Ini Cara Mengurus Certificate of Eligability (COE) Sebelum Studi ke Jepang.

Thanks For Sharing
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jepang saat ini sudah menjadi salah satu tujuan utama tiap orang, terutama para penimba ilmu dari berbagai Negara. Termasuk yang berasal dari Indonesia . Pemerintah Jepang memang membuka pintu bagi para siswa yang ingin melanjutkan studi ke negeranya. Selain untuk siswa yang ingin melanjutkan studi, pemerintah Jepang juga memberikan kesempatan bagi yang ingin melakukan internship atau training selama 6 bulan sampai 1 tahun.

Ketika melanjutkan studi ke Jepang pun, para calon siswa tentunya memakan waktu yang tidak sebentar. Mereka harus menetap di Jepang dalam waktu tertentu. Entah itu dalam hitungan bulan ataupun tahun.

Untuk bisa tinggal di Jepang dalam jangka waktu tersebut, Anda harus memiliki beberapa dokumen. Salah satunya adalah Certificate of Eligibility atau biasa disingkat COE. Dokumen satu ini wajib Anda miliki jika ingin tinggal di Jepang bersama keluarga dalam jangka waktu lebih dari tiga bulan.

Selain itu, COE juga merupakan ‘surat sakti’ untuk mendapat visa di Jepang. Baik itu visa pelajar, internship, pelajar, dependet, visiting research, dan lainnya.

Jika Anda ingin membawa keluarga saat akan melanjutkan studi di Jepang, ada tiga cara yang bisa ditempuh. Pertama adalah berangkat dengan COE lengkap. Di mana pihak universitas akan membantu mengurus COE Anda sehingga nantinya bisa terbit bersamaan dengan keberangkatan Anda ke Jepang. Jadi, begitu Anda mendarat di bandara, akan langsung mendapat Resident Card sesuai waktu studi yang diinginkan.

Cara kedua adalah adalah langsung berangkat dengan visa kunjungan dan mengurus COE ketika sudah tiba di sana. Namun, cara ini terbilang sangat riskan. Dan terakhir adalah mengurus COE untuk keluarga setelah Anda tiba di Jepang.  Cara ini biasannya sering dilakukan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Jepang. Karena resikonya bisa lebih diprediksi.

Sedikit informasi, proses untuk mendapatkan COE ini terbilang sangat panjang dan rumit. Biasanya memakan waktu setidaknya 1 – 5 bulan. Tergantung dari kelengkapan persyaratan yang dimiliki serta ramai atau tidaknya peserta lain yang mengajukan COE pada waktu tersebut.

Untuk mendapatkan COE ini, Anda perlu memasukkan aplikasi beserta dokumen sesuai persyaratan ke kantor imigrasi Jepang terdekat. Misalnya Anda akan menetap di Fukuoka. Maka Aplikasi tersebut dapat Anda kirim atau antarkan langsung ke Kantor Imigrasi di Fukuoka Airport, Terminal 3 Domestik pada hari kerja, yaitu Senin-Jumat. Anda bisa meminta bantuan dan informasi seputar prosedur mendapatkan COE dari staf yang ada di International Student Support Center.

Persyaratan yang harus disiapkan

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus Anda bawa saat akan membuat COE. Keseluruhan dokumen ini bisa dalam bahasa Jepang maupun bahasa Inggris.

  1. Formulir Aplikasi 1 berkas. Anda dapat mengunduhnya di situs Immigration Services Agency of Japan.
  2. Foto 3cm X 4cm 1 buah
  3. Foto berwarna dengan latar belakang putih
  4. Foto harus 3 bulan terakhir
  5. Tidak boleh pakai penutup wajah, kepala, ataupun topi. Namun bagi wanita muslimah boleh menggunakan kerudung.
  6. Perhatikan proporsi foto baik-baik. Pastikan wajah Anda terlihat dengan jelas. Jangan sampai wajah Anda terlalu kecil.
  • Surat keterangan aktif kuliah dari Perguruan Tinggi (untuk mahasiswa)
  • Surat pengantar/permohonan penerbitan COE dari Pimpinan Perguruan Tinggi kepada Kantor Imigrasi Jepang
  • Surat keterangan gelar yang akan didapat mahasiswa setelah menyelesaikan pendidikan (untuk mahasiswa)
  • Surat Rekomendasi dari Pimpinan Perguruan Tinggi (untuk mahasiswa)
  • Perangko ( harga nya 329 yen). Anda bisa mendapatkan perangko ini di imigrasi. Perangko ini akan ditempelkan pada amplop untuk pengiriman COE ke alamat tempat tinggal Anda. Karenanya, jangan lupa tulis alamat Anda nantinya.
  • Curriculum Vitae
  • Guarantee Letter
  • Dokumen hasil terjemahan KK,SN,AK dalam bahasa Jepang
  • Fotocopy Buku tabungan

Perlu Anda ingat. Tiap berkas yang telah Anda serahkan tersebut tidak akan dikembalikan lagi. Jadi, jangan sampai lupa meminta kembali berkas asli (paspor, resident card, KK,buku nikah, akte lahir)

Proses Pembuatan                             

Setelah mengumpulkan berbagai syarat tersebut, saatnya membuat COE. Anda bisa membuatnya di kantor imigrasi Jepang terdekat dari tempat tinggal Anda. Misalnya Anda tinggal di Kanagawa-Ken. Maka Anda bisa datang ke kantor imigrasi Jepang di Shin-Sugita Yokohama, Shinagawa Tokyo, atau kantor cabang di Shin-Yurigaoka.

Untuk mempersingkat waktu, sebaiknya Anda datang ke kantor imigrasi Jepang tersebut pagi-pagi. Agar bisa mendapat nomor antrean yang tidak terlalu jauh. Jika sudah mendapat nomor antrean, Anda hanya perlu menunggu sampai nomor Anda dipanggil.

Lama pembuatan COE ini berbeda-beda. Tergantung dari daerah tempat Anda mengumpulkan persyaratan. Paling cepat adalah dalam waktu 1 bulan. Dan yang terlama bisa mencapai 3 bulan.


Berikut adalah beberapa langkah dalam proses pembuatan COE:

  1. Siapkan seluruh berkas persyaratan. Pastikan semuanya telah lengkap dan sesuai.
  2. Datang ke kantor imigrasi Jepang terdekat di pagi hari. Karena pada jam-jam pagi biasanya kantor imigrasi Jepang tidak akan terlalu ramai antreannya
  3. Jika belum memiliki amplop dan perangko, Anda bisa membelinya di konbini yang terdapat di kantor imigrasi Jepang tersebut
  4. Cari loket dan ambil nomor antrean. Setelah mendapat nomor antrean tersebut, tunggu sampai nomor Anda dipanggil
  5. Jika berbagai berkas persyaratan yang telah Anda berikan dirasa sudah lengkap, Anda akan diberi resi tanda bukti aplikasi COE. Harap simpan tanda bukti tersebut agar tidak hilang.
  6. Ketika sudah selesai mengurus COE, Anda bisa kembali lagi ke kantor imigrasi Jepang tersebut untuk melanjutkan proses pembuatan resident card.


Setelah pengurusan COE selesai, Anda akan ditanyai oleh petugas imigrasi apakah COE yang dibuat ini akan dikirim ke alamat Anda di Jepang atau Anda bisa mengambilnya langsung. Jika Anda ingin COE tersebut dikirim ke tempat tinggal Anda, maka Anda harus menyiapkan amplop yang sudah ditulisi alamat lengkap beserta perangko. Pengurusan COE ini tidak dipungut biaya.

 Anda bisa mengurus visa keberangkatan. Visa tersebut bisa berupa visa pelajar, internship, dependet, maupun visiting research. Misalkan Anda ingin membawa keluarga ke Jepang dengan visa dependet. Maka Anda bisa mengirimkan COE yang sudah selesai tersebut ke keluarga Anda yang ada di Indonesia.

Perlu Anda ingat, masa berlaku COE hanya 3 bulan. Artinya Anda harus bisa menentukan waktu yang tepat untuk mengurus keberangkatan keluarga Anda tersebut.

Itulah beberapa persyaratan dan proses pembuatan COE yang harus Anda lakukan jika ingin tinggal di Jepang dalam jangka waktu lama. Memang bukan perkara mudah untuk membuatnya. Untuk menghindari kesalahpahaman tertentu, sebaiknya Anda banyak bertanya kepada yang sudah paham mengenai pembuatan COE ke Jepang. Misalnya pada agen dan konsultan pendidikan Jepang. Karena biasanya mereka sudah memahami dengan baik mengenai proses pembuatan COE tersebut. Selamat mencoba!

Baca Juga: Apa itu EJU (Examination for Japanese University)

Kami Japan Education Indonesia (Jeducation Indonesia) menyediakan jasa konsultasi-studi ke Jepang (gratis), membantu Anda memilih sekolah di Jepang, mengurus dokumen/berkas pendaftaran, dari proses awal keberangkatan ke Jepang hingga selesai masa sekolah dan kembali lagi ke Indonesia. Hubungi atau Whatsapp kami di 085215802559 kami akan membantu Anda dengan senang hati.

Anda juga dapat mengisi Form Pendaftaran Sekolah ke Jepang Dengan mengisi data berikut kami dapat membantu Anda menemukan solusi yang tepat untuk perjalanan studi Anda ke Jepang. Untuk berkonsultasi, Anda bisa membuat Janji dengan advisor kami, isi form konsultasi berikut.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *