana tidak, sekolah ini telah memainkan peran penting dalam pendidikan mode di Jepang selama sekitar 100 tahun lamanya.

Hingga saat ini, Bunka telah menghasilkan sekitar 300.000 alumni. Beberapa alumni Bunka adalah nama-nama yang sudah terkenal di dunia mode seperti Kenzo Takada, Yohji Yamamoto, Junya Watanabe dan Tsumori Chisato, serta dari Indonesia, Tex Saverio.

Terdapat empat depatemen yang bisa Anda pilih di Bunka Fashion College Tokyo ini, yaitu

Fashion Creation Department

Kursus dua tahun ini akan membantu siswa memperoleh kemampuan Umum dan pengetahuan tentang penciptaan garmen. Bagi yang telah menyelesaikan kursus dapat beralih ke kursus pembuatan garmen lanjutan pada tahun ketiga, untuk mengembangkan keterampilan spesialis tingkat tinggi.

Fashion Technology Department

Kursus empat tahun ini menjadi spesialis dalam perencanaan dan produksi untuk memupuk bakat unggul dalam memainkan peran utama dalam tahap perencanaan dan produksi industri pakaian. Terdapat juga kursus tiga tahun, di mana siswa dapat memperoleh berbagai pengetahuan dasar dan profesional dan keterampilan untuk mengembangkan daerah mereka sendiri spesialisasi.

Fashion Marketing and Distribution Department

Kursus empat tahun yang membina para pencipta bisnis fashion untuk bekerja pada tahap fashion internasional bertujuan untuk menjadi ahli dalam bisnis dan distribusi. Di mana para siswa dapat mempelajari dasar mode dan pemasaran fashion dan distribusi di tahun pertama dan naik ke kursus spesialis untuk mengembangkan daerah mereka sendiri spesialisasi di tahun kedua. Ada tambahan satu tahun kursus lanjutan yang bisa Anda pilih jika masih merasa belum cukup.

Fashion Accessories and Textiles Department

Kursus tiga tahun, di mana para siswa dapat mengembangkan keterampilan spesialis tekstil, dalam mode aksesoris dan tekstil. Para siswa dapat belajar pengetahuan dan keterampilan canggih secara sistematis pada bidang keahlian mereka: desain Millinery, desain perhiasan, desain tas, dan desain alas kaki.

2. Hollywood Fashion & Beauty College

Hollywood Fashion & Beauty College merupakan sekolah tinggi professional yang berfokus pada bidang mode dan kecantikan di Jepang.  Sekolah ini berlokasi di 6-4-1 Roppongi, Minato-ku, Tokyo 106-8541. Untuk mencapainya, bisa menggunakan kereta dan turun di satasiun Roppongi. Hingga saat ini, Hollywood Fashion & Beauty College telah berhasil menyebarkan mode mutakhir dan perawatan kecantikan, mulai dari rambut, kuku, hingga make up di Jepang.

Terdapat dua jurusan dengan beberapa program kursus yang bisa Anda pilih, yaitu:

1. Beauty Department

Di jurusan ini Anda akan diajarkan dasar-dasar total beauty. Mulai dari make up, perawatan kuku, beauty salon, pakaian, mode hingga menata rambut. Para siswa juga dapat mengikuti berbagai kontes terkait bidang yang diambil untuk memperkuat skill yang dimiliki.

Ada dua jenis kursus yang ditawarkan untuk jurusan ini, yaitu :

  • Kursus spesialisasi / kursus komunikasi : memperkuat keterampilan  tentang dasar-dasar mode, rambut, tata rias, kuku, dan salon kecantikan.
  • Kursus spesialisasi lanjutan : Tidak hanya mengajak para siswa mempelajari teori dan teknologi kecantikan modern, tapi juga mengenai manajemen dari sebuah salon kecantikan. Dengan begitu, para siswa tersebut nantinya bisa menjadi sorang leader professional dalam bidang kecantikan.
2. Total Beauty Depatment

Di total beauty department ini, para siswa dapat memilih satu dari tiga jenis kursus, yaitu kursus spesialis, kursus dasar, dan kursus bisnis kecantikan.

Terdapat tiga jenis kursus yang bisa dipilih di jurusan ini, yaitu :

  • Kursus spesialis (2 tahun)

Pada tahun pertama di kursus ini , para siswa akan mempelajari dasar-dasar teknologi rias, pengetahuan kosmetik, perawatan kecantikan, penataan rambut, Japanese installation, periasan pengantin, tata cara layanan pelanggan, dan lain sebagainya.

  • Kursus dasar (1 tahun)

Kursus satu tahun ini baru didirikan pada tahun 2020. Nantinya para siswa akan memperoleh kualifikasi tertentu dengan mempelajari dasar-dasar pengetahuan kosmetik, perawatan kecantikan, penataan rambut, Japanese installation, periasan pengantin, hingga tata karma dalam melayani pelanggan.

  • Kursus bisnis kecantikan (1 tahun)

Seperti namanya, kursus ini akan melatih kemampuan para siwa yang ingin membuat atau tergabung dengan bisnis kecantikan. Mereka nantinya akan mempelajari dasar-dasar total beauty dan budaya Jepang.

3. Tokyo School of Business College

Credit : Adachi Gakuen

Tokyo School of Business atau biasa disebut TSB merupakan sebuah sekolah bisnis yang sudah berdiri sejak tahun 1967. Seperti namanya, fokus utama sekolah ini adalah bisnis.  ‘Merakit’ mimpi para siswa dengan memberikan berbagai persiapan dalam menghadapi dunia kerja adalah tujuannya.  Jika Anda tertarik untuk memiliki bisnis di bidang fashion, maka Fashion Business Dept bisamenjadi pilihan terbaik Anda.

Bertujuan untuk menumbuhkan sumber daya manusia yang akan memikul industri fashion di masa depan.TBS  juga menawarkan pelajaran Desain Interior dan pelajaran persiapan untuk tes kualifikasi. Ada beberapa program studi yang bisa dipilih para siswa dalan jurusan ini, yaitu

  • Fashion Stylist Major
  • Apparel Shop Staff Major

4. Kyoto University of Art and Design

Credit: A-Factory

Sekolah Seni dan Desain Universitas Kyoto bertujuan sepenuhnya mendukung kegiatan para siswanya dan membantu membangun sistem reformasi sosial yang berfokus pada promosi “kreatifitas” untuk membangun kemungkinan peradaban baru yang didorong oleh budaya artistik dan filosofis berdasarkan cinta abadi pada kemanusiaan dan alam. Bagi Anda yang tertarik untuk belajar mode di sini, bisa masuk ke kursus Desain Busana yang terdapat di Departemen Desain Spasial.

5. Tokyo Designer Gakuin College

Credit : Adachi-Gakuen

Tokyo Designer Gakuin College atau biasa disebut TDG merupakan sekolah kejuruan yang berfokus untuk memupuk para calon desainer dengan keterampilan dan perspektif yang luas. Tokyo Designer Gakuin College telah dikenal di seluruh industri desain, karena terus memberikan desainer dan pencipta ke garis depan.TDG juda memiliki program pertukaran siswa dengan sekolah lain di seluruh dunia.

Jika  tertarik untuk mempelajari dunia mode, Anda bisa masuk ke Fashion & Make-up Design Department.  Di sini Anda akan mempelajari keterampilan bisnis industri mode dan fashion. Di mana nantinya keterampilan tersebut dapat dikembangkan untuk meraih cita-cita di industry tersebut. Jurusan ini memiliki beberapa program studi, yaitu:

  • Fashion Design Major
  • Self-produced major
  • Make-up Design Major

Itulah lima rekomendasi sekolah fashion di Jepang yang bisa Anda pilih untuk mewujudkan impian mode Anda. Kira-kira mana yang sesuai dengan minat Anda?

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *