Rekomendasi Sekolah Bahasa Jepang di Chubu yang Harus Kamu Coba!

Credit: Japan National Tourism

Chubu. Mungkin di antara kalian banyak yang masih merasa asing dengan nama ini. Chubu (中部地方 Chūbu-chihō) adalah wilayah geografis di Honshupulau terbesar di Jepang. Batasnya kira-kira sama dengan hamparan Chubu. Hamparan Chubu sendiri merupakan suatu daerah yang relatif datar di Jepang di mana Nagoya berada. Wilayah Chubu terletak di tengah-tengah Honshu dan meliputi Prefektur Toyama, Yamanashi, Aichi, Niigata, Ishikawa, Fukui, Nagano, dan Shizuoka. Wilayah ini meliputi daerah pegunungan yang penuh dengan gunung-gunung setinggi 3000 meter, dan karenanya wilayah ini kadang disebut “Pegunungan Alpen Jepang”. Pemandangan gunung cantik ini adalah daya tarik utama dari wilayah ini. Akan sangat menyenakan apabila kamu mencari sekolah bahasa Jepang di sini.

Dikelilingi pegunungan indah

Di antara berbagai pegunungan yang ada di Chubu, salah satu yang terkenal adalah Gunung Fuji yang menjadi simbol dari negeri Jepang. Gunung Fuji melintasi dua prefektur dan pada sisi selatannya adalah Prefektur Shizuoka. Di wilayah Shizuoka ada banyak hal yang menarik untuk dilihat seperti Kuil Fujisan Hongu Sengen-taisha di mana Gunung Fuji dianggap sakral, Taman Safari Fuji untuk menyaksikan berbagai binatang dari dekat, dan toko berkelas paling besar “Gotemba Premium Outlets”.

Sisi utara Gunung Fuji masuk wilayah Prefektur Yamanashi. Di kawasan Gunung Fuji, ada banyak danau yang disebut dengan “Danau-Danau Gunung Fuji” seperti Danau Yamanaka dan Danau Kawaguchi, dan semuanya sangat cantik karena menghadap langsung ke Gunung Fuji. Tempat penting lainnya adalah Minami Alps yang memiliki banyak tempat alami yang indah.

Region Chubu sendiri terdiri dari 9 prefektur yaitu Prefektur AichiPrefektur FukuiPrefektur GifuPrefektur IshikawaPrefektur NaganoPrefektur NiigataPrefektur ShizuokaPrefektur Toyama, dan Prefektur Yamanashi.

Di Prefektur Ishikawa ada kawasan Kanazawa. Di sini kamu bisa melihat pemandangan kota tua biasa disebut juga dengan “Sho-kyoto” (Kyoto Kecil), yang masih tetap bertahan. Ada juga kawasan Kaga Onsen, salah satu tempat pemandian air panas paling terkenal di Jepang.

Di Semenanjung Noto yang langsung menuju laut Jepang kamu bisa menemukan berabgai perkakas berlapis pernis yang disebut ‘Wajima- nuri’. Tempat ini juga terkenal akan makanan lautnya yang segar dan lezat. Kalau mengungjungi tempat ini, jangan lupe datangi Shiroyone Senmaida dan nikmati keindahan sawah berpetak yang membentang sampai ke lautan.

Sekolah Bahasa Jepang

Selain tempat wisata yang indah dan hidangannya yang lezat, kira-kira apa lagi yang membuatmu akan mendatangi tempat ini? Jawabannya adalah sekolah. Bagian tengah Jepang ini tidak hanya memiliki tempat wisata yang lengkap dan indah, tapi juga lembaga pendidikan mumpuni yang selalu menjadi tujuan para siswa dari berbagai negara. Tak terkecuali dari Indonesia.

Ada banyak lembagai pendidikan terbaik yang bisa kamu pilih di Chubu. Tapi kamu tak perlu khawatir dengan banyaknya pilihan tersebut. Karena kami sudah merangkum berbagai pilihan terbaik itu dalam 2 rekomendasi sekolah bahasa jepang di Chubu yang wajib kamu coba ini. Penasaran bukan? Yuk simak penjelasannya.

UNITAS Japanese Language School (Tokyo)

Sekolah bahasa Jepang di Chubu - unitas
Credit: Local Guide on Google Maps

Sekolah Bahasa Jepang UNITAS Cabang Tokyo berlokasi di daerah Shinjuku, jantung kota Metropolitan Tokyo. Hanya berjarak 3 menit dari stasiun Higashi-Shinjuku di platform subway Fukutoshin, atau 10 menit berjalan kaki dari stasiun Shin-Okubo di platform JR Yamate. Akses ke Shibuya/Shinjuku juga sangat nyaman.

Area sekitar sekolah sangat beragam dan luas. Di mana kamu bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan sampingan. Pendaftaran dibatasi hingga 15 siswa dalam satu kelas, sehingga para siswa dapat menikmati kehidupan sekolah dengan para guru dalam suasana yang ramah.

Tahun akademik di UNITAS dibagi menjadi empat sesi. Anda bisa belajar selama 3 bulan sebagai siswa di program kursus jangka pendek atau dua tahun sebagai siswa dengan visa pra-perguruan tinggi, sesuai dengan sasaran belajar Anda.

Kelas dibagi menjadi empat level berbeda: pemula, menengah 1, menengah 2 dan mahir. Penempatan level ditentukan dari hasil tes penempatan, wawancara dan analisis kebutuhan siswa.  Jika anda betul-betul pemula, anda akan mendapatkan fondasi struktur dasar dalam 6 bulan pembelajaran di kelas pemula. Setelah selesai di kelas pemula, anda harus mengembangkan empat kemahiran dasar membaca, menulis, berbicara dan mendengar di level menengah selama satu tahun.

Di sini kamu juga bisa mengikuti Ujian masuk universitas di Jepang untuk siswa internasional dan EJU. Hampir seluruh ujian masuk universitas untuk program sarjana, master atau kejuruan, ada ujian masuk khusus untuk siswa asing. Konten ujian seleksinya adalah sebagai berikut:

EJU (Bahasa Jepang) – Ujian tulis – Esai pendek dalam Bahasa Jepang – Wawancara dalam Bahasa Jepang  – Bahasa Inggris

Untuk EJU, umumnya pelamar yang mendaftar untuk Fakultas Seni Liberal mengambil kursus Bahasa Jepang, Sejarah Jepang dan dunia serta Matematika 1. Namun, perpaduan mata pelajaran EJU dan isi ujian bervariasi tergantung masing-masing universitas. Kamu bisa mengecek materi yang diujikan oleh masing-masing universitas di situs website UNITAS.

I.C. NAGOYA Japanese Language School

I.C. Nagoya, merupakan sebuah sekolah yang berdiri pada tahun 1982 dengan nama Sony Language Laboratory Nagoya School. Sekolah ini juga merupakan sekolah bahasa Jepang pertama di daerah Chubu di mana sekolah ini berada. Sekolah ini memiliki konsep untuk mendidik dan bertindak dengan sudut pandang global. Kegiatan mereka dibidang pendidikan selain menjadi sekolah kursus bahasa Jepang untuk siswa adalah pelatihan calon keperawatan, pengiriman guru bahasa Jepang ke Brazil, dan kursus bahasa Jepang untuk perusahaan ekpatriat.

Sasaran yang dituju oleh I.C. Nagoya adalah orang yang ingin belajar di universitas, sekolah kejuruan atau sekolah yang lebih tinggi di Jepang, ada juga untuk orang yang memiliki tujuan untuk bekerja di perusahaan Jepang atau di luar, untuk orang yang ingin menggunakan bahasa Jepang dalam kehidupan sehari-hari, dan untuk orang yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Jepang.

Tidak hanya belajar bahasa di kelas saja, I.C. Nagoya juga mengajak para siswa untuk menikmati field trip dimana para siswa akan belajar tempat – tempat wisata sampai tempat bersejarah yang ada di Nagoya ini, tidak hanya itu para siswa juga aka nada kelas di luar yang mana mereka bisa belajar sosial dan kondisi Jepang secara langsung, ada juga lomba pidato yang diadakan untuk menunjukkan kemampuan siswa dalam bahasa Jepang mereka, dan project work yang mereka akan bekerja sama untuk mengatasi suatu masalah secara bersama dengan diskusi. Kegiatan lainnya adalah memberikan panduan tentang sekolah kejuruan dan orientasi hidup di Jepang.

Sekolah I.C. Nagoya juga memberikan fasilitas asrama siswa yang nyaman dan dekat dengan sekolah dan stasiun Nagoya dengan berjalan kaki selama sepuluh menit atau menaiki. Setiap kamar dilengkapi dengan kamar mandi, dapur, kulkas, AC, tempat tidur, meja, kursi, rak buku, lampu meja, vacuum cleaner, ketel listrik, dan kotak penyimpanan. Ada juga ruangan laundry koin, yang menyediakan mesin pencuci dan pengering pakaian.

Bagaimana? Masih bingung menentukan sekolah bahasa Jepang terbaik di Jepang? Kamu bisa lihat daftar sekolahnya di Jeducation Indonesia dan tentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba!

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *