Rekomendasi Asrama Pelajar di Wilayah Kinki Jepang

Credit: Kyoto Institute of Culture and Language

Berbicara mengenai pendidikan di luar negeri, tentunya pertimbangan mengenai biaya hidup dan tempat tinggal menjadi hal linear yang perlu didiskusikan secara masak-masak. Ini karena adanya perbedaan kultur dan gaya hidup antar negara. Ketika memutuskan untuk belajar di luar negeri, kita dituntut untuk pintar memilih beragam opsi yang ditawarkan.

Belajar di Jepang, misalnya. Memang biaya hidup di kota seperti Tokyo sangatlah tinggi, bahkan termasuk yang tertinggi di dunia. Namun, kita bisa memanfaatkan wilayah di sisi lain Tokyo seperti Kyoto, Osaka dan Hyogo. Selain wilayahnya yang nyaman karena tidak lebih padat daripada kota-kota metropolitan lain, biaya hidupnya juga tidak terlalu tinggi.

Berikut kami rangkum beberapa sekolah di wilayah Kinki yang memiliki fasilitas asrama atau tempat tinggal sebagai referensi untuk Anda yang mempunyai rencana untuk sekolah di Jepang.

1. Kyoto Institute of Culture and Language

Kyoto Institute of Culture and Language ini tentunya berlokasi di Kyoto yang terletak di pulau Honshu, yang juga merupakan kota bersejarah di Jepang. Setiap tahunnya, para turis dari mancanegara datang untuk mengunjungi Kuil-kuil Shinto dan Buddha di Kyoto. Kyoto adalah kota bersejarah berumur lebih dari 1200 tahun yang memiliki jumlah penduduk sekitar 1.464.990 ribu jiwa. Kota ini juga merupakan salah satu kota penting di Jepang. Berbagai macam festival kebudayaan yang paling penting diselenggarakan di kota ini, salah satunya “Gion Matsuri” pada bulan Juli dan “Gosan no Okuribi” yang merupakan festival terbesar pada bulan pertengahan Agustus.

Kota Kyoto mempunyai banyak perguruan tinggi dan menurut statistik tidak kurang dari 10% dari jumlah penduduk adalah mahasiswa. Jika dibandingkan dengan kota lain di Jepang, jumlah mahasiswa perguruan di kota ini sangat menonjol. Maka dari itu kota ini sangat ideal sebagai lingkungan belajar mahasiswa. Kyoto juga merupakan tempat pertukaran pelajar dari berbagai manca negara yang memilih kota Kyoto sebagai tempat untuk belajar di Jepang. Kyoto bukan hanya memiliki Universitas Kyoto di mana salah satu Perguruan Tinggi yang utama dan terkenal, tapi juga belasan universitas pemerintah dan swasta lainnya.

KICL yang tepatnya terletak di Uryuyama, Kitashirakawa ini mempunyai beberapa asrama yang bisa menjamin para siswa hidup dengan aman dan nyaman sejak awal mereka tiba di Jepang. Setiap kamar sudah dilengkapi dengan meja dan AC. Koneksi internet juga tersedia di setiap kamar. Harap informasikan kepada petugas saat pendaftaran apabila mau tinggal di asrama. Kontrak sewa asrama minimal adalah untuk 1 semester.

Bila kehilangan kunci kamar, atau terdapat masalah gas atau listrik, atau masalah pada fasilitas lainnya, tersedia layanan 24 jam sehari/365 hari setahun yang siap membantu para siswa. Informasi lebih lanjut mengenai asrama di KICL bisa diakses di http://www.kicl.ac.jp/id/dormitory/ .

Ada beberapa tipe asrama yang disediakan KICL. Siswa bisa memilih asrama mana yang paling sesuai kebutuhannya.

Matsuya Residence Shugakuin

Ada banyak ruang penyimpanan di kamar ini, ruang tamu cukup luas. Terdapat supermarket dan toko-toko di dekat asrama ini, serta bank, sehingga sangat nyaman. Adanya pegunungan dan sungai, pemandangan di sekitar lingkungan asrama nampak begitu indah dan asri.

Pengurus asrama tinggal di asrama, jadi jika siswa memiliki pertanyaan, mereka dapat dengan mudah berkonsultasi dengannya setiap saat. Daerah perbelanjaan Shugakuin dekat dengan asrama, supermarket juga buka 24 jam sehari, sehingga siswa bisa berbelanja kapan saja.

Credit: Kyoto Institute of Culture and Language

Pine Field Kitashirakawa

Selanjutnya adalah Pine Field Kitashirakawa yang juga terletak di Kyoto Institute of Culture and Language. Tempat ini memiliki pemandangan yang indan di musin semi, karena ada deretan pohon ceri tepat di depan gedung asrama. Sekolah berjarak cukup dekat, jadi pergi ke sekolah sangat nyaman dengan berjalan kaki.

Ada sebuah kanal di depan asrama, Ketika musim semi, pohon sakura mekar dengan sangat indah. Selain itu, siswa dapat melihat Mt. Daimonji dari kamar masing-masing. Ada pengurus di asrama, yang akan mengajari siswa tentang Kyoto dan semacamnya, bukan hanya hal-hal yang terkait dengan asrama.

Credit: Kyoto Institute of Culture and Language

Shugakuin Global House

Asrama internasional yang diperuntukkan bagi siswa asing yang bersekolah di KICL dan siswa Jepang Kyoto Institute of Design. Diharapkan siswa mampu beradaptasi dan saling bertukar pengetahuan budayanya satu dengan yang lain. Di dekat asrama ini juga terdapat supermarket, toko serba ada, dan bank yang berlokasi dekat.

Credit: Kyoto Institute of Culture and Language

2. OBKG Japanese Language School

Osaka Bunka Kokusai Gakkou atau OBKG (sebelumnya Osaka International Language School) didirikan pada tahun 1985 dan sudah memiliki sejarah 28 tahun dalam membantu siswa dari seluruh dunia mencapai tujuan mereka. OBKG percaya pada pendidikan yang mengayomi semua siswa dan membimbing siswa secara akademis dan sebaliknya untuk mencapai tujuan mereka. Ini dibuktikan dengan lulusan OBKG yang terus lolos masuk universitas baik di tingkat Sarjana, tingkat Pascasarjana, atau sekolah kejuruan.

OBKG berjarak hanya 5 menit dari stasiun JR “Tenma” dan stasiun subway “Ogimachi”. Gedung sekolahnya sendiri terletak di lingkungan residensial sehingga sangat cocok untuk lingkungan belajar karena tidak bising. Di sekitar sekolah juga terdapat 3 taman besar, jadi para siswa bisa memanfaatkannya sebagai tempat rehat agar mampu melepas lelah setelah belajar mereka dan juga sambil berjalan-jalan serta berekreasi di sana. Sangat nyaman!

Lokasinya yang strategis juga dilengkapi dengan “Tenjinbashi-suji Shotengai” yaitu pertokoan sepanjang 2 km dan merupakan yang terpanjang di Jepang! OBKG menyediakan asrama khususnya bagi siswa internasional. Asrama sekolah terletak di Nipponbashi, distrik yang sangat praktis untuk tinggal. Daerah Umeda, Osaka Station, berlokasi di utara sekolah, hanya berjarak 10 menit dengan berjalan kaki. Di sekitar asrama juga terdapat 3 jalur subway, 2 jalur kereta swasta, dan stasiun JR yang menghubungkan ke seluruh Jepang.

Asrama hanya untuk 1 orang per kamar. Di dalam kamar sudah terdapat AC dan kulkas. Bahkan biaya gas, air dan internet gratis! Kebutuhan hidup dasar juga disediakan, diantaranya sendok, piring, meja, tisu toilet dan lain-lain. Siswa juga bisa mencuci di laundry room coin yang sudah tersedia juga di asrama. Mengenai keamanan juga tidak sangat detil. Asrama ini punya pintu depan dengan sistem auto lock dan akan terdapat seorang staf perempuan yang akan berjaga setiap hari.

Credit: Osaka Bunka Kokusai Gakkou

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *