Tips Memilih Sekolah Bahasa di Jepang

Melanjutkan studi ke Jepang atau bekerja di Jepang, merupakan salah satu tujuan masyarakat Indonesia. Demi mencapai tujuan tersebut, siswa asing harus memiliki kemampuan bahasa yang mencukupi. Persiapan meningkatkan kemampuan bahasa bisa dilakukan dengan mengikuti program-program yang ada di sekolah bahasa. 

Berikut beberapa  tips memilih sekolah di Jepang, agar sesuai dengan tujuan kamu?

  1. Tujuan Belajar
  2. Lokasi yang diingkan
  3. Mencari Informasi Seputar Sekolah di Jepang
  4. Anggaran
  5. Konsultasi dengan Agen Pendidikan ke Jepang

Tujuan Belajar

Tips memilih sekolah di Jepang
via: bobby-hendry-unsplash.com

Sekolah bahasa Jepang merupakan tempat dimana siswa asing bisa meningkatkan kemampuan bahasa Jepang. Sekolah bahasa Jepang juga memiliki beberapa program, maka dari itu sebelum memilih sekolah bahasa Jepang, pastikan terlebih dahulu tujuan kamu.

  1. Melanjutkan studi di Jepang

Apabila tujuan kamu adalah melanjutkan studi di Jepang (program sarjana & pasca-sarjana), kamu bisa memilih sekolah bahasa Jepang yang memiliki program persiapan masuk universitas. Karena selain belajar bahasa Jepang, kamu juga akan diajarkan materi yang diperlukan untuk mengikuti ujian masuk universitas di Jepang (EJU). Selain itu juga, untuk siswa yang ingin melanjutkan program pasca-sarjana, pengajar akan membantu kamu untuk mengecek rencana penelitian, yang merupakan syarat mendaftar program pasca-sarjana.

  1. Bekerja di Jepang atau melatih kemampuan bahasa

Program kelas bahasa reguler atau bisnis bisa menjadi pilihan bagi siswa yang ingin bekerja di Jepang, melanjutkan program sekolah kejuruan  atau hanya sekedar meningkatkan kemampuan bahasa Jepang. Selain belajar bahasa Jepang, kamu juga bisa mempelajari budaya Jepang, diberikan latihan wawancara, dan masih banyak lagi. 

Lokasi yang Diinginkan

tempat tinggal di Jepang

Memilih lokasi merupakan salah satu yang perlu di pertimbangkan ketika mencari sekolah bahasa Jepang. Misalkan daerah perkotaan, daerah yang jauh dari kota atau daerah yang berada tidak jauh dari kota. Pemilihan lokasi ini sangat penting, karena pemilihan ini akan berpengaruh terhadap lingkungan sekolah, lingkungan sekitar, kegiatan yang bisa dilakukan, pekerjaan paruh waktu yang bisa diikuti dan gaji kerja paruh waktu yang bisa di dapatkan.

Mencari Informasi Seputar Sekolah di Jepang

Memiliki kesinambungan dengan poin “Tujuan Belajar”, siswa yang ingin melanjutkan sekolah bahasa Jepang haruslah mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum mendaftar. Seperti apakah ada syarat khusus untuk mendaftar, misal kemampuan bahasa Jepang, biaya sekolah. Lalu berapa lama program yang harus kamu ikuti untuk menyelesaikan sekolah bahasa Jepang, dan sebagainya. 

Selain itu, kamu juga harus memikirkan program yang ingin kamu ambil. Program beasiswa atau biaya mandiri. Kamu bisa mencari informasi seputar beasiswa di Jepang melalui lembaga pemerintah Jepang yaitu JASSO (Japan Student Services Organization) . Kamu bisa juga menghubungi Jeducation Indonesia untuk informasi seputar sekolah di Jepang dengan biaya mandiri.

Anggaran / Biaya Sekolah di Jepang

sekolah bahasa jepang
sekolah bahasa jepang

Selain biaya sekolah bahasa Jepang, yang harus di pertimbangkan adalah biaya hidup seperti biaya tempat tinggal, biaya makan, transport, dan sebagainya. Anggaran ini bisa kita pertimbangkan dari segi daerah sekolah bahasa Jepang yang siswa inginkan. Kamu bisa mendapatkan sewa tempat tinggal yang murah, atau apabila kamu memilih lokasi sekolah yang ada di tengah kota, maka biaya tempat tinggalnya pun akan lebih mahal.

Konsultasi dengan Agen Pendidikan ke Jepang

Selain tips yang telah disebutkan di atas, agar kamu tidak salah pilih sekolah bahasa Jepang, kamu bisa melakukan konsultasi dengan Agen Pendidikan ke Jepang. Biasanya, selain memberi tips memilih sekolah di Jepang, mereka juga akan memberikan rekomendasi seputar sekolah bahasa Jepang yang memiliki keunggulan di bidangnya masing-masing. 

Maka dari itu, bagi sahabat Jeducation yang ingin melanjutkan studi di Jepang, konsultasikan tujuan dan cita-cita kamu dengan Jeducation Indonesia. 

Kami bekerja sama dengan lebih dari 20 sekolah Bahasa Jepang,  dimana sekolah bahasa Jepang ini  memiliki keunggulan di bidang programnya masing-masing dan sudah banyak sekolah bahasa Jepang yang diakui oleh menteri pendidikan Jepang. Selain sekolah bahasa Jepang, kami juga bekerja sama dengan 4 SMA berasrama di Jepang. 

Ayo konsultasikan rencana studi ke Jepangmu dengan Jeducation Indonesia.


Konsultasi GRATIS seputar sekolah / kerja di Jepang:
WhatsApp atau telp
Afi: +62 812-9726-5232
Amalia: +62 852-1580-2559

IG: @jeducation_indonesia (informasi studi dan kursus bahasa)

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *