Biaya Kuliah di Jepang

Pic by: siora-unsplash.jpg

Bagi sahabat Jeducation yang berencana untuk melanjutkan studi S1 dengan biaya sendiri, hal yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan oleh orang tua atau calon siswa sendiri adalah biaya yang diperlukan hingga lulus. Berikut merupakan rata-rata biaya kuliah di Jepang yang kami dapat dari Japan Student Services Organization (JASSO). Biaya ini merupakan biaya rata-rata untuk seluruh program universitas (baik, S1 maupun S2) dan college. Biaya kuliah S1 dan College dibagi menjadi 4, sesuai dengan kategori perguruan tinggi (pendidikan tinggi):

1. Biaya Kuliah di Jepang Program Sarjana

Masa studi program sarjana reguler adalah 4 tahun. Akan tetapi khusus untuk program studi kedokteran, kedokteran gigi, jurusan farmasi di beberapa universitas dan kedokteran hewan adalah 6 tahun. Berikut rata-rata biaya kuliah untuk program sarjana dari tahun pertama hingga lulus. Biaya tahun pertama biasanya lebih besar karena ada tambahan biaya “pendaftaran”. 
*Biaya kuliah untuk tahun pertama meliputi uang masuk, biaya kuliah, uang penggunaan fasilitas, peralatan dsb.

Biaya Kuliah di Jepang Program Sarjana
(1Rp = 135 yen)
Sumber = https://jasso.or.id/study-in-japan/program-sarjana-s-1.html

2. Biaya Kuliah di Jepang program Junior College 

Junior College merupakan program diploma yang ada di Jepang dengan masa belajar 2 tahun. Berbeda dengan di Indonesia, siswa yang lulus dari program ini tidak dapat langsung melanjutkan ke program S-1. Apabila ingin melanjutkan program S-1 harus mengulang kembali dari tahun pertama. 

Biaya Kuliah di Jepang
(1Rp=135 yen)
Sumber= https://jasso.or.id/study-in-japan/program-sarjana-s-1.html

3. Biaya Kuliah College of Technology (D-3)

College of Technology (koutou senmon gakkou) merupakan program pendidikan khusus bagi lulusan SMP dengan masa pendidikan konsisten selama 5 tahun (5,5 tahun untuk bidang pelayaran niaga) untuk membina keahlian yang diperlukan dalam dunia kerja. Mahasiswa asing yang belajar dalam program ini belajar mulai dari tingkat 3 saja dengan persyaratan sama dengan program S-1 dan junior college. Dewasa ini hampir tidak ada lembaga penerima mahasiswa asing atas biaya sendiri kecuali atas beasiswa dari pemerintah Jepang dan pemerintah negaranya sendiri. 

Sumber = https://jasso.or.id/study-in-japan/college-of-technology.html

(1Rp = 135 yen)  

4. Biaya Kuliah Professional Training College (D-2)

Professional Training College (senmon gakkou) merupakan lembaga pendidikan tinggi dengan masa belajar 1 ~ 4 tahun tetapi umumnya berlangsung selama 2 tahun. Program dalam Professional Training College ini tidak ada dalam bahasa Inggris. Program yang ditawarkan meliputi bidang kesehatan, teknik, kebudayaan, kependidikan, perdagangan, kesejahteraan sosial, kerumahtanggaan, pertanian, dan lainnya. 

Biaya Kuliah di Jepang, Professional Training College (D-2)
(1Rp = 135yen)
Sumber = https://jasso.or.id/study-in-japan/training-college-.html

Dari rata-rata biaya kuliah yang diinformasikan oleh Japan Student Services Organization (JASSO), bisa kita dapati bahwa rata-rata biaya yang harus dipersiapkan hingga lulus adalah sebagai berikut:

Biaya kuliah di Jepang

Selain kemampuan bahasa dan kemampuan akademis, salah satu yang perlu dipersiapkan adalah biaya sekolah dari tahun pertama hingga lulus. Beberapa universitas juga menawarkan beasiswa bagi siswa yang berprestasi. 

Untuk informasi mengenai biaya kuliah program pascasarjana dapat dilihat pada postingan “Kuliah di Jepang Program Pascasarjana” .

Informasi lebih detail mengenai kuliah di Jepang dan syarat-syaratnya, bisa dicaritahu dengan menghubungi staff Jeducation Indonesia di Kontak +62 812-9726-5232 (Ms. Afi)

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *