S2 di Jepang / Program Pascasarjana

S2 di Jepang
Pic by: javier-unsplash

Jepang merupakan tempat idaman bagi sebagian orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa, budaya, dan teknologinya. Karenanya Jepang mempunyai daya tarik tersendiri terlebih untuk kalangan anak muda yang gemar terhadap manga, anime, cosplay, dan bahasa Jepang. Tidak sedikit mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan di Jepang, baik itu program Pascasarjana atau S2 di Jepang. Program pascasarjana reguler terdiri dari program master/S-2 (masa studi 2 tahun) dan program doktor yang umumnya terbagi atas program awal (selama 2 tahun, setara dengan program master) dan program akhir (selama 3 tahun).

S2 di Jepang, Program Research student

Melanjutkan studi pascasarjana atau S2 di Jepang, memiliki syarat yang berbeda dengan Indonesia. Di Indonesia, siswa bisa mendaftar langsung ke universitas yang mereka idamkan. Tetapi di Jepang berbeda, di Jepang siswa harus menyelesaikan program Research Student sebelum masuk ke program pascasarjana. Program Research student memiliki masa belajar maksimal 2 tahun, dan program ini tidak memiliki jenjang pendidikan. Apabila kamu tidak diterima di program pascasarnana dalam waktu 2 tahun, kamu harus kembali ke negara asal tanpa gelar pendidikan.

Beberapa universitas yang ada di Jepang menawarkan program master langsung tanpa menjalani program Research Student, hanya saja mereka diwajibkan untuk menjalani program Research Student apabila berencana untuk melanjutkan program doktoral dari program master di Jepang.

Dikutip dari informasi yang kami dapat dari Japan Student Services Organization (JASSO), besaran biaya pendidikan untuk program master dan doktoral ditentukan dari universitas yang dituju dan jurusan yang diambil. Berikut rata-rata biaya kuliah program pascasarjana dari tahun pertama hingga lulus. 

S2 si Jepang
(sumber= https://jasso.or.id/study-in-japan/program-pasca-sarjana-.html)

Informasi lebih detail mengenai kuliah di Jepang dan syarat-syaratnya, bisa dicaritahu dengan menghubungi staff Jeducation Indonesia. Konsultasi gratis perjalanan studi kamu ke Jepang bersama kami, hubungi kami di +62 812-9726-5232 (Ms. Afi). Kami dengan senang hati akan membantu untuk merekomendasikan sekolah mana yang cocok dengan minat kamu.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *