Hanko, tanda tangan di jepang

HANKO (SEAL)

Tanda tangan merupakan sebuah bentuk khusus dari tulisan tangan yang mengandung karakter khusus dan bentuk-bentuk tambahan yang sering digunakan sebagai bukti autentifikasi/verifikasi identitas seseorang dan selalu digunakan oleh orang Indonesia. Berbeda dengan Indonesia, Jepang tidak menggunakan tanda tangan melainkan HANKO (Seal/cap) atau inkan.

Hanko digunakan untuk menandatangani dokumen (seperti kontrak kerja, mendaftar sekolah, menyewa apartemen, dan sebagainya), membuka akun bank, menulis resume, dan sebagainya. Karena kegunaannya, setiap individu di Jepang memiliki hanko ini.

Berbeda dengan tanda tangan dimana setiap individu memiliki tanda tangan yang berbeda, di Jepang hanko bertuliskan nama marga atau nama keluarga dari setiap individu, sehingga akan ada beberapa individu yang memiliki hanko atau inkan sama.

Warga asing yang tinggal di Jepang pun dapat membuat hanko atau inkannya sendiri. Biasanya nama orang asing dituliskan dengan hiragana, Katakana atau kanji. Ada beberapa orang asing yang membuat inkan dengan alfabet, akan tetapi di Jepang dalam pengurusan dokumen, tidak sedikit tempat yang tidak menerima hanko dengan penulisan alfabet, sehingga kebanyakan orang asing menggunakan hiragana atau katakana.

Tempat Pembuatan Hanko

Pembuatan hanko dapat dilakukan di

1. Toko Hanko

Toko Hanko bisa ditemukan di daerah komplek perumahan atau tempat tinggal. Mereka akan melayani pembuatan hanko di jam kerja. Mereka akan memberikan informasi lengkap mengenai model hanko yang kamu inginkan, mereka juga bisa membuatkan design-design yang cantik untuk hanko kamu. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat hanko di Toko hanko ini sekitar 1000 – 2000 yen.

2. Don quijote (ドン・キホーテdonki hote)

Don Quijote merupakan toserba yang terkenal di Jepang. Selain makanan, barang elektronik, parfum, dan sebagainya, mereka juga memiliki mesin pembuat hanko. Harga untuk pembuatan hanko ini juga cukup murah dibandingkan dengan membuat di toko Hanko. 500 yen saja kamu sudah memiliki hanko yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *