Ini Cara Mengurus Certificate of Eligibility (COE) Sebelum Studi ke Jepang.

Jepang saat ini sudah menjadi salah satu tujuan utama tiap orang, terutama para penimba ilmu dari berbagai Negara. Termasuk yang berasal dari Indonesia . Pemerintah Jepang memang membuka pintu bagi para siswa yang ingin melanjutkan studi ke negaranya. Selain untuk siswa yang ingin melanjutkan studi, pemerintah Jepang juga memberikan kesempatan bagi yang ingin bekerja di Jepang atau melakukan internship atau training selama 6 bulan sampai 1 tahun.

Layanan Jeducation: Kursus Online Bahasa Jepang Bersama Orang Jepang

Ketika melanjutkan studi ke Jepang pun, para calon siswa tentunya memakan waktu yang tidak sebentar. Mereka harus menetap di Jepang dalam waktu tertentu. Entah itu dalam hitungan bulan ataupun tahun.

Untuk bisa tinggal di Jepang dalam jangka waktu tersebut, Anda harus memiliki beberapa dokumen. Salah satunya adalah Certificate of Eligibility atau biasa disingkat COE. Dokumen satu ini wajib Anda miliki jika ingin tinggal di Jepang dalam jangka waktu lebih dari 3 bulan

Selain itu, COE juga merupakan ‘surat sakti’ untuk mendapat visa di Jepang. Baik itu visa pelajar, internship, pelajar, dependent, visiting research, dan lainnya.

Proses untuk mendapatkan COE ini terbilang sangat panjang dan rumit. Biasanya memakan waktu setidaknya 1 – 5 bulan. Tergantung dari kelengkapan persyaratan yang dimiliki serta ramai atau tidaknya peserta lain yang mengajukan COE pada waktu tersebut.

Untuk mendapatkan COE ini, pihak sekolah bahasa Jepang akan membantu proses pengajuan COE ini ke imigrasi Jepang. Yang perlu dilakukan oleh siswa adalah melengkapi persyaratan yang diwajibkan untuk mengajukan studi di Jepang dan tinggal di Jepang yaitu:

Persyaratan yang harus disiapkan

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus Anda bawa saat akan membuat COE. Keseluruhan dokumen ini bisa dalam bahasa Jepang maupun bahasa Inggris.

1. Pendaftar

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran
  2. Sertifikat kelulusan terakhir (SMA/Universitas) asli dan fotokopi.
  3. *untuk SMA wajib melampirkan legalisir ijazah kelulusan.
  4. Transkrip nilai (asli dan fotokopi)
  5. Paspor (Fotokopi)
  6. Stamp Visa ke Jepang sebelumnya, apabila pernah ke Jepang (Fotokopi)
  7. KTP (FotoKopi)
  8. Akta Kelahiran (Fotokopi)
  9. Foto ukuran 4x3cm (Fotokopi)
  10. Seritifikat kemampuan bahasa Jepang min. N5, dan surat keterangan belajar bahasa Jepang min. 152 jam (Asli)
  11. *Surat keterangan domisili, apabila alamat pendaftar berbeda dengan yang tertulis pada kartu keluarga atau KTP
  12. **Surat keterangan bekerja, apabila pendaftar sudah bekerja (Asli)

2. Dokumen Penjamin (Orang Tua)

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran
  2. *Surat Keterangan Bekerja (Asli), Apabila penjamin adalah seorang karyawan sebuah perusahaan
  3. ** SIUP, TDP,  NIB Akta Perusahaan (Fotokopi), Apabila penjamin adalah pemilik usaha
  4. SPT atau Bukti potong PPH 21 penjamin  3 tahun terakhir (Fotokopi)
  5. Rekening koran (Asli) atau fotokopi buku tabungan 1 tahun terakhir
  6. Surat referensi dari Bank
  7. Kartu keluarga (Yang ada barcode)

Perlu Anda ingat. Tiap berkas yang telah Anda serahkan tersebut tidak akan dikembalikan lagi. Jadi, jangan sampai lupa meminta kembali berkas asli (paspor, resident card, KK,buku nikah, akte lahir)

Proses Pembuatan COE                             

Setelah mengumpulkan berbagai syarat tersebut, saatnya pengurusan COE. Pihak sekolah akan memeriksa dokumen siswa dan penjamin secara digital (soft copy). Ketika pengecekan berlangsung ada kemungkinan siswa atau penjamin harus menambahkan dokumen lain di luar persyaratan, maka dari itu dibutuhkan informasi selengkap-lengkapnya agar COE bisa di terbitkan oleh pihak imigrasi Jepang. 

Setelah dokumen siswa oke, selanjutnya adalah mengirimkan berkas fisik ke pihak sekolah. Sekolah akan melakukan pengecekan terakhir sebelum mengirimkan kepada pihak imigrasi Jepang untuk di cek dan konfirmasi dokumen. 

Lama pembuatan COE ini berbeda-beda. Tergantung dari daerah sekolah bahasa Jepang yang anda tuju. Paling cepat adalah dalam waktu 1 bulan. Dan yang terlama bisa mencapai 3 bulan.


Berikut adalah beberapa langkah dalam proses pembuatan COE:

  1. Siapkan seluruh berkas persyaratan. Pastikan semuanya telah lengkap dan sesuai.
  2. Jeducation akan mengirimkan scan dokumen kepada pihak sekolah untuk di periksa.
  3. Setelah sekolah selesai mengecek dan dokumen sudah lengkap, dokumen asli akan dikirimkan ke pihak sekolah.
  4. Sekolah akan mengecek dokumen yang tiba di Jepang apakah sudah sesuai dengan syarat atau belum.
  5. Setelah selesai di cek, pihak sekolah akan mengirimkan dokumen siswa ke imigrasi Jepang.
  6. Imigrasi akan mengecek dan menilai apakah COE siswa dapat diterbitkan.

Setelah pengurusan COE selesai, pihak sekolah akan mengirimkan COE asli dan dokumen asli lainnya kepada Jeducation Indonesia dan mengirimkan invoice untuk biaya sekolah. Setelah siswa membayar biaya sekolah, Jeducation akan menyerahkan COE asli kepada siswa dan mengembalikan dokumen lainnya.

 Anda bisa mengurus visa keberangkatan, yaitu visa pelajar di kedutaan besar Jepang atau visa center Jepang yang ada di Indonesia. Perlu diketahui bahwa kedutaan besar Jepang memiliki beberapa wilayah kerja di Indonesia, infonya bisa di lihat disini https://www.id.emb-japan.go.jp/conind.html

Perlu Anda ingat, masa berlaku COE hanya 3 bulan. Artinya Anda harus bisa menentukan waktu yang tepat untuk mengurus keberangkatan Anda ke Jepang. Pihak sekolah juga akan memberikan schedule kapan siswa harus datang ke Jepang.

Itulah beberapa persyaratan dan proses pembuatan COE yang harus Anda lakukan jika ingin tinggal di Jepang dalam jangka waktu lama. Memang bukan perkara mudah untuk membuatnya. Untuk menghindari kesalahpahaman tertentu, sebaiknya Anda banyak bertanya kepada yang sudah paham mengenai pembuatan COE ke Jepang. Misalnya pada agen dan konsultan pendidikan Jepang. Karena biasanya mereka sudah memahami dengan baik mengenai proses pembuatan COE tersebut. Selamat mencoba!

Baca Juga: Apa itu EJU (Examination for Japanese University)

Kami Japan Education Indonesia (Jeducation Indonesia) menyediakan jasa konsultasi-studi ke Jepang (gratis), membantu Anda memilih sekolah di Jepang, mengurus dokumen/berkas pendaftaran, dari proses awal keberangkatan ke Jepang hingga selesai masa sekolah dan kembali lagi ke Indonesia. Hubungi atau Whatsapp kami di 085215802559 kami akan membantu Anda dengan senang hati.

Untuk berkonsultasi gratis, Anda bisa membuat Janji dengan advisor kami, isi form konsultasi berikut.


EVENT TERBARU:

Japan Fair 2022
Daftar di Sini

Written by 

15 Replies to “Ini Cara Mengurus Certificate of Eligibility (COE) Sebelum Studi ke Jepang.”

  1. saya mau tanya untuk visa tokuteiginou apakah prosesnya memakan waktu lama? atau mungkin bisa lebih cepat? terimakasih

    1. Mohon maaf sekali karena Jeducation Indonesia merupakan perusahaan yang ditujukan untuk warga Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Jepang, sehingga kami tidak memiliki informasi terkait visa tokuteiginou. Mohon untuk menghubungi pihak yang memiliki akses dengan hal ini.

    1. Halo salam hangat. Karena pengajuan COE dilakukan oleh pihak sekolah, sehingga siswa tidak menerima bukti bahwa siswa telah mengajukan COE.

  2. Mohon penjelasannya saya kan sudah 7 tahun di jepang bulan depan rencana mau manggil anak ke jepang usianya 2 tahun karna pas waktu cuti melahirkan terjebak karna corona anak blm bisa aplly visa ke Jepang skrg kan udah mulai bisa lagi yah tp yg jadi kendalanya nanti anak saya datang ke Jepang dengan kk ipar apa kk ipar bisa saya undang di bulan 6?

  3. 1 tahun lalau sebelumnya saya sudah pernah mengajukan coe student,cuman coe saya tidak keluar(tidak tau alasannya apa) . kemudian saya sekarang ingin mengajukan coe sebagai pemagang ke jepang,apakah data lama saya nanti jadi masalah saat pengurusan coe lagi?karna sebelumnya data saya sudah pernah masuk ke jepang tapi coe tidak turun. Mohon penjelasanya bpk/ibu.

    1. Mohon ijin bertanya, saya 2011 pernah mengajukan CoE untuk gakkou di daerah Tokyo namun ditolak oleh imigrasi, saat ini saya mebutuhkan alasan kenapa saya ditolak untuk mengajukan kembali CoE. Namun pihak sekolah sdh tidak menyimpan dokumen alasan tersebut. Apakah saya bisa langsung menghubungi pihak imigrasi jepang? Atau bisakah saya menanyakan hal ini di kedutaan Jepang yang ada di Indonesia?

  4. Saya sebelumnya sudah pernah mengajukan data-data coe ke sekolah bahasa jepang yang ada di jepang,cuman penyalur saya telah menipu saya,karna saya sudah mengajukan coe sebelumnya,apakah saya masih bisa mengajukan coe dengan data-data yang sama? Mohon dijawab bapak/ibu

    1. Kami turut prihatin dengan kejadian yang menimpa Anda.

      Terkait, pengajuan COE ke sekolah bahasa Jepang,
      apakah COE sudah diterbitkan oleh imigrasi Jepang?
      Lalu apakah sudah membayar biaya sekolah setelah COE di terbitkan?

      Apabila COE sudah diterbitkan oleh imigrasi Jepang dan Anda tidak dapat ke jepang karena kejadian yang Anda alami, ketika Anda mendaftar Anda wajib menjelaskan kepada imigrasi hal yang Anda alami.
      Adapun terkait dokumen, beberapa dokumen memiliki masa berlaku, sehingga apabila dokumen seperti bank reference dan lainnya harus di perbaharui ya.

      Apabila ada pertanyaan lain, bisa berkonsultasi gratis dengan kami melalui Whatsapp di:
      0812-9726-5232 atau https://wa.me/message/INXB7VBRHVAUK1 (Afi)

    1. Kamu bisa melampirkan surat keterangan mengapa nama kamu dituliskan berbeda ya.
      Seharusnya tidak ada masalah setelah melampirkan surat tersebut.

      Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *