Macam-macam Tes Kemampuan Bahasa Jepang

Japanese Language Proficiency Test
Japanese Language Proficiency Test

Melanjutkan pendidikan ke Jepang merupakan cita-cita dari banyaknya siswa di Indonesia. Untuk melanjutkan studi di Jepang, siswa harus mengurus visa dengan status kependudukan “Mahasiswa Asing” terlebih dahulu. Agar dapat tinggal dengan status kependudukan “Mahasiswa Asing” dengan tujuan belajar di lembaga pendidikan bahasa Jepang, maka perlu untuk bersekolah di lembaga pendidikan bahasa Jepang yang ditetapkan sesuai pemberitahuan dari Menteri Hukum (Tidak termasuk kuliah khusus universitas).

Setelah selesai dari lembaga pendidikan bahasa Jepang, apabila ingin melanjutkan ke institusi pendidikan tinggi (universitas, akademi pelatihan kejuruan), diperlukan kemampuan berbahasa Jepang di atas level N2, agar dapat memahami pelajaran yang disampaikan dalam bahasa Jepang.

 Salah satu syarat untuk masuk lembaga pendidikan bahasa Jepang (Sekolah Bahasa jepang), adalah memiliki kemampuan bahasa Jepang. Ada beberapa macam tes kemampuan bahasa Jepang yang dapat diikuti oleh warga asing (khususnya Indonesia).

1. JLPT (Japanese Language Proficiency Test)

Japanese Language Proficiency Test

JLPT merupakan Ujian Kemampuan Bahasa Jepang yang diadakan di Jepang dan di luar negeri untuk mengevaluasi dan mengesahkan kemampuan berbahasa Jepang dari bukan penutur asli bahasa Jepang. Tes kemampuan bahasa Jepang ini dikembangkan di Jepang dan telah menjadi standar sertifikasi kompetensi bahasa Jepang di seluruh dunia sejak tahun 1984. Tes inilah yang sertifikasinya dibutuhkan untuk study maupun bekerja di negara Jepang maupun lembaga dan perusahaan Jepang pada umumnya.

Memiliki level N5 (Beginner) ~ N1 (Advanced), dan di adakan 2 kali dalam 1 tahun yaitu bulan Juli dan Desember. Tes kemampuan bahasa Jepang ini diselenggarakan oleh Japan International Education Support Association dan Japan Foundation.

2. JLCT (Japanese Language Capability Test)

Sama seperti JLPT, JLCT merupkan tes yang diperuntukan untuk orang asing dalam mengukur kemampuan Komunikasi Bahasa Jepang mereka. Levelnya dibagi menjadi 5 level dari JCT 1- JCT5.

Bedanya, tes kemampuan bahasa JLCT masih jarang sekali digunakan untuk mendaftar study atau bekerja di Jepang.

Walaupun jarang sekali digunakan, jadwal tes JLCT ini lebih banyak, yaitu 6 kali dalam setahun (Januari, Maret, Mei, Juli, September, dan November)

3. BJT (Business Japanese Test)

Merupakan tes kemampuan bahasa yang diperuntukkan untuk kamu yang ingin melanjutkan kerja di Jepang. Banyak yang bilang level kesulitan tes kemampuan bahasa yang diselenggarakan oleh Japan Kanji Aptitude Testing Foundation ini lebih sulit dibandingkan JLPT level N1. Akan tetapi, apabila kamu lulus dalam BJT Business Japanese Test ini, dipastikan kamu tidak akan kesulitan dalam memahami pekerjaan yang diberikan.

4. J-test

Tes kemampuan bahasa yang di selenggarakan oleh Nihongo Kentei Kyokai/Official J.Test Office ini, merupakan tes kemampuan bahasa untuk siswa Indonesia yang ingin mengasah kemampuan bahasanya sebelum mengikuti tes JLPT. Tingkat kesulitan yang tidak terlalu sulit membuat banyak siswa yang ingin melanjutkan ke lembaga pendidikan bahasa Jepang (Sekolah bahasa Jepang) mengambil tes ini.

Tes ini diadakan 6 kali dalam 1 tahun yaitu, Januari, Maret, Mei, Juli, September, dan November.

5. NAT-Test

Sama seperti J-test, tes kemampuan yang diselenggarakan oleh Penerbit Senmon Kyoiku, diperuntukan untuk siswa yang ingin melanjutkan ke lembaga pendidikan bahasa Jepang (Sekolah bahasa Jepang).

Tes ini diadakan 6 kali dalam 1 tahun yaitu, Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, dan Desember. Banyak sekali tes kemampuan bahasa Jepang yang bisa diikuti oleh masyrakat di Indonesia, tergantung dari kebutuhan siswa, apakah diperuntukkan untuk melanjutkan studi atau bekerja. Saat ini JLPT (Japanese Language Proficiency Test) merupakan tes kemampuan bahasa Jepang yang paling sering digunakan untuk keperluan melanjutkan studi atau bekerja. Tetapi tidak menutup kemungkinan tes kemampuan bahasa lainnya di gunakan juga untuk keperluan tersebut.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *